10 Daftar Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Di Beli Para Foodies di 2022!

Berburu Kuliner Khas Saat Liburan di Jogja

Kota Jogja terkenal dengan wisatanya yang menawarkan berbagai pengalaman seru dan menyenangkan. Mencicipi makanan khas Jogja yang selalu update mengikuti zaman merupakan salah satu hal wajib yang tak boleh terlewatkan jika kamu sedang berkunjung dan berwisata ke kota ini.

Saat berlibur ke Kota Pelajar ini pasti identik dengan oleh-oleh khasnya yaitu bakpia dan gudeg yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Namun untuk para foodies yang ingin mencoba makanan anti-mainstream, Jogja kini juga telah menghadirkan sajian modern dengan inovasi berbagai cita rasa yang dapat dinikmati melalui ragam oleh-oleh kekiniannya.

Rekomendasi Makanan yang Wajib Dicicipi Saat di Jogja

Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang sangat digemari bagi kebanyakan orang. Makanan yang terbuat dari nangka muda ini disantap bersama dengan nasi hangat.

Gudeg disajikan dengan kuah santan ditambah lauk ayam kampung, telur, tempe, tahu, dan sambal goreng krecek yang semakin menambah cita rasa yang lezat, gurih, nan legit. Jika kamu sedang liburan ke Jogja jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Krecek

Krecek merupakan kerupuk rambak kulit sapi yang dimasak bersama dengan sambal yang mempunyai rasa pedas dan gurih yang sangat umami dan biasanya disajikan bersamaan dengan gudeg. Sambal goreng krecek menjadi salah satu sajian pelengkap lezat khas Yogyakarta yang cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat dan gudeg karena menciptakan perpaduan rasa manis pedas yang unik.

Sate Klatak

Apabila kamu seorang pecinta sate kambing, maka sate klatak wajib masuk ke dalam daftar makanan khas Yogyakarta yang harus dicoba. Bahkan, nggak boleh banget pulang dari Jogja tanpa mencicipinya terlebih dahulu!

Sate klatak mempunyai ciri khas yang unik. Dengan potongan daging kambing mudanya yang ditusuk menggunakan jeruji, dan bumbunya yang ditambah dengan siraman kuah dari gulai yang sangat menggugah selera. Racikan bumbu dasarnya sangat sederhana, hanya dengan penggunaan garam dan bawang putih saja dapat menyajikan hidangan yang menambah cita rasa makan yang lezat luar biasa.

Bakmi Jogja

Ketika berkunjung ke Jogja saat musim penghujan, maka paling cocok untuk menyantap kuliner panas berkuah untuk menu makan malam yang enak. Bakmi Jogja dapat menjadi salah satu pilihan yang paling tepat karena banyak ditemukan dimana-mana.

Bakmi Jogjakarta merupakan sebuah olahan bakmi rebus yang dimasak dengan racikan bumbu khas Jawa yang menghasilkan rasa kuah gurih dan lezat berpadu dengan mi yang lembut, bihun, suwiran ayam, dan bawang goreng yang sangat menambah nafsu makan.

Nasi Tiwul

Makanan khas Jogjakarta, berupa nasi tiwul menjadi bahan pangan lokal masyarakat Gunung Kidul menjadi primadona oleh-oleh khas Jogja yang melegenda. Nasi tiwul menjadi makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari singkong, sagu, maupun jagung. Kini nasi tiwul banyak dijual di pasar tradisional sebagai jajanan pasar.

Nasi tiwul nikmat disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti opor ayam, baceman tahu dan tempe, urap sayur, ikan asin, dan sambal bawang yang banyak dijual di warung-warung makan. Selain itu, tiwul bisa diolah juga dengan gula jawa yang dinikmati dengan tambahan taburan parutan kelapa di atasnya.

10 Rekomedasi Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Di Beli Para Foodies

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Berwisata ke Yogyakarta rasanya kurang lengkap jika tidak membeli bakpia sebagai oleh-oleh bagi orang rumah. Buat kamu yang ingin mencoba makanan yang berbeda, kamu bisa membeli bakpia kukus yang mirip seperti Tokyo Banana khas Jepang. Bakpia Tugu Jogja merupakan salah satu oleh-oleh kekinian yang menghadirkan inovasi bakpia dengan cara dikukus atau di steam.

Bakpia Tugu Jogja mempunyai dua jenis lapisan luar, yaitu Original dan Brownies. Jenis brownies di dalamnya terdapat isian lezat yang dengan berbagai pilihan rasa sesuai selera, seperti cokelat, keju, kacang hijau, dan stroberi.

Tersedia di beberapa toko cabang di Jogja, seperti di Mall Malioboro Lantai LG dan Jalan Solo KM.9 No.3, Karangploso, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, selain itu dapat dibeli juga melalui marketplace Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada, maupun melalui layanan GoFood jika kamu sedang berada di Jogja.

Harga Bakpia Kukus Tugu Jogja pun sangat bervariasi, dalam satu boks yang berisi 5 buah dihargai Rp 18.000, isi 10 seharga Rp 35.000, dan boks khusus Reguler Pack isi 10 seharga Rp 36.000.

Brownies Kacang Jogja

Brownies Kacang Jogja

Brownies Kacang Jogja merupakan salah satu oleh-oleh khas yang dapat kamu beli. Mempunyai tekstur yang renyah dan garing mirip sekali dengan ampyang. Brownies Kacang Jogja Kering ini dibanderol dengan harga di kisaran Rp 20 ribu saja per pack dengan isi 30 keping.

Brownies Kacang Jogja ini merupakan buatan homemade dan sudah terdaftar di Dinas Kesehatan sehingga aman dimakan sebagai camilan setiap hari. Mempunyai komposisi bahan, seperti kacang tanah, telur, gula, terigu, susu, coklat, dan air membuat oleh-oleh ini cocok untuk penggemar camilan kacang dengan cita rasa manis, enak, sehat, dan renyah.

Mochi Sakura Kue Mochi Jogja Oleh-oleh Khas Jogja

Mochi Sakura Kue Mochi Jogja Oleh-oleh Khas Jogja

Kamu tidak boleh melewatkan untuk membeli oleh-oleh khas yang mirip dengan mochi ini. Mochi Sakura merupakan modifikasi yang sangat mirip dengan mochi dari Jepang yang asli. Sakura Mochi menyajikan camilan mochi yang super lembut dan bertekstur kenyal serta mempunyai banyak pilihan varian rasa.

Rasa yang dapat dipilih, seperti kacang tanah wijen, kacang merah, kacang hijau, coklat oreo, coklat chococrunch, coklat tiramisu, taro, sweet cheese, hingga green tea. Banyaknya jumlah varian rasanya ada 18 macam yang dijual dalam pilihan isian 6, 12, dan 18.

Sakura Mochi ini bisa dibeli di beberapa toko cabang, seperti Mall Malioboro dan Ambarukmo Plaza; maupun melalui marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Dengan harga mulai dari Rp 24 ribu atau dengan mencoba paket hemat seharga Rp 22 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati makanan lezat ini!

Bakpia Juwara Satoe

Bakpia Juwara Satoe

Terdapat banyak sekali merek bakpia Jogja yang dijual di beberapa toko, tapi kamu wajib untuk mencicipi merk bakpia satu ini. Salah satu bakpia yang kekinian dan terkenal dengan kenikmatannya adalah Bakpia Juwara Satoe.

Berbeda dengan bakpia pada umumnya, Bakpia Juwara Satoe mempunyai tekstur kulitnya yang terasa lebih renyah dengan berbagai varian isian yang lebih banyak, mulai dari kacang hijau, coklat, karamel gula jawa dll.

Varian rasa kacang hijau pandan menjadi best seller dan kamu wajib untuk mencobanya karena memiliki aroma pandan yang harum dan isian kacang hijaunya yang sangat lembut dan manis. Mempunyai masa kadaluarsa hingga 3 bulan, bakpia ini dijual di dua outlet yang berbeda di Jogonegaran Pathuk Yogyakarta dan Hotel Grand Aston Yogyakarta.

Pie Blangkon Jogja

Pie Blangkon Jogja

Kota Jogja mempunyai sederet kuliner yang terkenal dan enak-enak. Store blangkon menjadi pusat oleh-oleh yang wajib kamu datangi untuk membeli buah tangan untuk dibawa pulang. Blangkon memang spesialis oleh-oleh Jogja dengan dua produk andalannya yaitu Pie dan Molen dengan berbagai macam varian.

Camilan PIE BLANGKON JOGJA berbentuk bundar lepek dengan aroma wangi dan tekstur kulit luarnya yang crunchy dan renyah. Bagian isi tengahnya berupa krim lezat yang manis dan lembut dengan paduan pinggiran pie menciptakan rasa yang sangat pas dan bikin nagih.

Produk Pie Blangkon Jogja ini dijual dalam box yang berisi 7 buah dengan harga sekitar Rp 25 ribu yang tersedia dalam pilihan rasa cokelat, pisang, tiramisu, coklat kacang, original susu, dan mix aneka rasa.

Pie Blangkon Jogja menjadi pilihan oleh-oleh ideal karena mempunyai masa simpan yang cukup lama bisa mencapai 2 bulan apabila disimpan di kulkas. Mempunyai cita rasa khas dengan perpaduan manis, gurih, dan renyah, maka produk ini cocok dijadikan sebagai buah tangan maupun camilan harian.

Kue Ogura Oma Opa

Kue Ogura Oma Opa

Bukan dari Jepang, Kue Ogura Oma Opa memadukan tekstur kue bolu dan sifon yang menciptakan inovasi kue Ogura dengan rasa lokal yang lezat. Tekstur kue Ogura terasa lembut dan ringan dan mempunyai bagian luar berwarna cokelat keemasan.

Terdapat dua jenis kue Ogura yang ditawarkan yaitu rasa keju dan cokelat dengan ukuran 21 x 9 cm yang dapat bertahan dua hari pada suhu ruangan atau empat hari di dalam kulkas. Harga satu boks berisi 9 buah dengan berbagai varian rasa, seperti keju, durian, dan cokelat yang dibanderol dengan harga Rp 50.000.

Produk kue Ogura dan Malmil tersedia di outlet Jogja, seperti di Malioboro dan Gejayan maupun dapat dibeli melalui Tokopedia dan Shopee.

Brownies Mamahke Jogaja

Brownies Mamahke Jogaja

Saat ini semakin banyak pilihan untuk oleh-oleh khas Jogja, dan kue ala Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo ini menjadi salah satunya. Mamahke Jogja merupakan inovasi oleh-oleh kue kekinian yang memadukan brownies di bagian luar dan pastry serta krim lumer di dalamnya.

Terdapat banyak varian rasa yang dapat dijadikan pilihan, seperti cheese tiramisu, red velvet, dan double chocolate. Salah satu varian Mamahke Jogja Krucils cocok bagi kamu yang ingin merasakan kenikmatan kue bolu lapis dalam sekali makan.

Varian red velvet merupakan salah satu rasa Mamahke Jogja Krucils yang banyak menjadi sasaran bagi para wisatawan. Camilan ini dijual dengan harga mulai dari Rp 60-65 ribu untuk ukuran reguler dan untuk ukuran kecil dengan harga Rp 20 ribu.

Chocolate Monggo

Chocolate Monggo

Cokelat Monggo menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang dibuat oleh seorang warga Belgia bernama Thierry Detournay yang mulai diproduksi pada 2005 dan mempunyai banyak rasa yang unik. Cokelat Monggo sangat diburu oleh para wisatawan karena begitu dicicipi, rasanya langsung lumer dan sangat lezat karena memadukan cokelat Belgia dengan aneka rempah lokal khas Indonesia.

Cokelat Monggo dibanderol dengan harga mulai dari Rp 48 hingga Rp 100 ribu dengan beberapa varian cokelat yang menggoda selera bagi para pecinta cokelat, seperti varian caramello, white chocolate, macademia, marzipan, sampai ada yang unik dicampur dengan red chili, mangga, dan durian.

Cokelat Monggo dijual pada outlet-outlet resmi, seperti di Mirota Batik, Mirota Kampus, Museum Jawa Klasik Ullen Sentanu dan di beberapa konter Circle-K Jogja. Dikemas menggunakan kertas daur ulang yang menampilkan ciri khas kota Yogyakarta. Jika kamu sedang berkunjung ke Jogja, maka sempatkanlah untuk membeli oleh-oleh ini.

Peyek Tumpuk Mbok Tumpuk

Peyek Tumpuk Mbok Tumpuk

Peyek Tumpuk Mbok Tumpuk merupakan salah satu kuliner legendaris khas Bantul, Yogyakarta yang cocok dijadikan buah tangan karena mempunyai rasa yang gurih pas sebagai teman makan kamu di rumah.

Peyek tumpuk ini berbeda dengan peyek biasanya yang hanya tipis, makanan khas Jogja ini justru tebal tetapi tidak keras dengan keistimewaannya pada bentuk yang tebal namun tetap memiliki rasa yang renyah dan gurih.

Meski peyek merupakan jajanan tradisional namun sangat digemari oleh turis mancanegara dengan bentuk peyek yang tipis dan lebar. Peyek khas Bantul ini dibuat bertumpuk dan dibanderol dengan harga mulai Rp 30 ribu saja tiap 500 gram dan cukup ekonomis untuk dijadikan oleh-oleh tak kalah enaknya dengan peyek pada umumnya.

Yangko Aneka Rasa 145 Ibu Sri Astuti

Yangko Aneka Rasa 145 Ibu Sri Astuti

Yangko merupakan salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang kerap disebut mochi ala Yogyakarta karena bahan dan teksturnya sama dengan mochi khas Jepang yang kenyal dan manis lembut. Yangko khas Yogyakarta berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan dijual dalam kemasan boks dengan isi 30 pcs.

Pada rasa aslinya, yangko berisi cincangan kacang merah, namun kini hadir dengan berbagai varian rasa seperti, durian, stroberi, cokelat, nangka, melon, dan pandan. Yangko aneka rasa ini bisa didapat dengan harga di bawah Rp 50 ribu saja. Yangko mempunyai daya tahan mulai dari 2 minggu hingga dapat bertahan sampai 1 bulan.


Artikel ini bersumber dari : bp-guide.id.

Tinggalkan komentar