10 Destinasi Wisata Alam di Papua Barat yang Wajib Dikunjungi, Bukan Hanya Raja Ampat : Okezone Travel

Diposting pada

PAPUA Barat dianugerahi alam yang indah. Provinsi di ujung barat Pulau Papua ini punya banyak sekali tempat wisata yang menakjubkan. Destinasi paling terkenal tentu saja Raja Ampat. Tapi, di luar itu masih bertabur spot wisata alam lain yang tak kalah keren.

Berikut 10 destinasi wisata alam Papua Barat yang wajib Anda kunjungi jika berkesempatan liburan ke ujung Pulau Papua :

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih di Kabupaten Teluk Wondama dan juga Kabupaten Nabire ini merupakan salah satu taman laut terluas di Indonesia dengan berbagai macam spesies yang sangat beragam di dalamnya.

 BACA JUGA:Eksotisnya Kali Kaca, Surga Tersembunyi di Maybrat Papua Barat

Taman nasional ini memiliki daya tarik salah satunya karena Anda bisa berenang bersama hiu paus, selain itu juga Anda bisa menikmati pantai yang sangat jernih, air terjun dan juga air panas yang ada di sekitar Taman Nasional ini.

 Ilustrasi

Burung cendrawasih (Kemenparekraf)

2. Desa Sawinggrai

Desa Sawinggrai di Raja Ampat salah satu habitat burung cendrawasih. Wisatawan bisa melihat langsung burung endemik Papua itu berada di alam bebas. Selain itu, desa ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah menakjubkan.

3. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat sudah terkenal ke mancanegara sebagai salah satu destinasi wisata. Pemandangan bawah laut yang sangat indah menjadikannya salah satu spot diving terbaik di muka bumi. Banyak sekali wisatawan dari mancanegara yang ingin menikmati pemandangan bawah laut Raja Ampat.

 BACA JUGA:5 Tempat Wisata Ciamik di Raja Ampat, Rajanya Pariwisata Indonesia Timur

4. Situs Purbakala Tapurarang

Situs peninggalan zaman prasejarah ini terletak di Disrik Kokas, Kabupaten Fakfak. Situs ini berupa sebuah lukisan telapak tangan manusia dan binatang di sebuah tebing bebatuan yang sangat terjal.

Baca Juga :   PETS dan GSM Bersih-bersih di Objek Wisata Pohon Cinta

Lukisan prasejarah yang terdapat di tebing ini bisa Anda jumpai di Andamata, Fior, Forir, Darembang dan Goras. Yang membuat situs ini jadi sangat menarik adalah fakta bahwa meski sudah berumur ratusan tahun, lukisan yang dibuat dengan pewarna dari bahan-bahan alami tersebut masih tetap terlihat jelas hingga saat ini.

 

Warna merah pada lukisan tebing ini menyerupai warna darah manusia sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai lukisan cap tangan darah.

5. Pantai Pasir Putih

Pantai yang terletak sekitar kurang lebih 5 km dari pusat Kota Manokwari ini berombak kecil dan berpasir putih, sangat nyaman dijadikan tujuan rekreasi diving, berjemur dan berenang.

Tak heran jika tempat ini kerap menjadi tujuan utama masyarakat Manokwari untuk berekreasi atau mengisi waktu santai mereka bersama keluarga atau sahabat.

Sesuai namanya, pasir putih memang menghampar indah sejauh 500 meter di sepanjang pantai. Tekstur lembut pasir pun memanjakan kaki yang ingin segera lepas dari alasnya dan mulai menyatu dengan air laut Samudera Pasifik.

Baca Juga: Upaya Berantas IUUF, KKP Jalin Kolaborasi Internasional dengan Negara RPOA dan G20

6. Pegunungan Arfak

 

Di pegunungan Arfak, Anda dapat menemukan pemandangan alam pegunungan yang indah, pemandangan danau, serta tempat penangkaran burung.

Pegunungan Arfak kaya akan keanekaragaman hayati bernilai tinggi. Di dalam kawasan Pegunungan Arfak diperkirakan terdapat 110 spesies mamalia dengan 44 spesies yang telah tercatat, 320 spesies aves, dimana 5 diantaranya merupakan satwa endemik di kawasan Pegunungan Arfak – Tambrauw seperti Cenderawasih Arfak (Astrapia Nigra), Parotia Barat (Parotia Sefilata) dan Namdur Polos (Amblyornis Inomatus).

Hamparan vegetasi hutan tropis di kawasan ini telah menjadi istana penyedia kehidupan bagi sedikitnya 12.000 jiwa empat suku asli yang bermukim disini yaitu Hatam, Meyakh, Sough dan Moley.

7. Pulau Mansinam

Pulau yang terletak di teluk Doreh, Kota Manokwari ini merupakan pulau tujuan wisata religi umat Kristen di Papua Barat.

Baca Juga :   6 Rekomendasi Tempat Wisata Budaya di Kota Padang, Sumatera Barat Menarik untuk Dikunjungi

Keistimewaan pulau ini memang bukan terletak pada panorama alamnya. Mansinam adalah saksi sejarah dimana sebuah peradaban baru dimulai di pulau ini, Manokwari, dan pada akhirnya menyebar hingga ke seluruh daratan Papua.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Papua tidak akan mengenal modernisasi bila para misionaris tidak menginjakkan kaki di Pulau Mansinam.

 Ilustrasi

8. Pagoda Sapta Rana

Pagoda Sapta Rana yang terletak di kota Sorong ini berada di atas bukit dengan bentuk bangunan yang artistik membuat Pagoda Sapta Ratna terlihat megah dari kejauhan dan mengundang rasa penasaran siapa pun yang melihatnya.

Pagoda Sapta Ratna memiliki bangunan yang terdiri dari 7 tingkat. Menjelang sore hari, saat cuaca cerah adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini. Sebab, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan Kota Sorong dari puncak pagoda sambil menunggu sunset.

Dari puncak Pagoda Sapta Ratna ini juga, Anda bisa melihat Pulau Doom atau disebut juga Pulau Bintang yang berada di seberang laut. Pulau Doom merupakan kota tua yang pernah menjadi pusat pemerintahan Belanda di Sorong.

9. Danau Framu

Manjakan mata Anda dengan keindahan Danau Famu. Danau yang terletak di Distrik Ayamaru, Kab. Maybrat ini dapat memanjakan mata Anda dengan birunya air danau yang dipadukan dengan keindahan alam di sekitar.

10.Taman Burung Aimas

Taman burung yang berlokasi di Jl.Osok, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong ini merupakan tempat penagkaran berbagai macam burung, diantaranya Burung Cendrawasih, Kakatua Raja, Mambruk, Parkit , Cicak Rowo, Beo, Merak, Nuri, Alap-alap, dan beberapa jenis lainnya.

Selain itu kelebihan dari taman burung ini ialah udara nya yang sejuk serta pemandangan perbukitan yang dapat memanjakan mata.

Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *