10 Jajanan Sunda Populer, dari Cilok hingga Seblak

Diposting pada

Bandung

Siapa yang tak suka jajan, apalagi jika berkunjung ke Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. Ada banyak jajanan enak yang banyak digemari loh!

Jajanan Sunda ini mudah ditemui di berbagai lokasi, dari kaki lima hingga ke kafe atau retoran mewah. Jangan ragukan rasa jajanan di bawah ini meski hanya di jual di gerobak kecil pinggir jalan. Justru biasanya jajanan enak berada di lokasi yang jauh dari kata fancy.

Apa saja jajanan sunda populer yang wajib kamu coba? Berikut ini rangkumannya.



1. Cilok

Jajanan Sunda ini banyak dijajakan di gerobak. Cilok alias aci dicolok ini rasanya gurih dengan tektur kenyal yang khas. Banyak pelancong menyukai cilok hingga jajanan ini kerap diserbu.

Cilok biasanya disajikan dengan cocolannya saus kacang yang gurih pedas. Kamu bisa mendapati dengan mudah cilok ini di pinggiran jalan di Kota Bandung dan sekitarnya.

CilokCilok Foto: Getty Images/iStockphoto/Febrian Eka saputra

2. Cireng

Jajanan cireng kini makin melejit karena banyak kafe yang menyediakan sebagai menu camilan. Cireng adalah singkatan dari aci digoreng, rasanya gurih kenyal dan paling enak dicocol ke sambal rujak manis pedas.

Cireng bumbu rujak. indonesian traditional food made from tapioca flour is given spices such as garlic, salt, pepper and is cooked by frying.Cireng bumbu rujak. indonesian traditional food made from tapioca flour is given spices such as garlic, salt, pepper and is cooked by frying. Foto: Getty Images/iStockphoto/Muhammad Senopati

3. Cimol

Satu lagi nih jajanan berbahan aci yang banyak disukai, yakni cimol. Singkatan dari aci digemol atau aci yang dibentuk membulat yang kemudian digoreng. Setelah itu cimol diberi bumbu gurih pedas sesuai selera pembelinya.

20 Cimol Pedas Mulur Rp 10 Ribuan Ada di Sini20 Cimol Pedas Mulur Rp 10 Ribuan Ada di Sini Foto: Instagram

4. Comro

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Kekinian dan Instagramable yang Ada di Bandung, Cocok Dikunjungi di Akhir Pekan

Jika banyak jajanan terbuat dari tepung tapikoka aci seperti cireng, cimol, cilok hingga cimin, maka jajanan yang satu ini terbuat dari singkong. Comro namanya, yang merupakan singkatan dari oncom di jero alias oncom di dalam. Adonan parutan singkong diberi isian tumis oncom berbumbu, dijamin bikin ketagihan!

Comro, makanan khas Sunda.Comro, makanan khas Sunda. Foto: Anindyadevi Aurellia/detikJabar

5. Bandros

Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, daun suji dan santan. Kue ini biasanya dihidangkan dengan saus cabai atau taburan gula pasir.

Kue Pancong, Gandos or Bandros is an Indonesian traditional snack made from a mixture of rice flour, grated coconut, and coconut milk.Bandros is an Indonesian traditional snack made from a mixture of rice flour, grated coconut, and coconut milk. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti

6. Awug

Kue ini berasal dari campuran tepung beras, kelapa dan gula merah. Dibentuk gunung seperti nasi tumpeng, awug kemudian dikukus.

awugawug Foto: yudha maulana/detikfood

7. Gehu

Ini adalah salah satu gorengan khas Sunda. Terdiri dari tahu yang diberi isian kemudian dibalur adonan terigu sebelum digoreng. Kini banyak juga yang menjajakan gehu pedas dimana isiannya sudah dimodif dengan bumbu cabai.

Meski gehu ini terbilang mudah dibuat di rumah namun kamu bisa berburu gehu nikmat ini di berbagai penjual gorengan yang ada di Bandung atau daerah lainnya di Jabar.

gehu pedasgehu pedas Foto: Istimewa

8. Batagor

Konon batagor ini berawal dari kuliner bakso tahu kukus yang tidak laku terjual, lalu diolah dengan cara digoreng. Nama Batagor sendiri adalah singkatan dari bakso tahu goreng

Sama halnya dengan bakso tahu kukus dan siomay, batagor disajikan dengan bumbu kacang serta kecap dan saus sambal sesuai selera yang menambah citarasa.

Batagor, the short of Baso Tahu Goreng, is a popular snack in West Java area (Sundanese culture). Dumplings of fish ball, tofu and wonton are fried then topped with spicy peanut sauce and a dash of lime juice. This is the close up view of the dish.Batagor, the short of Baso Tahu Goreng, is a popular snack in West Java area (Sundanese culture). Dumplings of fish ball, tofu and wonton are fried then topped with spicy peanut sauce and a dash of lime juice. This is the close up view of the dish. Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

9. Seblak

Baca Juga :   Henry Lau Eks Super Junior Jatuh Cinta dengan Cimol Berita Riau Terkini Online

Seblak adalah jajanan berbahan dasar kerupuk mentah yang kemudian dimasak dengan bumbu bawang putih, kencur dan cabai rawit. Cita rasanya pedas dan gurih memberikan sensasimenyegarkan bagi penikmatnya.

Kini popularitas makin naik hingga membuat kreasinya semakin beragam. Isiannya bukan lagi sekedar kerupuk saja, namun divariasikan dengan tulang, ceker, baso, sayur dan beragam toping lainnya. Seblak bisa dengan mudah kamu temui di Jawa Barat.

Seblak is one of the typical Indonesian snacks originating from Bandung, seblak made from wet crackers, vegetables and meat or eggs.Seblak is one of the typical Indonesian snacks originating from Bandung, seblak made from wet crackers, vegetables and meat or eggs. Foto: Getty Images/iStockphoto/Dicky Algofari

10. Colenak

Colenak adalah singkatan dari dicocol enak. Terbuat dari tape singkong alias peuyeum yang dibakar lalu dihidangkan dengan saus terbuat dari lelehan gula merah dicampur kelapa.

ColenakColenak Foto: iStock

Mana yang jadi favoritmu?

Atau kamu punya kuliner favorit lainnya? Jika kamu punya cerita atau pengalaman terbaik saat mencicipi kuliner Jawa Barat, kamu wajib ikut ikutan program Giveaway Serentak berhadiah uang tunai senilai total Rp 30 juta.

Caranya bagaimana? Gampang, kamu hanya perlu menuliskan cerita kuliner terbaikmu cukup ceritakan kuliner terbaik saat berada di Jawa Barat di kolom komentar artikel ini.

Yuk ikutan, ajak teman-temanmu yang lain!

Simak Video “Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung
[Gambas:Video 20detik]
(tya/tey)

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *