10 Makanan Khas Nusantara yang Identik dengan HUT RI 17 Agustus

Diposting pada

YOGYAKARTA – Peringatan kemerdekaan RI hampir di depan mata. Bendera dan aksesoris di jalanan sudah mulai dipasang sejak seminggu lalu. Berbagai macam perlombaan dikampung juga mulai digelar untuk meramaikan keceriaan momen 17 Agustus tahun ini. Selain berbagai lomba, banyak sekali jenis makanan khas Nusantara yang identik dengan 17 Agustus-an. Apa saja makanan tersebut?

1. Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng yang dihidangkan dalam peringatan hari lahir, umumnya dibentuk kerucut. Nasi pun diolah dengan berbagai macam warna. Seperti nasi kuning, hingga nasi putih yang disandingkan dengan nasi merah sebagai simbol bendera kebangsaan, Merah Putih. Lebih meriah lagi, nasi tumpeng dihidangkan bersama berbagai macam lauk-pauk. Mulai dari kering tempe, sambal goreng kentang, hingga lauk khas setiap daerah di Nusantara, termasuk rendang.

2. Bubur merah putih

Sama seperti tumpeng yang dihias meriah dengan warna-warna lauh merah dan putih. Bubur merah putih juga melambangkan simbol yang sama. Umumnya, bubur berwarna putih rasanya gurih. Sedangkan yang berwarna merah lebih manis karena ditambahkan gula, baik gula putih maupun gula merah.

makanan khas HUT RI 17 Agustus
Ilustrasi makanan khas HUT RI 17 Agustus (Freepik/Meggy Kagam Aryanto)

3. Klepon

Klepon merupakan salah satu makanan daerah yang cukup populer di Indonesia. Yang paling banyak ditemukan, klepon berwarna hijau. Warna tersebut diolah dari sari-sari daun suji. Di dalam makanan yang biasa bertabur kelapa parut ini, diisi gula merah atau gula aren. Dalam Serat Centini, melansir Kompas, Senin, 15 Agustus, klepon dihidangkan saat perayaan atau ritual selamatan oleh masyarakat Jawa kuno.

Baca Juga :   Lagi Jajan Pentol di Pinggir Jalan, Pria Ini Salfok ke Paras Cantik Penjual: Kayak Artis!

4. Nasi tutug oncom

Nasi tutug oncom merupakan hidangan khas Sunda yang menebarkan aroma kencur. Seperti namanya, nasi yang kerap dihidangkan pada momen 17 Agustus-an ini merupakan campuran nasi putih dan oncom. Bawang putih dan cabai merah, juga dicampurkan untuk menguatkan rasa yang lezat dan otentik.

5. Telok abang

Nusantara memiliki kekhasan tersendiri dalam pengolahan makanan. Termasuk dalam mengolah telok abang, makanan unik berasal dari Palembang. Telok ialah telur ayam atau telur bebek yang direbus dengan bahan tertentu sehingga menciptakan motif abstrak pada kulit hingga bagian isinya. Biasanya, telok abang dijual satu set yang ditata di miniatur khas kedaerahan, misalnya jembatan ampera.

makanan khas HUT RI 17 agustus
Ilustrasi makanan khas HUT RI 17 Agustus (Freepik/Timolina)

6. Urap

Dalam tradisi Jawa, masyarakat menyajikan urap bersama nasi tumpeng untuk selamatan hari kelahiran atau mensyukuri kehidupan. Urap juga identik dengan peringatan HUT RI 17 Agustus, karena kesegarannya disandingkan dengan nasi yang dibentuk kerucut.

7. Kue lapis

Sekilas terlihat mengkilap, kue lapis berwarna menggugah selera. Biasanya, warna-warna yang dipilih disesuaikan dengan momen penting. Seperti pada keceriaan HUT RI, kue basah terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, dan gula pasir ini diwarnai merah dan putih.

8. Ayam betutu

Ketika namanya disebut, Anda pasti teringat Pulau Dewata. Ayam betutu merupakan makanan khas masyarakat Bali yang kepopulerannya tersebar ke seluruh penjuru negeri. Makanan dengan citarasa kaya rempah dan pedas ini diolah dengan dipanggang.

9. Coto Makasar

Lebih dari seribu jenis soto di Nusantara, salah satunya coto Makassar. Makanan berkuah ini tak jarang dihidangkan pada acara doa bersama bahkan acara resmi tahunan.

10. Lemper

Lemper kerap dihidangkan dalam sekotak jajanan ketika acara tertentu, misalnya selamatan atau doa bersama. Dibuat dari ketan yang ditanak kemudian diisi abon ayam atau abon sapi. Di beberapa daerah, setelah nasi ketan berisi abon dibungkus, akan ditanak lagi agar mendapatkan tekstur yang lembut.

Baca Juga :   Resep Kohu-Kohu Berbagai Bahan, Sajian Salad Khas Maluku Segar dan Lezat

Itulah kesepuluh makanan khas Nusantara yang identik dengan perayaan HUT RI pada 17 Agustus. Apakah Anda sudah mendapatkan ide masak untuk 17 Agustus tahun ini?


Artikel ini bersumber dari : voi.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *