10 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer

Diposting pada

Sukabumi

Kota Sukabumi menjadi daerah dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Meski begitu, ada banyak makanan khas yang nikmat untuk dicicipi.

Makanan-makanan di Kota Sukabumi ini juga cocok untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Sukabumi. Kuliner khas melegenda dengan resep turun-temurun sehingga terjaga kenikmatannya hingga saat ini.

Berikut 10 kuliner khas Sukabumi yang dirangkum detikJabar.

1. Mochi

Mochi khas SukabumiMochi khas Sukabumi Foto: Istimewa

Siapa yang tidak kenal Mochi? Makanan mungil yang kenyal ini sudah menjadi primadona oleh-oleh khas Sukabumi. Berbagai gerai oleh-oleh pasti menyediakan panganan mochi.



Camilan enak ini menjadi favorit bukan hanya oleh masyarakat setempat tapi juga wisatawan. Teksturnya yang lembut dan kenyal, ditambah tampilan warna-warni makin membuatnya terlihat menarik.

Soal rasa sudah pasti manis dan lumer di mulut. Saat ini sudah banyak varian baru dari mochi yang dijual di Sukabumi misalnya seperti rasa cokelat, matcha, durian, dan lain-lain.

2. Bolu Pisang

Selain mochi, bolu pisang juga kerap dijadikan sebagai oleh-oleh dari Sukabumi. Pasalnya, ada banyak bolu pisang yang sudah melegenda di Kota Sukabumi.

Cita rasa manis dan tekstur lembut dari bolu pisang yang menjadi daya tarik wisatawan. Masyarakat Sukabumi biasanya memproduksi kue bolu buatan rumahan.

Tak hanya rasa pisang saja, beberapa toko buah tangan juga menjual Bolu Pisang dengan tambahan varian lain seperti coklat dan pandan. Tentunya rasa manis dan legit cocok jadi buah tangan untuk keluarga di rumah.

3. Kue Jahe

Roti Priangan Sukabumi.Kue jahe Sukabumi Foto: Istimewa

Kue jahe kini sering disebut juga sebagai kue jadul. Camilan berbahan jahe parut yang dicampur gula itu memiliki rasa yang manis dan tekstur renyah di luar lembut di dalam.

Jajanan khas Sukabumi ini termasuk dalam kue legendaris karena sudah ada sejak zaman Belanda. Kini, Kue Jahe pun juga sudah diolah menjadi berbagai bentuk menarik dengan pilihan rasa istimewa.

Baca Juga :   40 Rekomendasi Wisata di Bogor yang Instagramable – DEPOK POS

Selain itu, tentunya kamu juga bisa menjadikan jajanan khas dari Sukabumi ini camilan pelengkap menikmati sirup dingin ataupun teh hangat pagi dan sore hari.

4. Roti Priangan

Kue Priangan Sukabumi.Kue Priangan Sukabumi. Foto: Istimewa

Di Kota Sukabumi ada roti priangan legendaris buatan Oey Tjiang Lie. Awal berproduksi pada tahun 1943 dan hanya ada di Sukabumi.

Uniknya dari roti Oey Tjiang Lie yaitu hingga saat ini masih tetap menggunakan oven tradisional. Pembuatan rotinya berbahan baku susu, terigu, dan mentega dan tidak menggunakan bahan pengawet.

Harganya pun murah. Variasi rasanya bermacam-macam mulai dari rasa coklat, susu, pisang coklat, nanas dan lain-lain. Biasanya roti priangan dijual keliling oleh pedagang yang membawa gerobak biru.

5. Sekoteng Singapore

Sekoteng merupakan sup yang terpengaruh dari sajian Tiongkok. Di Kota Sukabumi, makanan ini bisa ditemukan di Jalan A. Yani.

Sekoteng Singapore khas Sukabumi ada tambahan roti berbentuk bulat panjang dan biskuit. Roti ini yang membedakan sekoteng khas Sukabumi dengan sekoteng lain. Di dalam sekoteng ada kacang hijau, kolang kaling, pacar cina, dan jenis kacang-kacangan lain.

Panganan ini enaknya disantap saat malam hari sambil berjalan-jalan di daerah Kota Sukabumi. Rasanya yang sangat enak, manis dan cita rasa yang menghangatkan tubuh dari jahe.

6. Sagon Bakar

Sagon merupakan jajanan pasar dari Sukabumi yang terbuat dari tepung sagu dengan campuran berbagai macam bahan lain yang dipadu menghasilkan makanan ringan yang memiliki rasa khas dan unik. Salah satu yang paling populer adalah Sagon Bakar.

Bahan utama pembuatan Sagon Bakar yaitu parutan kelapa. Bentuknya berbagai macam, ada yang persegi panjang, kotak dan lonjong. Rasanya sangat gurih khas dari rasa kelapa parutnya.

Sagon bakar bisa kamu jadikan cemilan sembari berkeliling Kota Sukabumi atau bisa juga kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Sukabumi.

7. Serabi Durian

Beberapa daerah di Jawa Barat memiliki panganan satu ini. Tapi di Sukabumi memiliki cita rasa yang khas.

Baca Juga :   15 Cara membuat serabi kuah, enak, lembut, dan sederhana

Satu hal yang membuat serabi khas Sukabumi memiliki rasa yang menarik adalah bahan pembuatannya yang melibatkan durian. Oleh karena itu, tak heran serabi Sukabumi menjadi satu olahan durian favorit bagi penggemar buah berduri tersebut.

8. Geco

Geco yang disingkat dari Tauge-Tauco adalah makanan khas Sukabumi dan Cianjur. Bahan utamanya adalah tauco khusus yang dibungkus dalam daun karakas (daun pisang yang sudah tua) dan tauge segar yang direbus setengah matang, ketupat, potongan kentang kecil, potongan telur rebus, mie aci (mie yang terbuat dari kanji), cuka lahang (cairan fermentasi dari pohon enau), kecap manis dan sambal cabai rawit.

Sekilas jika dilihat dari tampilannya, makanan ini sejenis dengan kupat tahu. Bedanya geco menggunakan tauco sebagai saus yang menambah cita rasa asam, manis, segar dan gurih dalam satu makanan.

9. Deblo

Deblo merupakan olahan khas Sukabumi yang terbuat dari singkong. Saat ini, keberadaannya hampir langka ditemui. Deblo terbuat dari singkong yang dibumbui bawang putih, kunyit, daun bawang, garam, merica dan penyedap rasa. Kemudian, semua bahan tersebut ditumbuk halus lalu dibentuk bulatan dan digoreng hingga kecokelatan.

Perpaduan rasa gurih dan manis menghasilkan memori tak terlupakan ketika menyantapnya. Dijamin nagih ingin nambah lagi dan lagi.

10. Bandros

Bandros salah satu makanan khas Sukabumi yang wajib banget dicicipi. Makanan ini menjadi primadona masyarakat Sukabumi dan juga para wisatawan serta para pendatang ke Sukabumi karena enak disantap bersama dengan segelas teh hangat di malam hari.

Harganya yang sangat murah menjadi daya tarik tambahan dari makanan ini. Cukup dengan Rp 5 ribu saja kamu bisa menyantap kue bandros nan enak.

Tak sulit menemukan kue bandros. Biasanya mereka berjualan di pinggir-pinggir jalan tempat nongkrong anak muda Sukabumi. Salah satu yang paling legendaris ada di Jalan Gudang dan Jalan Otto Iskandardinata.

(iqk/iqk)

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *