11 Desa di Indonesia yang Berasal dari Nama Sayuran : Okezone Travel

Diposting pada

TAK banyak orang tahu bahwa masyarakat Indonesia kerap menggunakan nama sayuran untuk menyebut suatu nama daerah. Dari mulai desa, kecamatan, hingga pulau lho.

Salah satunya yakni Pulau Lombok yang dikenal dengan pantainya yang memesona. Nama ‘Lombok’ sendiri juga dikenal sebutan untuk cabai. Seperti halnya di wilayah Jawa Tengah, penyebutan lombok lebih terkenal dibanding cabai.

Nah, selain Lombok, berikut ini ada beberapa nama sayuran yang juga digunakan sebagai nama wilayah.

1. Jengkol

Jengkol merupakan tanaman jenis polong-polongan yang kurang begitu disukai karena baunya. Tapi sebagian masyarakat menyukai Jengkol karena dinilai lezat, bahkan menjadi kuliner khas sebuah wilayah. Selain sebagai sayuran, Jengkol rupanya dijadikan nama untuk sebuah desa di Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

2. Kangkung

Sayuran yang kerap dijumpai di meja makan yaitu kangkung, pun digunakan sebagai nama kecamatan serta desa di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Selain itu, sebuah desa di Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah, juga menggunakan kata Kangkung untuk menamai sebuah daerah. Kemudian, Kangkung pun menjadi nama sebuah desa di kecamatan Samendawai Barat, OKU timur, Sumatera Selatan.

Infografis Kota Paling Ramah Sedunia

3. Terong

Sayuran yang berasal dari India tersebut banyak digunakan untuk makanan khas dan lalapan di berbagai daerah. Terong juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, terlepas dari itu, Terong pun dikenal sebagai nama desa di Kecamatan Dling, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

4. Pare

Pare merupakan sayuran yang terkenal dengan rasanya yang pahit. Pare kerap disandingkan dengan kuliner Siomay atau dikombinasikan dengan sayuran lainnya. Siapa sangka Pare juga digunakan untuk nama daerah di Kapubaten Kediri, Jawa Timur, yang dikenal dengan kampung Inggris.

Baca Juga :   Rayakan Kemerdekaan RI, Siswa TK Kenakan Kebaya Kunjungi Bupati Mojokerto- Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

5. Bawang

Bawang merupakan salah satu bumbu masak yang menjadi kunci kelezatan sebuah masakan. Bahkan, Bawang kabarnya sudah digunakan ribuan tahun lalu. Bawang juga ternyata digunakan sebagai nama dari sebuah kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

6. Bayam

Bayam dikenal merupaan salah satu sayuran yang kaya akan zat besi. Sayuran Bayam kian dikenal karena kartun Popeye, yang menunjukan bahwa memakan bayam bisa membuat kita menjadi kuat. Terlepas dari itu, Bayam pun digunakan sebagai nama desa di Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.


7. Jagung

Jagung sebagai tumbuhan yang kaya akan karbohidrat. Jagung juga kerap digunakan untuk campuran berbagai masakan. Selain itu, Jagung juga ternyata digunakan sebagai nama sebuah desa di Kecamatan Kasesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

8. Labu

Tumbuhan yang berasal dari benua Amerika yakni Labu, banyak ditemui juga di Indonesia. Biasanya, labu banyak ditemui di tempat-tempat yang memiliki iklim hangat. Labu rupanya juga dijadikan salah satu nama desa di Kecamatan Puding Besar, Pulau Bangka, Bangka Belitung.

Infografis Kota Terbaik di Eropa untuk Berlibur

9. Kacang

Kacang merupakan merupakan istilah yang sering dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan polong-polongan. Di wilayah Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, rupanya Kacang digunakan sebagai nama desa

10. Semanggi

Tidak banyak yang tahun bahwa semanggi merupakan sekelompok paku air dari Marga Marsilea. Semanggi banyak ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran Irigasi. Nama Semanggi sendiri dijadikan sebuah nama Kelurahan di Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah.

11. Kemangi

Kemangi merupakan sebuah tumbuhan yang daunnya dapat dikonsumsi sebagai lalap. Kemangi memiliki wangi yang khas dan daunnya yang lembut. Terelepas dari itu, Kemangi juga dijadikan nama sebuah desa di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga :   Olahan Merica bukan hanya untuk Masakan saja


Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *