11 Jenis Mangga yang Populer di Indonesia dan Rasanya Nikmat

Diposting pada

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer di Indonesia. Bahkan, hampir semua masyarakat Indonesia mengenal buah yang satu ini. Jika kita telusuri lebih dalam, ternyata jenis mangga yang dijual di pasaran sangat banyak. Ditambah lagi, di dalam buah mangga ini mengandung banyak sekali vitamin, khususnya vitamin C.

Karena memiliki kandungan vitamin C, tidak jarang rasa buah mangga ada yang manis, sedikit asam, bertekstur lembut, hingga memiliki banyak serat. Selain itu, bentuk daun buah mangga ternyata bisa membedakan jenis mangga yang satu dengan lainnya. Hal ini membuat kita bisa tahu mana seperti apa buah mangga yang tumbuh di pohon tersebut.

 

Baca Juga: Inilah 11 Manfaat Buah Naga yang Belum Diketahui Banyak Orang

 

Jenis-jenis Mangga yang Populer di Indonesia

Jenis-jenis mangga populer di Indonesia
Jenis-jenis mangga populer di Indonesia (Foto: 123rf)

Ada berbagai jenis mangga yang populer di Indonesia. Apa sajakah jenis mangga tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mangga Harum Manis

Jenis mangga pertama yang akan kita bahas adalah mangga harum manis. Hampir semua masyarakat Indonesia pasti sudah kenal dengan jenis mangga yang satu ini. Sesuai dengan namanya, mangga ini memiliki rasa manis dan aroma yang sangat harum. Maka dari itu, mangga harum manis banyak dicari konsumen.

Dari segi fisik, mangga harum manis memiliki bentuk lonjong dan ujungnya cukup runcing. Bagian dagingnya juga empuk dan sangat lembut saat dimakan. Pada beberapa daerah di Indonesia, nama mangga harum manis sering juga disebut dengan mangga gadung.

2. Mangga Apel

Mangga apel merupakan salah satu jenis mangga yang juga unik dan sering ditemukan di Indonesia. Sama halnya dengan poin pertama, penamaan buah Mangga Apel ini dikarenakan bentuknya mirip dengan buah apel. Aroma buah ini juga wangi dan mempunyai rasa masam sehingga cukup digemari beberapa konsumen.

Secara umum, mangga apel sering dijadikan bahan rujak karena rasa masamnya sangat menyegarkan. Meskipun begitu, saat ini sudah banyak mangga apel yang dibudidayakan dengan rasa yang lebih manis.

3. Mangga Indramayu

Bagi warga Indramayu, mungkin sudah tidak asing dengan jenis mangga satu ini. Mangga Indramayu memiliki daging buah yang cukup tebal dan juga rasanya sangat manis. Berbeda dengan jenis mangga lainnya, Mangga Indramayu memiliki tekstur kering dan juga sering dijuluki dengan mangga pelem cengkir.

Selain itu, ciri khas lain dari mangga Indramayu ini adalah aromanya cukup menyengat. Ditambah lagi, daging buah pada jenis mangga ini juga manis, sedikit berair, dan juga memiliki serat.

Baca Juga :   Launching Menu Andalan Ayam Goreng, Rumah Makan Ini Langsung Beri Promo Diskon 50 Persen

4. Mangga Golek

Mangga golek merupakan jenis mangga yang berasal dari Probolinggo dan juga Pasuruan, Jawa Timur. Di dalam bahasa Jawa, kata Golek memiliki arti “mencari”. Lebih lengkapnya, setelah seseorang mencicipi buah ini, maka mereka akan mencarinya lagi.

Dari sisi bentuknya, buah mangga golek ini sedikit memanjang dan terdapat bintik-bintik putih kehijauan. Nantinya, warna buah tersebut akan menjadi coklat setelah mulai menua. Selain itu, tekstur dagingnya juga tebal, empuk, dan juga berwarna jingga cerah.

 

Baca juga: 17 Contoh Sayuran Buah yang Bisa Ditemukan Sehari-hari

 

5. Mangga Kweni

Jenis mangga selanjutnya adalah mangga kweni atau sering disebut juga dengan mangga kuini. Mangga yang satu ini mempunyai aroma yang sangat khas dan juga berbeda dengan jenis lainnya. Hal itu bisa terlihat dengan bentuk buahnya yang lonjong dengan ujung yang membulat.

Bagian daging buah mangga jenis kweni lebih condong berwarna kuning. Teksturnya juga berserat, banyak air, dan rasanya sangat manis serta segar. Secara umum, buah mangga kweni ini sering dijadikan campuran untuk rujak serut atau sambal.

6. Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu (Foto: 123rf)
Mangga gedong gincu (Foto: 123rf) 

Mangga gedong gincu merupakan jenis mangga yang sudah dibudidayakan di daerah Cirebon dan juga Indramayu. Mangga gedong gincu memiliki warna yang menarik dibandingkan dengan jenis lainnya. Nama mangga ini disebut gincu karena warnanya cerah kemerahan dan itu juga berlaku pada daging buahnya.

Ciri lainnya yang melekat pada mangga gincu adalah bentuknya yang terlihat bulat. Meskipun begitu, daging buahnya manis, tebal, dan juga sangat kenyal. Buah mangga gincu pun sangat enak karena memberikan kesegaran dan manis alami. Hal tersebut membuat kita tidak bisa makan hanya satu buah saja.

 

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

 

7. Mangga Alpukat

Mangga alpukat adalah jenis mangga yang memiliki bentuk seperti buah alpukat. Ciri lain yang ada pada mangga alpukat adalah bijinya mudah dibuang dengan cara mengiris dagingnya secara melingkar. Cara tersebut juga sangat mirip ketika menikmati buah alpukat.

Cara memakan daging buahnya juga tidak jauh berbeda dengan alpukat, yakni dikerok menggunakan sendok. Hal tersebut karena daging buahnya mempunyai tekstur yang begitu lembut. Jenis mangga ini berasal dari wilayah Pasuruan, Jawa Timur. Selain itu, mangga alpukat juga merupakan perkawinan silang antara mangga gadung dengan mangga madu.

8. Mangga Madu

Jenis mangga yang satu ini memiliki keunggulan dari sisi rasanya yang sangat manis seperti madu. Oleh sebab itu, buah yang satu ini diberi nama mangga madu karena hal tersebut. Bahkan, rasa manis tersebut bisa terasa sejak buahnya masih mentah.

Baca Juga :   Keseruan ‘Ngober’ Komunitas Honda CB150X

Walaupun ukurannya cukup kecil, daging buahnya tebal dan mempunyai biji yang cukup kecil. Tekstur buahnya juga sangat lembut dan juga tidak berserat. Selain itu, mangga madu ini juga memiliki kandungan air yang berlimpah. Dengan begitu, kamu bisa merasakan kesegaran saat mengonsumsinya.

 

Baca juga: 10 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

 

9. Mangga Lalijiwo

Pada dasarnya, mangga lalijiwo adalah jenis mangga yang berasal dari Probolinggo. Bentuk buahnya sendiri cenderung membulat dan saat mentah aromanya cukup harum. Pada saat buahnya matang, maka aromanya bisa semakin semerbak sehingga dapat menggoda siapa pun untuk menyantapnya. Di dalam bahasa Jawa, Lalijiwo memiliki arti lupa jiwa yang seperti mengisyaratkan kalau memakai buah mangga ini seperti melayang. Daging pada buah mangga ini rata-rata berwarna kuning tua dan juga rasanya sangat manis.

10. Mangga Garifta

Mangga garifta adalah salah satu produk unggulan para petani lokal yang berasal dari wilayah Pasuruan, Jawa Timur. Warna kulit buahnya dominan merah dengan gradasi kuning serta hijau. Hal itu bisa terjadi karena merupakan hasil perkawinan silang dari mangga lokal yang juga berkualitas.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika rasanya sangat manis dan juga menyegarkan saat memakannya. Dari segi bentuk, mangga garifta sedikit lonjong dengan daging buah berwarna kuning dan sedikit kemerahan. Tekstur daging buahnya juga lunak, mudah disantap, sedikit berserat, dan juga cenderung lebih harum.

11. Mangga Manalagi

Jenis mangga terakhir yang populer di Indonesia adalah Mangga Manalagi. Bisa dikatakan, jenis ini adalah buah mangga yang memiliki tekstur daging yang tebal, padat, dan juga memiliki serat yang banyak. Selain memiliki rasa manis, mangga yang satu ini juga lebih harum ketika sudah matang. Ketika kamu memakan buah mangga manalagi, tekstur buahnya terasa lebih lunak dan seratnya juga lembut. Selain itu, bentuk buahnya sendiri sedikit memanjang dengan ukuran yang cukup kecil.

 

Baca Juga: Selain untuk Pencernaan, Ini 10 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

 

Nah, itulah 11 jenis mangga yang populer di Indonesia dan rasanya manis. Manakah jenis mangga yang menjadi favoritmu saat ini? Berbagai jenis mangga tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai agen grosir sembako buah terdekat. Selain itu, kamu juga bisa belanja bareng buah ini, lho. Kamu bisa membelinya di berbagai agen Mitra Bukalapak terdekat.

Ingin bergabung menjadi Mitra? Bisa, kok! Kamu bisa mencoba menjadi agen yang berjualan buah, sayur, maupun grosir dan juga sembako. Menarik, bukan? Yuk, gabung menjadi Mitra Bukalapak dan dapatkan keuntungan yang berlimpah!

Artikel ini bersumber dari : mitra.bukalapak.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *