12 Desa Wisata Manggarai Timur NTT, Banyak Kekayaan Alam dan Budaya

Diposting pada

BORONG, KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah menetapkan 12 Desa Wisata di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mempromosikan wisata alam, budaya, agrowisata, dan keramahan orang Flores.

Baca juga: 14 Pantai Indah di NTT, Ada yang Berpasir Putih dan Diapit 2 Gunung

Staf Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin kepada Kompas.com, Sabtu (1/10/2022) menjelaskan keunggulan desa wisata di Manggarai Timur, yakni sebagai berikut.

1. Desa Colol

“Desa Wisata Colol di Kecamatan Lambaleda Timur sudah terkenal dengan wisata kebun kopi colol, air terjun, atraksi budaya, wisata minum kopi pahit, serta keramahan orang Colol,” tutur Albertus.

Pemandangan alam.berbukit-bukit di kawasan agrowisata Lembah Colol, Kecamatan Lambaleda Timur, Kab. Manggarai Timur, NTT menjadi spot foto oleh wisatawan, Sabtu, (30/4/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pemandangan alam.berbukit-bukit di kawasan agrowisata Lembah Colol, Kecamatan Lambaleda Timur, Kab. Manggarai Timur, NTT menjadi spot foto oleh wisatawan, Sabtu, (30/4/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

2. Desa Wisata Bamo

“Desa Wisata Bamo di Kecamatan Kota Komba, sangat terkenal dengan Pantai Nanga Rawa, Pantai Watu Kodi dan hamparan padang penggembalaan ternak dan juga tradisi menangkap ikan di sebuah mistis dalam waktu 5 tahun sekali, namanya tradisi Kebhu,” sambung dia.

Albertus melanjutkan, ada pula tarian vera dan wisata pembuatan periuk tanah dan masih banyak yang eksotis.

Baca juga: 13 Tempat Wisata di Ende NTT, Kota Pancasila 

3. Nanga Mbaur

Nanga Mbaur di Kecamatan Sambi Rampas punya wisata Komodo Pota, danau teratai terbesar kedua dunia, Pantai Watu Payung, kawasan hutan untuk trekking, dan menyelam bawah laut.

Telaga Teratai Pota merupakan satu dari sekian spot destinasi unggulan di Jalur utara dari Pulau yang berada di Pota, Ibukota Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur, Flores, NTT, Minggu, (25/9/2022). (KOMPAS.com/BOE BERKELANA-PEMANDU WISATA FLORES)KOMPAS.COM/DOK-BOE BERKELANA-PEMANDU WISATA FLORES Telaga Teratai Pota merupakan satu dari sekian spot destinasi unggulan di Jalur utara dari Pulau yang berada di Pota, Ibukota Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur, Flores, NTT, Minggu, (25/9/2022). (KOMPAS.com/BOE BERKELANA-PEMANDU WISATA FLORES)

Baca Juga :   Pemberdayaan Masyarakat Terintegrasi, Pertamina Dorong Terciptanya Desa Wisata Inovasi

Artikel ini bersumber dari : travel.kompas.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *