12 Oleh-Oleh Khas Kediri, Ada Getuk Pisang hingga Keripik Bekicot : Okezone Travel

Diposting pada

BERIKUT ini daftar oleh-oleh khas Kediri, Jawa Timur. Bila Anda berwisata atau melakukan perjalanan ke Kediri, jangan lupa membawa oleh-oleh atau buah tangan yang bisa Anda nikmati atau bagikan kepada sanak saudara atau teman-teman Anda.

Kediri sendiri mempunyai banyak kuliner khas yang beberapa di antaranya dapat dibawa pulang sebagai buah tangan. Daftar oleh-oleh khas Kediri ini juga cukup populer dan ditemui di pusat oleh-oleh atau toko di sekitaran Kediri.

Selain makanan, ada juga oleh-oleh menarik lain dari Kediri. Berikut ini daftar oleh-oleh khas Kediri, seperti dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

Batik Kediri

Oleh-oleh khas Kediri di urutan pertama adalah Batik Kediri. Ya, Kediri mempunyai Batik yang khas dan berbeda dari daerah-daerah lain. Sejumlah motif Batik Kediri yakni Simpang Lima Gumul, Candi Tegowangi, Candi Adan-Adan, Sekar Jagat, dan lainnya.

Oleh-Oleh Paling Diburu Wisman

Sambal tumpang

Sambal tumpang menjadi oleh-oleh khas Kediri yang wajib dibawa pulang. Apalagi bila Anda sempat mencoba nasi atau pecel tumpang khas Kediri yang lezat. Dengan sambal tumpang, Anda bisa mengonsumsinya lagi di rumah.

Getuk pisang Kediri

Oleh-oleh khas Kediri lainnya yakni getuk pisang. Ini merupakan sejenis makanan cemilan yang terbuat dari pisang raja nangka yang dibungkus daun pisang dan dibentuk menyerupai lemper. Rasanya manis dan sedikit asam.

Tahu pong

Oleh-oleh khas Kediri berikutnya adalah tahu pong. Ini adalah sejenis tahu yang di dalamnya kosong melompong. Tahu pong biasanya digoreng dan disajikan bersama cabe rawit atau sambal petis.

Keripik bekicot

Oleh-oleh khas Kediri berikutnya ada keripik bekicot. Sesuai namanya, makanan ini memang benar-benar terbuat dari bekicot. Walaupun terdengar aneh, tetapi bekicot memang kerap diolah sebagai makanan, salah satunya keripik.

Baca Juga :   Ragam Kuliner dan Inovasi Anak Siak di Bazar Pojok Ekonomi Kreatif dan Jajanan Siak Bermadah


Tahu takwa

Tahu kuning merupakan oleh-oleh khas Kediri yang cukup populer. Di sana dikenal sebagai Tahu Takwa. Pada dasarnya, ini adalah tahu berwarna kuning, yang disebabkan air rendaman tahu yang diberi kunyit atau pewarna sintesis.

Cokelat tempe

Cokelat tempe juga menjadi oleh-oleh khas Kediri yang unik. Sesuai dengan namanya, cokelat ini memang terbuat dari tempe. Cara buatnya, tempe diiris tipis dan dibalut dengan cokelat. Jajanan ini memiliki cita rasa unik yang manis dan gurih yang pecah di mulut.

Cokelat Tahu Khas Kediri

(Foto: Instagram/@wijayakembar_)

Cokelat tahu

Tidak hanya tempe, ada juga tahu yang dijadikan cokelat. Ya, cokelat tahu adalah oleh-oleh khas Kediri yang wajib dicoba.

Sesuai dengan namanya, cokelat tahu ini terbuat dari tahu yang dipotong dadu. Tahu kemudian digoreng dan dimasukkan ke dalam cetakan cokelat. Rasanya pun unik dengan perpaduan cita rasa gurih, renyah dan manis.

Stik tahu

Oleh-oleh khas Kediri lainnya yaitu stik tahu. Sesuai namanya, camilan ini berasal dari tahu yang digoreng dan dibentuk seperti stik. Bentuknya panjang dan cita rasanya gurih kriuk, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau teman-teman.

Carang mas

Di urutan berikutnya yakni carang mas. Oleh-oleh khas Kediri ini adalah makanan ringan yang terbuat dari ubi jalar. Makanan ini cukup populer dan cocok dijadikan buah tangan dari Kediri.

Tenun ikat bandar

Selain Batik Kediri, souvenir lain yang unik yakni Tenun Ikat Bandar. Ini merupakan oleh-oleh khas Kediri yang terbuat menggunakan alat tenun tradisional. Bila Anda tertarik, Anda bisa membeli produk tenun seperti kain sarung, kain semi sutra, hingga sutra.

Kopi berontoseno

Oleh-oleh khas Kediri di urutan terakhir ada kopi bubuk Berontoseno. Ini cocok bagi pecinta minuman kopi, karena bisa diseduh di rumah. Kopi bubuk ini juga terkenal dan berdiri sejak lama di Kediri.

Baca Juga :   Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Wonosobo, Cocok Untuk Berlibur Bersama Keluarga

Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *