13 Makanan Khas Papua yang Unik, Ada Udang Selingkuh hingga Sarang Semut

Diposting pada

Papua

Makanan khas Papua banyak yang unik dan membuat penasaran untuk mencobanya. Makanan ini diolah dari hasil alam di Papua.

Papua telah dikenal dengan keindahan alamnya yang asri dan eksotis. Namun tidak hanya itu, Papua juga memiliki kekayaan kuliner yang unik dan tentunya memiliki cita rasa khas.

Salah satu kuliner khas Papua yang telah dikenal luas adalah Papeda. Makanan yang terbuat dari bahan dasar sagu ini memiliki rasa yang segar.

Tetapi masih banyak kuliner unik lainnya yang mungkin belum diketahui. Berikut 15 jenis Makanan Khas Papua yang unik seperti dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Papeda

Cara Makan PapedaPapeda (Foto: dok. detikFood)

Papeda terbuat dari sagu yang dimasak hingga kental. Biasanya Papeda disajikan dengan ikan kuah kuning yang dibumbui dengan kunyit, juga dilengkapi dengan sayuran.

Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Tetapi akan terasa nikmat saat dipadukan dengan kuah masakan ikan serta sayur.

2. Udang Selingkuh

Udang khas Papua.Udang Selingkuh (Foto: istimewa)

Kuliner khas Papua yang satu ini memiliki nama yang unik yaitu udang selingkuh. Dinamakan udang selingkuh karena memiliki bentuk tubuh udang namun memiliki capit seperti kepiting.

Jenis udang ini merupakan udang air tawar yang bisa ditemukan di Sungai Baliem, Kabupaten Jayawijaya. Udang jenis ini memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda dari udang pada umumnya.

Dagingnya berserat, sedikit lembut dan rasanya manis seperti daging lobster. Udang selingkuh biasanya dihidangkan dengan dimasak atau digoreng. Bersama itu dimakan dengan bunga pepaya atau tumis kangkung.

Baca Juga :   Menu Khas Banten Hadir di Hotel Santika Premiere ICE-BSD City, Ada Sayur Besan dan Kue Jojorong 

3. Ulat Sagu

5 Fakta Ulat Sagu, Kuliner Ekstrem yang Kaya NutrisiUlat Sagu (Foto: iStock)

Makanan khas papua ini terbilang cukup ekstrim. Bagi orang awam yang baru pertama kali mencobanya, bisa jadi geli atau ketakutan.

Orang papua percaya, bahwa ulat sagu kaya akan manfaat bagi tubuh. Ulat ini mengandung protein yang tinggi yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh.

Sesuai namanya, ulat-ulat sagu ini biasanya ditemukan di batang pohon sagu yang sudah lapuk. Selain dimakan secara mentah, biasanya ulat sagu juga dibakar, digoreng atau dijadikan sate.

Selanjutnya ada kuliner Sarang Semut…

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *