13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Liburan Berkesan

Diposting pada

Provinsi Lampung terletak di ujung selatan Pulau Sumatera. Lampung juga sebagai pintu gerbang masuk keluar masyarakat dari dan menuju daerah-daerah di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Karena letaknya yang strategis, Lampung seringkali dikunjungi banyak wisatawan.

Nah, jika kamu sedang berkunjung ke Lampung, jangan sampai kelewatan untuk membeli oleh-oleh khas Lampung di bawah ini ya! Berikut 13 oleh-oleh khas Lampung wajib kamu bawa pulang.

1. Pie Susu Pisang

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanPie Susu Pisang, Oleh-Oleh Khas Lampung (makananlampung.com)

Mungkin Kamu sering memakan pie susu, olahan makanan bertekstur renyah di luar dan lembu di dalam. Pie susu pun jadi salah satu oleh-oleh khas Lampung. Tapi, pernahkah Kamu mencicipi pie susu pisang?

Oleh-oleh khas Lampung ini merupakan kue pie yang memiliki isian pisang dengan adonan luar yang berbentuk menyerupai pisang. Menarik untuk dicoba bukan?

2. Keripik Pisang

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanKeripik Pisang, Oleh-Oleh Khas Lampung (aklstore.id)

Terkenal sebagai Kota Pisang, Lampung mempunyai banyak sekali makanan olahan pisang yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung. Salah satu makanan olahan pisang yang bisa dibeli dari provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai adalah keripik pisang Lampung.

Selain rasa original, keripik pisang khas Lampung juga memiliki berbagai rasa yang bisa Kamu coba, seperti cokelat, strawberi, susu dan lain-lain.

Baca Juga: Cerita Wilson Dimas Dirikan Aneka Sari Rasa, Toko Oleh-Oleh Terbesar Lampung

3. Sambal Lampung

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanSambal Lampung, Oleh-Oleh Khas Lampung (libur.co)

Lampung juga terkenal sebagai daerah yang memiliki olahan kuliner pedas. Kamu yang doyan masakan pedas, wajib membeli sambal khas lampung nih.

Sambal Lampung memiliki rasa dan aroma pedas yang khas. Karena selain berbahan dasar cabai rawit merah, sambal Lampung juga dicampur dengan bawang putih, sehingga menimbulkan rasa pedas yang mantap. Sangat cocok jika disantap dengan nasi putih hangat dan beragam lauk lainnya.

5. Lempok Durian

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanLempok Durian, Oleh-Oleh Khas Lampung (lampungpost.id)

Lempok adalah kuliner khas Lampung yang memiliki rasa dan tekstur yang mirip sekali dengan dodol yang berasal dari Garut. Proses pembuatannya pun mirip sekali dengan dodol.

Namun, oleh-oleh khas Lampung ini dicampur dengan buah durian lampung sehingga memiliki rasa durian yang khas dan kuat.

Baca Juga: Intip Pembuatan Lapis Legit Lampung, Berat Satu Loyang 4 Kg! 

6. Kemplang

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanKemplang, Oleh-Oleh Khas Lampung (triplampungku.blogspot.com)

Kemplang merupakan jajanan tradisional khas Lampung berbahan dasar ikan. Dengan dicampur dengan berbagai bahan, kemplang kemudian dapat diolah dengan cara dipanggang atau digoreng dengan pasir.

Rasanya yang enak dan gurih, ditambah dengan cocolan sambal yang biasanya disediakan di dalam kemasan kemplang semakin membuat lahap siapa saja yang memakan kemplang.

7. Keripik Nangka

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanKeripik Nangka, Oleh-Oleh Khas Lampung (makananlampung.com)

Tak hanya pisang, nangka pun melimpah di Lampung. Alhasil, warga provinsi setempatmemanfaatkan nangka dan mengolahnya menjadi berbagai olahan kuliner. Salah satunya adalah keripik nangka.

Keripik nangka dari Lampung ini memiliki rasa manis khas nangka dengan tekstur gurih yang didapat dari proses pemanggangan saat memasaknya.

8. Kopi Durian

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanKopi Durian, Oleh-Oleh Khas Lampung (k-link.co.id)

Kamu mungkin sudah biasa meminum kopi, tapi pernahkah Kamu meminum kopi dengan campuran buah durian di dalamnya? Ya, oleh-oleh khas Lampung ini adalah perpaduan antara kopi robusta dan buah durian. Campuran keduanya membuat citarasa unik ketika kamu menyeduhnya.

9. Kopi Lampung

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanKopi Lampung, Oleh-Oleh Khas Lampung (bukalapak.com)

Jika sedang berada di Lampung, jangan lupa membeli kopi khas Lampung. Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia, tentu saja kopi Lampung memiliki rasa yang nikmat. Wajib dibeli para pecinta kopi!

10. Kain Tapis

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanKain Tapis, Oleh-Oleh Khas Lampung (malahayati.ac.id)

Selain oleh-oleh yang berupa makanan dan minuman, Lampung juga memiliki oleh-oleh berupa kain tapis yang memiliki corak khas Lampung berupa flora dan fauna. Kain tapis cocok untuk dijadikan baju adat, terutama bagi para perempuan

11. Souvenir Siger

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanGantungan kunci berbentuk siger. (Instagram.com/radjasouvenir007).

Ikon khas Lampung berikutnya adalah Siger Lampung. Siger merupakan mahkota mempelai wanita terdiri dari tujuh puncak, mahkota ulun (orang) Lampung ini sangat menawan karena dihiasi dengan corak emas yang mewah.

Baca Juga :   Kini Hadir Adin Coffee di Tangsel Dengan Racikan Petik Kopi Buah Merah Khas Lampung  — JURNAL POLISI

Namun jika kamu ingin membeli siger asli, kamu harus merogoh kocek cukup dalam dan ukuran serta beratnya kurang ergonomis untuk dijadikan oleh-oleh. Sehingga kini sudah banyak ditemukan oleh-oleh siger dalam bentuk gantungan kunci yang lucu.

Souvenir siger ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp10.000 hingga Rp100.000 saja. Banyak toko souvenir yang telah menyediakan gantungan kunci ini sehingga tidak sulit untuk mencarinya.

12. Ukiran Khas Lampung

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanUkiran Lampung. (Facebook.com/kriyakayulampung).

Lampung merupakan salah satu kota yang terkenal dengan keindahan ukirannya. Biasanya ukiran Lampung diaplikasikan dalam media kayu, namun tak jarang dalam versi oleh-olehnya, kamu juga akan menemukan ukiran khas Lampung dalam bentuk yang berbeda misalnya gantungan kunci.

Namun kebanyakan, ukiran ini memang dibuat dari kayu dalam berbagai bentuk misalnya rumah adat, patung, pajangan dinding rumah, atau bentuk souvenir lainnya. Kisaran harganya mulai dari Rp150.000 hingga jutaan rupiah. Harga tersebut dapat dikatakan relatif murah karena dalam pembuatannya juga membutuhkan waktu, tenaga, dan kreativitas.

13. Sulam usus

13 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Bikin Liburan BerkesanSiti Rahayu, pengrajin sulam usus di Lampung (IDN Times/Silviana)

Selain tapis, ada satu lagi kain khas Lampung yang tidak banyak orang tahu. Sama-sama mendapat proses penyulaman dengan tangan, sulam usus bisa menjadi alternatif oleh-oleh lainnya.

Sulam usus sangat populer dijadikan sebagai pakaian baik untuk perempuan maupun laki-laki. Namun kini banyak perajin yang membuatnya dalam bentuk lain misalnya tas jinjing, tempat tisu, kopiah, dan lainnya. 

Karena dibuat secara handmade dan butuh ketelitian khusus, proses pembuatan sulam usus memang relatif lama. Bisa berlangsung selama kurang lebih tiga bulan. Kamu bisa memesannya pada pengrajin sulam usus di pinggir Kota Bandar Lampung dengan harga yang cukup pricy.

Nah, itu dia 13 oleh-oleh khas Lampung wajib banget kamu bawa pulang ketika berkunjung ke Lampung. Selain sebagai kenang-kenangan, juga bisa membantu para UMKM yang memproduksi oleh-oleh tersebut lho. Yuk dibeli!

Baca Juga: Jelang 57 Tahun Provinsi Lampung, Yuk Mengenal Kain Tradisional Tapis


Artikel ini bersumber dari : lampung.idntimes.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *