14 Pantai Indah di NTT, Ada yang Berpasir Putih dan Diapit 2 Gunung Halaman all

KOMPAS.com – Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) selalu jadi wilayah menyenangkan untuk mengeksplorasi pantai-pantai yang memanjakan mata.

Banyak di antaranya yang masih asri, serta jarang dikunjungi wisatawan sebab minimnya akses menuju pantai-pantai tersebut.

Baca juga:

Jika sedang berkunjung ke NTT, berikut rekomendasi pantai yang bisa dimasukkan dalam itinerary (rencana perjalanan):

14 wisata pantai di Nusa Tenggara Timur

1. Pantai Sebanjar di Alor

Dokumen Instragram Ireztia Foto: Sunset di Pantai Sebanjar Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor.

Pantai Sebanjar berada di Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, NTT. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari Kota Kalabahi, ibu kota Kabupaten Alor.

Pantai Sebanjar punya sederet daya tarik, mulai dari pasir putih, air laut yang bersih, terumbu karang yang unik, hingga spot Instagramable.

Baca juga: Tradisi Penti, Cara Orang Manggarai Raya NTT Syukuri Hasil Panen

2. Pantai Mali di Alor

Pemandangan teluk dari Pantai Mali, Alor, NTT.Kompas.com/Silvita Agmasari Pemandangan teluk dari Pantai Mali, Alor, NTT.

Pantai Mali berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Bandara Mali, Alor, NTT. Di tepi pantai, kamu bisa menemukan kapal-kapal nelayan yang dapat disewa untuk melihat dugong yang lokasinya ada di tengah laut.

Wisatawan yang ingin bertemu dengan dugong bisa membayar biaya kontribusi, sesuai dengan peraturan yang disepakati pihak pengelola dengan Pemerintah Daerah setempat.

Masyarakat lokal Alor dikenakan tarif Rp 100.000 per orang, sedangkan masyarakat dari luar Alor Rp 150.000 per orang dan wisatawan mancanegara sebesar Rp 200.000 per orang.

Baca juga: Menyapa Mawar, Dugong Jantan Penghuni Selat Pantar Alor NTT

Sebelum berangkat, pawang akan menyampaikan sejumlah aturan yang tidak boleh dilakukan wisatawan saat melihat dugong nantinya, termasuk larangan menyentuh dugong.

“Jangan menyentuh gugong, tidak boleh. Nanti dugong bisa menarik badan kita ke laut,” kata perintis konservasi sekaligus mitra WWF Indonesia di Alor, One Simuslaa, kepada Kompas.com, Sabtu (27/8/2022).

3. Pantai Sunset Under the Sky (Pantai SUT Dampek)

Pantai Sunset Under the Sky atau Pantai SUT Dampek di Lambaleda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (28/7/2022).KOMPAS.com/Markus Makur Pantai Sunset Under the Sky atau Pantai SUT Dampek di Lambaleda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (28/7/2022).

Pantai Sunset in The Sky Dampek, atau dikenal sebagai Pantai SUT Dampek, berada di Desa Satarpadut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Pantai SUT Dampek kerap dijadikan tempat berswafoto dan berjemur oleh wisatawan lokal.

“Setiap sore saat matahari terbenam (sunset), warga lokal dan wisatawan domestik mengunjungi pantai ini untuk berswafoto, juga saat matahari terbit. Bahkan untuk berjemur di pagi hari,” kata Camat Lambaleda Utara, Agustinus Supratman, dikutip dari Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Kehidupan Suku Abui di Desa Adat Takpala Alor, NTT

4. Pantai Laing Lewe di Manggarai Timur

Pantai Laing Lewe, Pantai pasir putih terpanjang di Kabupaten Manggarai Timur, NTT yang terletak di Desa Satarpadut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), Jumat, (29/7/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai Laing Lewe, Pantai pasir putih terpanjang di Kabupaten Manggarai Timur, NTT yang terletak di Desa Satarpadut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), Jumat, (29/7/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Pantai Laing Lewe merupakan Pantai pasir putih terpanjang di Kabupaten Manggarai Timur, NTT. Pantai ini berlokasi di Desa Satar Padut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), tak jauh dari Kota Dampek, ibu kota Kecamatan Lambaleda Timur.

Lokasinya cukup tersembunyi dari jalan raya Trans Pantai Utara (Pantura) dari Labuan Bajo ke Maumere. Saat berwisata, wisatawan harus menyusuri kawasan hutan dari pinggir jalan Trans Pantura, ditemani suara burung dan suara monyet.

Pantai ini masih sangat asli dengan pasir putih yang memanjang dari bagian barat sampai timur sampai Tanjung Laing Lewe.

Pasir putih tidak lengket di badan dan sangat cocok untuk berjemur pada pagi hari. Sore harinya, wisatawan bisa menikmati panorama matahari terbenam.

Baca juga: Pantai Laing Lewe, Pantai Pasir Putih Terpanjang di Manggarai Timur, NTT

5. Pantai Watu Peti di Alor

Mendaki tebing untuk mencapai puncak Watu Peti, NTTKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Mendaki tebing untuk mencapai puncak Watu Peti, NTT

Berjarak sekitar 1,5 jam dari Desa Marisa di Pulau Kangge, NTT, Pantai Watu Peti bisa dicapai dengan sekoci atau kapal sewaan nelayan lokal seharga Rp 60.000 sampai Rp 70.000 per orang.

Adapun nama Watu Peti berasal dari dua kata, “watu” artinya batu dan “peti” artinya peti, sehingga watu peti berarti batu yang menyerupai peti.

Watu Peti ini ada di tepi pantai, namun agak menjorok ke lautan. Ukurannya tidak begitu besar dan berwarna gelap seperti bebatuan karang pada umumnya.

Keindahan gradasi warna air laut hijau kebiruan, ditambah lagi halusnya butiran pasir di Watu Peti, menjadi paket lengkap untuk menenangkan jiwa.

Baca juga: Pesona Watu Peti NTT, Konon Dulunya Peti Harta Karun Putri Kerajaan

6. Pantai Fata di Kabupaten Sikka

Foto: Pemandangan saat matahari terbenam di Pantai Fata, Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka.Dokumen Bintang Ture Foto: Pemandangan saat matahari terbenam di Pantai Fata, Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka.

Pantai Fata berada di Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, NTT. Lokasinya mudah dijangkau menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, bahkan bersepeda.

Pantai Fata jadi lokasi yang tepat untuk sekadar menikmati matahari terbenam.

Baca juga: Mengejar Momen Matahari Terbenam di Pantai Fata NTT

7. Pantai Nanga Lirang

Pantai Nanga Lirang sangat cocok menikmati matahari terbenam di Desa Satarpadut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Minggu, (31/7/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai Nanga Lirang sangat cocok menikmati matahari terbenam di Desa Satarpadut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Minggu, (31/7/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Rekomendasi tempat lainnya untuk berburu sunset di NTT adalah Pantai Nanga Lirang.

Lokasinya di Desa Satarpadut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Suasananya masih sepi, sebab belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini.

Baca juga: Berburu Matahari Terbenam di Pantai Nanga Lirang NTT

8. Pantai Mbolata di Manggarai Timur

Pantai Mbolata di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur, NTT, Senin, (18/4/2022) menjadi tujuan wisata dari wisatawan lokal dari daerah pegunungan. Berwisata Membangun Persaudaraan. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai Mbolata di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur, NTT, Senin, (18/4/2022) menjadi tujuan wisata dari wisatawan lokal dari daerah pegunungan. Berwisata Membangun Persaudaraan. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Pantai Mbolata berlokasi di kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Uniknya, pantai ini diapit oleh dua gunung. Di sisi barat Pantai Mbolata ada Gunung Komba, sehingga wisatawan bisa melihat pemandangan padang sabana Mausui.

Sementara itu, di sisi timur, wisatawan bisa melihat Gunung Inerie yang menjulang tinggi di Kabupaten Ngada.

Baca juga: Pantai Mbolata di Manggarai Timur, Lihat Indahnya Gunung Komba dan Inerie

9. Pantai Koka

Ilustrasi Pantai Koka, Maumere, Nusa Tenggara Timur.SHUTTERSTOCK/PANCAJAYA Ilustrasi Pantai Koka, Maumere, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Koka terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, NTT.

Pantai ini diapit dua bukit kecil, yakni Rodja di sebelah barat dan Bukit Ndate Sare di sebelah timur.

Di pantai ini wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas, dari berselancar, bermain air, berenang, hingga duduk santai menikmati suasana.

Baca juga: Menikmati Indahnya Pesona Pantai Koka di Sikka Flores

10. Pantai Bondei

Berjemur di Pantai Bondei, Kel. Tana Rata, Kec. Kota Komba Kab. Manggarai Timur, NTT belum lama ini. (KOMPAS.com/DOK ADE MANUBELLU DARI KOMUNITAS MOTOR TRAIL BORONG)KOMPAS.com/DOK ADE MANUBELLU DARI KOMUNITAS MOTOR TRAIL BORONG) Berjemur di Pantai Bondei, Kel. Tana Rata, Kec. Kota Komba Kab. Manggarai Timur, NTT belum lama ini. (KOMPAS.com/DOK ADE MANUBELLU DARI KOMUNITAS MOTOR TRAIL BORONG)

Keberadaan Pantai Bondei, di Kelurahan Tana Rata, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, bisa dibilang masih tersembunyi.

Hal ini karena hanya sebagian kecil pelancong lokal yang pernah menjelajahi keindahan Bondei. Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (6/5/2022), akses jalan yang masih berupa tanah menjadi salah satu penyebabnya. 

Pantai berpasir putih ini berada di pantai Selatan dari Kabupaten Manggarai Timur. Dari pantai, pengunjung bisa menyaksikan Laut Sawu. Biasanya, warga setempat berkunjung ke tempat ini untuk menangkap ikan.

Baca juga: Pantai Bondei di NTT, Keindahan Pasir Putih Alami yang Masih Terjaga

11. Pantai Maimol

Tepi Pantai Maimol, Alor, NTTKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Tepi Pantai Maimol, Alor, NTT

Di Alor, wisatawan tidak akan menemukan pusat perbelanjaan besar seperti mal.

“Kalau di Alor enggak ada mal, orang Alor mal-nya ya Pantai Maimol ini,” kata pemandu Mala Tour, Mika, kepada Kompas.com, Kamis (25/8/2022).

Jarak Pantai Maimol dari Bandara Mali di Kabupaten Alor, NTT, hanya sekitar enam kilometer dan dapat ditempuh sekitar 10 menit perjalanan darat.

Di pantai ini kamu bisa bersantai menikmati desiran ombak sembari meminum air kelapa yang dijajakan.

Baca juga: Menyusuri Pantai Utara Flores NTT dari Maumere ke Labuan Bajo

12. Pink Beach Labuan Bajo

Pink Beach di Komodo National Park. SHUTTERSTOCK/PRAWAT THANANITHAPORN Pink Beach di Komodo National Park.

Tidak sah rasanya jika tak mampir ke Labuan Bajo saat berada di NTT.

Nah, Pink Beach yang ikonis ini tentu harus masuk dalam daftar itinerary, sebab pesona warna pasirnya yang unik telah mendunia.

Pantai Pink ini juga dikelilingi tebing dan gunung-gunung kapur khas Pulau Komodo. Kawasan ini juga menjadi tempat snorkeling guna melihat keunikan satwa dan keanekaragaman hayati bawah lautnya. 

Baca juga: Kenapa Pasir Pink Beach di Flores, NTT Berwarna Merah Muda?

13.  Pantai Waecicu

Keindahan matahari terbenam di Pantai Waecicu, Managgarai Barat, NTT, menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berwisata di pantai itu, Rabu (30/8/2017).KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Keindahan matahari terbenam di Pantai Waecicu, Managgarai Barat, NTT, menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berwisata di pantai itu, Rabu (30/8/2017).

Pantai Waecicu merupakan pantai berpasir putih, dengan ombak yang cenderung tenang sehingga cocok untuk para wisatawan yang ingin bersantai. 

Jaraknya dari Bandara Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, NTT, sekitar lima kilometer, dengan waktu tempuh 13 menit. 

Adapun sejumlah kegiatan bisa dilakukan pengunjung di Pantai Waecicu, mulai dari berenang, naik perahu, menikmati pemandangan sunset, hingga bersantai di pinggir pantai. 

Terdapat sejumlah penginapan di dekat Pantai Waecicu yang dapat disewa oleh wisatawan.

Baca juga: Melancong ke Waecicu, Pantai Berpasir Putih di Labuan Bajo

14. Pantai Pulau Padar

Pulau Padar di Labuan bajoWonderfulimage.id Pulau Padar di Labuan bajo

Pulau Padar di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT, tak hanya dikenal sebagai habitat komodo, namun juga sebagai salah satu spot Instagramable yang populer di Labuan Bajo.

Bila naik ke bukit di Pulau Padar, kamu bisa melihat lanskap alam, baik darat maupun perairan Labuan Bajo.

Dari atas ketinggian, semua obyek dapat terlihat jelas dan kecil. Seperti kapal-kapal wisata, pantai, bukit-bukit, dan pemandangan lautan lepas. Biasanya, wisatawan yang gemar memotret akan datang sore hari menjelang malam untuk mendapatkan angle foto terbaik di lokasi ini.

Baca juga: Syarat Berwisata ke Padar Selatan di TN Komodo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari : travel.kompas.com.

Tinggalkan komentar