15 Kuliner Khas Manado dari Pedas hingga Manis, Pernah Coba?

Diposting pada

Makassar

Kuliner khas Manado memiliki cita rasa yang beragam. Banyak makanan khas Manado yang memiliki rasa yang eksotik dan menggugah selera.

Manado merupakan salah satu surga kuliner yang ada di Indonesia. Bahkan, julukan Manado adalah Kota Tinutuan, yang tidak lain adalah salah satu nama makanan khasnya.

Banyak sekali kuliner khas Manado yang telah dikenal di Nusantara, diantaranya ayam rica-rica dan bubur Manado. Berbagai jenis kuliner khas Manado lainnya juga patut dicoba, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan.

Kuliner khas Manado memang terkenal dengan cita rasa pedas, namun ada beberapa kuliner juga menawarkan rasa manis yang khas.

Berikut 15 kuliner khas Manado yang dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Tinutuan

tinutuan, bubur manado untuk sarapantinutuan atau bubur manado (Foto: Instagram)

Kuliner khas Manado yang paling terkena adalah Tinutuan atau biasa disebut Bubur Manado. Berbeda dengan bubur pada umumnya, Tinutuan dibuat dengan bahan dan cara pengolahan khas masyarakat Manado.

Sajian ini terbuat dari beras, jagung, labu kuning, serta sayuran hijau. Biasanya, Tinutuan disajikan sebagai menu sarapan.

Tinutuan biasa dihidangkan dengan ikan asin, perkedel nike, perkedel jagung, dan sambal roa. Selain itu juga ada sebagian penduduk Manado yang mencampurkan tinutuan dengan mie atau sup brenebon kacang merah.

2. Ayam Woku Belanga

Resep Ayam Woku BalangaAyam Woku Balanga (Foto: Dok.Lindayani)

Kuliner khas Manado selanjutnya adalah ayam woku belanga. Ayam dengan olahan khas Manado ini memiliki cita rasa pedas gurih.

Woku pada makanan ini merujuk pada bumbu masakan khas Manado yang mempunyai cita rasa tinggi. Rempah yang digunakan pada masakan ini cukup banyak diantaranya cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, jahe, serai, kunyit, daun jeruk, daun kunyit, daun kemangi, daun pandan, daun bawang, tomat, dan air perasan jeruk nipis.

Baca Juga :   7 Makanan Khas Bangka Belitung, Tidak Hanya Lempah Kuning Halaman all

Meskipun menggunakan bumbu cukup banyak, ayam woku belanga tidak memerlukan waktu masak yang lama. Ayam woku belanga mempunyai dua versi, bisa dibuat berkuah kental ataupun dibuat encer.

3. Pampis

Pampis Ikan Tongkol, a traditional seafood dish from Manado, Sulawesi. Shredded mackerel fish cooked in spicy spice mixture, then garnished with red chili pepper and lime halves. The food is plated on a leaf-shaped ceramic plate that has been lined with a banana leaf of similar size. The plate is arranged on a tray lined with a straw mat. Accompanied with fried tempeh (soybean cakes).Pampis (Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008)

Pampis merupakan kuliner khas Manado yang terbuat dari suiran daging ikan. Biasanya masyarakat Manado menggunakan ikan calang untuk membuat Pampis.

Tetapi kuliner khas Manado ini juga bisa dibuat menggunakan ikan lainnya yang memiliki daging tebal, seperti ikan tongkol. Suwiran ikan diberi bumbu khas Manado sehingga memiliki cita rasa yang gurih.

Pampis bisa dimakan langsung sebagai lauk, selain itu juga bisa menjadi isian seperti lemper atau panada.

4. Nasi Kuning Khas Manado

nasi kuning Manado untuk sarapanNasi kuning Manado (Foto: Instagram)

Nasi kuning khas Manado berbeda dengan yang biasanya ditemui. Nasi kuning khas Manado memakai ragam lauk yang khas Manado.

Karena Manado terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah, lauk nasi kuningnya menggunakan olahan ikan cakalang. Selain lauk ikan cakalang, ada juga lauk kering talas (bete) atau ubi, bihun goreng, telur rebus, dan sambal roa yang pedas menyengat.

5. Ikan Kuah Asam

Resep Ikan Kuah Asam PedasIkan Kuah Asam (Foto: iStock)

Masih berbahan ikan, kuliner khas Manado lainnya adalah ikan kuah asam. Seperti namanya, rasa dari makanan ini memiliki cita rasa asam.

Selain asam, kuliner khas Manado juga mempunyai cita rasa pedas agar tidak menghilangkan ciri khas kuliner kota Manado. Adapun tingkat kepedasan yang dimiliki bisa diatur sesuai selera, tergantung pembuatnya.

Selanjutnya Ayam Isi Buluh…

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *