15 Oleh-oleh Khas Malang, Sari Apel hingga Cokelat Tempe

Diposting pada

Malang

Malang Raya menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat Jawa Timur saat akhir pekan. Saat berwisata ke kawasan ini, jangan lupa untuk membeli oleh-olehnya. Sebab, jenis oleh-oleh khas Malang sangat beragam.

Oleh-oleh khas Malang ini terdiri dari makanan, minuman, perabotan, hingga kain atau pakaian. Anda bisa menemukannya di sejumlah toko oleh-oleh sekitar Malang Raya. Mulai dari Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu

Ada beberapa oleh-oleh khas Malang, seperti keripik buah, aneka olahan telo dan tempe, pia mangkok, onde-onde, dan lain-lain. Anda pun bisa membeli oleh-oleh minuman seperti sari apel.

Sejumlah UMKM di Malang kerap melakukan inovasi pada produk tersebut. Misalnya ubi atau telo ungu yang tidak hanya diolah menjadi keripik atau bakpao, namun juga produk lain seperti mie telo dan es krim telo. Ada juga tempe yang diolah menjadi cokelat tempe.

Produk jajanan asal Malang ini dikenal akan cita rasanya. Baik manis, asam, sampai gurih. Selain itu, ada juga oleh-oleh khas Malang berupa kerajinan keramik atau batik.

Anda pun tak perlu bingung untuk mencari oleh-oleh khas Malang. Tim detikJatim telah merangkumkannya untuk Anda.

15 Oleh-oleh Khas Malang

1. Keripik Buah

Malang dikenal dengan produksi buahnya yang melimpah. Buah ini diolah menjadi berbagai produk jadi, salah satunya keripik buah. Anda akan menemukan beragam keripik buah yang diproduksi oleh UMKM di Malang.

Keripik ini dibuat dari buah-buahan yang dikeringkan. Mulai dari keripik apel, keripik nangka, keripik pisang, keripik nanas, keripik melon, dan lain-lain. Teksturnya pun cenderung empuk dan lembut.

Baca Juga :   Usaha Murah, Meriah Untuk Yang Muda

Anda bisa menemukan aneka oleh-oleh keripik Malang di berbagai lokasi. Seperti Toko Keripik Buah Lancar Jaya di Jalan Tumenggung, Keripik Buah Sari Rasa di Jalan Simpang Cengger Ayam, dan lain-lain.

Varian camilan berbahan baku Apel oleh-oleh khas Malang.Keripik Buah Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim

2. Sari Apel

Salah satu ikon Malang adalah apel. Rasa Apel Malang cenderung manis dan sedikit asam. Buah ini ternyata diolah menjadi beragam produk, salah satunya sari apel.

Sesuai namanya, Sari Apel berasal dari pengepresan buah apel dengan penambahan bahan lain. Biasanya, minuman ini dijual dengan kemasan gelas plastik. Anda akan mudah menemukannya di pusat oleh-oleh Malang.

Selain itu, Anda bisa langsung membeli sari apel ini di pusatnya, seperti Kusuma Agrowisata Batu dan Toko Sari Apel Brosem Jalan Terusan Sigura-gura, Sukun, Kota Malang.

Varian camilan berbahan baku Apel oleh-oleh khas Malang.Sari Apel Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim

3. Aneka Olahan Telo

Selain buah, hasil pertanian di Malang juga tak kalah melimpah. Misalnya ubi jalar atau yang kerap disebut ubi ungu (bahasa jawa: telo). Telo di Malang diolah menjadi aneka ragam makanan dan minuman.

Seperti keripik telo, bakpao telo, mie telo, hingga es krim telo. Olahan telo ini bisa Anda temui di berbagai toko oleh-oleh di Malang Raya.

Repoeblik TeloBapao Telo Foto: (Dok. Repoeblik Telo)

4. Pia Mangkok

Oleh-oleh pia ternyata tidak hanya tersedia di Yogyakarta, Malang pun memiliki jajanan pia yang khas. Salah satu pia yang legendaris adalah Pia Mangkok.

Tekstur dan rasanya mirip seperti pia pada umumnya. Namun, pia mangkok cenderung berukuran lebih besar. Anda pun bisa memilih aneka rasa yang tersedia.

5. Keripik Tempe

Tempe Malang juga dikenal dengan kelezatannya. Karenanya, sejumlah UMKM di Malang berinovasi untuk mengkreasikan produk berbahan dasar tempe ini.

Baca Juga :   Biadab! Ayah di Bengkulu Rudapaksa Anak Kandungnya Sejak Umur 10 Tahun, Diancam Tak Berikan Uang Jajan

Salah satunya dengan membuat Keripik Tempe. Keripik ini dikenal sangat lezat, bertekstur renyah, dan bercita rasa gurih.

Keripik tempeKeripik tempe Foto: My Purwokerto

6. Cokelat Tempe

Tempe di Malang tidak hanya diolah menjadi Keripik. Baru-baru ini, ada produk cokelat tempe produksi UMKM di Malang.

Perpaduan manisnya cokelat dipadu dengangurihnya tempe, pastinya membuat Anda penasaran. Anda pun bisa membeli cokelat tempe produksi dekonco Malang.

Cokelat Tempe dekoncoCokelat Tempe dekonco Foto: omiyago.com

Baca oleh-oleh khas Malang di halaman selanjutnya

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *