15 Oleh-Oleh Khas Solo, Camilan Enak hingga Suvenir Cantik dan Unik

Diposting pada

SOLO, iNews.id – Oleh-oleh khas Solo merupakan salah satu yang wajib dibeli saat singgah di Solo. Oleh-oleh bisa berupa barang atau makanan yang otentik kota tersebut yang jarang ditemui di kota lainnya.

Solo merupakan wilayah yang kaya akan budaya dan kuliner, sehingga tidak heran jika Solo dijadikan destinasi wisata baik warga lokal maupun mancanegara. Tak afdal rasanya jika datang ke Solo, tidak membawa buah tangan ciri khas kota tersebut.

Berikut oleh- oleh khas Solo yang wajib dibeli sebagai kenangan:

1. Brem Khas Solo

Makanan tradisional ini juga bisa menjadi buah tangan ketika mengunjungi kota yang juga dikenal dengan nama Surakarta itu. Brem sangat unik dan berbeda dengan brem yang ditemui di tempat lainnya, terutama soal rasa yang terbilang menjadi brem paling enak. 

Brem ini berbentuk bulat dan padat dengan warna putih terbuat dari peragian air tape, sehingga rasanya unik dari sari tape yang diolah.

2. Serabi Notosuman

Salah satu oleh-oleh paling populer di Solo. Serabi Notosuman terdapat keunikan, yakni memiliki dua varian plan atau  tawar  dan rasa cokelat. Selain bisa dinikmati langsung di tempat, serabinya juga dapat dikemas untuk dibawa pulang. 

Salah satu outlet serabi yang terkenal berada di Jalan Moh. Yamin, No. 28, Solo.

3. Kerupuk Intip

Camilan yang tak boleh dilewatkan untuk oleh-oleh. Selain itu mudah untuk mendapatkan camilan berbentuk bulat lebar ini karena banyak sekali penjual intip solo dengan berbagai tempat, seperti pasar Singosaren hingga Pasar klewer.

Baca Juga :   Pondok Pesantren Ardaniah Gelar Kenaikan Sabuk Pencak Silat

Intip merupakan kerak nasi yang dijemur hingga kering lalu digoreng dengan minyak panas. Rasanya gurih dan renyah. Harganya juga sangat terjangkau dan ramah di kantong. 

4. Serbat Jahe

Merupakan minuman tradisional berbahan dasar rempah-rempah seperti jahe, sereh dan kayu manis. Minuman bercita rasa manis serta mampu menghangatkan tubuh.

Serbat jahe dibuat dalam bentuk tablet yang besar. Untuk membuatnya, tinggal memasukkan ke dalam gelas dan tuangkan air panas.  Minuman ini cocok dikonsumsi saat musim hujan tiba.

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel:


Artikel ini bersumber dari : jateng.inews.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *