15 Oleh-oleh Khas Surabaya untuk Buah Tangan

Diposting pada

Surabaya

Surabaya dikenal sebagai kota terbesar kedua di Indonesia. Kota metropolitan ini juga dikenal dengan pusat bisnis.

Karenanya, Surabaya juga kerap dikunjungi masyarakat luar daerah. Baik untuk berbisnis, berwisata, maupun sekedar mengunjungi kerabat.

Saat Anda berkunjung ke Surabaya, sempatkan membeli oleh-oleh khas Surabaya. Sebab, ada beragam jenis oleh-oleh khas Surabaya yang bisa menjadi pilihan Anda. Mulai dari makanan, minuman, hingga kain atau pakaian.

Salah satu oleh-oleh Surabaya adalah Almond Crispy. Yakni jajanan yang bertekstur crunchy dan rasanya manis. Ada juga aneka Sambal Bu Rudy yang pedasnya nampol di lidah.

Jika bosan dengan makanan atau minuman, Anda pun bisa memilih opsi oleh-oleh khas Surabaya lainnya. Seperti batik Surabaya hingga kaos Cak Cuk Surabaya.

Anda pun tak perlu bingung untuk memilihnya. Tim detikJatim telah merangkumkan 15 oleh-oleh khas Surabaya. Simak rinciannya berikut ini.

15 Oleh-oleh khas Surabaya

1. Spikoe Kuno Surabaya

Spikoe atau Spiku merupakan kue kuno sejenis bolu. Spiku terkenal karena resepnya yang klasik dan tetap dipertahankan hingga kini. Spiku dibuat dua lapis, yakni lapis cokelat di bawah dan kuning di atasnya.

Serta dilengkapi dengan kismis dan selai di bagian tengahnya. Teksturnya yang empuk dan lembut. Cita rasanya pun legit dan cocok untuk ngeteh di sore hari.

Anda pun bisa mendapatkan spiku di berbagai pusat oleh-oleh Surabaya. Salah satu spiku yang terkenal adalah Spikoe Resep Kuno.

Baca Juga :   Resep Ikan Goreng Bala Rica Khas Gorontalo, Bikin Ketagihan
Spikoe Resep KunoSpikoe Resep Kuno Foto: Instagram

2. Sambal Bu Rudy

Siapa yang tidak tahu Sambal Bu Rudy? Sambal yang diwadahi botol plastik ini sangat legendaris. Sebabnya, pedasnya benar-benar nampol dan nikmat.

Ada beragam varian Sambal Bu Rudy. Namun, favorit pelanggan adalah Sambal Bawang. Selain enak buat disantap sendiri, sambal Bu Rudy juga sudah menjadi oleh-oleh wajib saat berlibur ke Kota Pahlawan.

Kini, pusat oleh-oleh Bu Rudy memiliki 4 cabang. Yakni di Jalan Dharmahusada 144, kemudian di Jalan Anjasmoro, Pasar Atom Mal Lt 4, dan Jalan Raya Kupang Indah 5 Surabaya

sambalSambal Bu Rudy Foto: (detikFood)

3. Kue Kacang

Sebagian masyarakat Jawa Timur sudah tak asing dengan jajanan Kue Kacang. Jajanan yang berbahan dasar kacang tanah dan tepung terigu ini berbentuk bulat seperti koin, namun sedikit lebar dan tebal.

Saat digigit, teksturnya lembut dan sedikit crunchy karena buliran kacang tanahnya masih sangat terasa. Rasanya pun cenderung manis. Anda pun bisa membeli jajanan ini di berbagai pusat oleh-oleh Surabaya.

Kue Kacang Mak Enak Asli JemberKue Kacang Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

4. Ikan Asap dan Ikan Panggangan

Jika anda pecinta ikan, Surabaya adalah surganya. Ada banyak oleh-oleh olahan ikan yang bisa Anda beli. Seperti ikan asap dan ikan panggangan yang sangat nikmat dan bercita rasa ‘smokey’.

Anda pun tak perlu khawatir. Olahan ikan itu sudah divakum sehingga keawetannya terjaga dengan baik. Anda dapat menemukan berbagai olahan ikan itu di Sentra Ikan Bulak (SIB) Jalan Sukolilo 7 No 24 dan sepanjang Jalan Kejawan, Kenjeran.

Sejumlah warga yang merupakan nasabah BRI membuat ikan asap di kawasan Desa Wonosari, Demak, Jawa Tengah, Sabtu (6/3). Sebagai daerah pesisir pantai utara (Pantura) Jawa, Demak termasuk daerah penghasil ikan laut terbesar di Jawa Tengah. Tak heran, jika banyak bermunculan aktivitas usaha di bidang pengolahan ikan, seperti halnya ikan asap.Ikan Asap Foto: Pradita Utama

5. Kerupuk Ikan

Masih di kawasan Surabaya Utara, ada banyak aneka makanan dari hasil olahan tangkapan laut yang tersedia. Seperti aneka kerupuk ikan yang bisa Anda dapatkan di kawasan Pantai Kenjeran.

Baca Juga :   Mengenal Cenil dan 5 Temannya yang Menggugah Selera

Ada beragam kerupuk ikan. Seperti kerupuk ikan payus, kulit ikan, kerupuk udang, kerupuk ikan tenggiri, dan masih banyak lagi. Kerupuk itu tersedia dari yang matang maupun mentah dan siap digoreng.

6. Lapis Kukus Surabaya

Lapis Kukus juga menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Kue sejenis bolu ini memiliki beragam rasa. Di atasnya diberi topping parutan keju.

Jajanan ini memiliki cita rasa yang nikmat dan lembut. Tak heran jika outlet-nya banyak tersebar di Kota Pahlawan ini.

Baca oleh-oleh khas Surabaya lainnya di halaman selanjutnya

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *