17 Tempat Bersejarah di Indonesia

TANGERANG, iNews.id – Ada beberapa tempat bersejarah di Indonesia. Tempat tersebut menjadi saksi perjalanan bangsa Indonsia dari zaman kerajaan hingga kemerdekaan. 

Tempat bersejarah ini sebagian besar menjadi destinasi wisata. Banyak nilai sejarah yang bisa digali dari tempat-tempat tersebut, terumata generasi sekarang agar lebih menghormati bangsa yang majemuk ini. 

Berikut tempat bersejarah di Indonesia yang dirangkum dari beberapa sumber :

Berada di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Merupakan candi terbesar di dunia. 

Candi yang memiliki banyak patung Buddha ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. 

2. Candi Prambanan, Yogyakarta

Berada di Jalan Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Memiliki kisah erat dengan Roro Jonggrang, legenda ini menceritakan seorang putri cantik yang dikutuk menjadi candi oleh orang yang mencintainya, yakni Bandung Bondowoso. 

Bangunan candi juga memiliki relief kisah Ramayana dan Kresnayana. Tak heran, pada momen tertentu, pengunjung dapat menikmati sendratari Ramayana yang terkenal dengan latar bangunan candi yang megah.

3. Masjid Baiturrahman, Aceh

Merupakan masjid peninggalan Kesultanan Aceh yang dibangun pada 1022 H oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Masjid ini menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia ketika Belanda mendeklarasikan perang dan melawan Kesultanan Aceh dengan melepaskan meriam ke daratan Aceh menggunakan kapal perang Citadel Van Antwerpen. 

Pada 1873, Belanda berhasil menguasai Masjid Raya Baiturrahman. Namun, Kesultanan Aceh melakukan perlawanan dan memenangkan pertempuran tersebut dengan mengalahkan pasukan Belanda yang dipimpin oleh Johan Harmen Rudolf Kohler yang membawa 3.198. 

Kesultanan Aceh memenangkan peperangan tersebut dan berhasil merebut kembali apa yang sudah Belanda ambil.  

4. Jam Gadang, Bukittinggi

Merupakan bangunan ikonik di Sumatera Barat. Menara Jam Gadang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda sejak 1926 dengan ketinggian mencapai 26 meter. 

Uniknya, menara ini dibangun tanpa menggunakan besi penyangga dan semen. Tak hanya itu, jam gadang juga dibangun menggunakan bahan tradisional seperti kapur, putih telur dan pasir putih. 

5. Istana Maimun, Medan

Merupakan istana kebesaran untuk Kerajaan Deli didominasi warna kuning menjadi warna kebesaran khas Kerajaan Melayu. Istana ini merupakan salah satu ikon dari kota Medan, Sumatera Utara. 

Istana tersebut mulai dibangun ketika Kesultanan Deli yang dipimpin oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada  26 Agustus 1888 oleh arsitek TH Van Erp yang juga bekerja sebagai Koninklijk Nederlands-Indische Leger (KNIL) atau tentara Kerajaan Hindia-Belanda. 

Di istana ini terdapat meriam legendaris, yang disebut Meriam Puntung. Istana Maimun selalu menjadi salah satu objek wisata sejarah menarik di Medan bukan hanya karena nilai sejarahnya saja, tapi banyak orang yang mengagumi desain interior dan eksteriornya yang unik dan sangat mewakili kebudayaan Melayu dengan mengadopsi gaya Islam, India, Italia dan Spanyol.

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel:


Artikel ini bersumber dari : jateng.inews.id.

Tinggalkan komentar