3 Aneka Resep Makanan Khas Banjarmasin Paling Fenomenal

Diposting pada

IntipSeleb Gaya Hidup – Berbagai macam makanan khas Banjarmasin memang memiliki keunggulan rasa tersendiri. Indonesia yang kaya akan aneka ragam makanan dan kuliner, pantas dijuluki sebagai wilayah yang banyak memiliki makanan enak di dunia.

Beda tempat beda rasa, itu slogan yang cocok untuk kaum pencinta kuliner dan suka dengan makanan tradisional khas daerah. Di Banjarmasin sendiri, banyak makanan yang berhasil membuat wisatawan ketagihan.

Selain soto Banjar, ada juga berbagai olahan lain seperti makanan dan kue khas tradisional Banjarmasin yang patut kalian coba. Kalau soal rasa? Jangan di tanya! Dijamin bikin perut kenyang dan ketagihan deh.

Nah sobat IntipSeleb pada saat berkunjung ke kota Kalimantan bagian selatan tersebut kalian tak usah khawatir, karena banyak sekali kuliner dan jajanan yang di jajahkan, dan yang pastinya ramah di kantong. Untuk pelancong yang berkunjung ke Banjarmasin, sebaiknya siapkan uang kecil, dan juga pastikan kalian sedang tidak diet ya, hehe. Sebab jika ke Banjarmasin sedang program diet, sudah pasti gagal karena tergiur makanannya lho.

Tak hanya memperkenalkan jenis makanan dan olahannya saja, kali ini IntipSeleb Gaya Hidup akan memberikan resep juga agar kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Jangan heran, pastikan kalian baca artikel ini sampai tuntas ya, berikut penjelasan dan resepnya, Chek it out!

1. Soto Banjar Paling Fenomenal

Pinterest

Foto : Pinterest

Hidangan soto ini tentu memiliki ciri khas dari hidangan soto lainnya. Rasanya enak dengan menggunakan bahan utama ayam. Soto khas Banjar biasanya menggunakan bahan utama dada ayam suwir. Cara meracik bumbu serta kuah kaldunya cukup sederhana.

Soto Banjar ini memiliki ciri khas kuah yang agak keruh, karena kuahnya dicampur dengan krimer ataupun susu bubuk. Namun apabila Anda lebih menyukai kuah yang agak bening, Anda bisa melewatkan bahan tersebut. Serta paling enak soto ini dinikmati bersama dengan lontong ataupun ketupat dan perkedel serta telur.

Cocok dijadikan hidangan saat hujan turun, soto banjar ini tidak menghabiskan banyak budget, jika kalian membuatnya sendiri di rumah. Jangan lupa untuk membuat rasa soto banjar semakin nendang, kalian wajib menyediakan kerupuk untuk dinikmati bersama hangatnya kuah soto.

Resep Soto Banjar:

✓1 ekor ayam kampung, bisa dipotong menjadi 4 atau beberapa bagian

✓1500 ml air yang digunakan untuk merebus ayam

✓2 buah kentang yang sudah direbus dan dipotong-potong

Baca Juga :   Rekomendasi Objek Wisata dan Kuliner di Bumi Menoreh Kulon Progo

✓100 gram soun yang sudah direndam dengan air

✓5 batang seledri dirajang

✓1 buah ketupat Banjar, yang sudah dipotong-potong

✓1 batang kayu manis

✓2 sdm kecap asin

✓4 butir telur ayam yang sudah direbus dan dibelah 2 bagian

✓4 buah perkedel

✓2 buah jeruk nipis

✓4 sdm minyak goreng untuk menumis

✓Bawang goreng, secukupnya

✓4 siung bawang merah

✓3 siung bawang putih

✓½ sdt adas

✓½ sdt jintan

✓3 cm jahe

✓2 cm kunyit

✓½ sdt lada putih bubuk

✓1 sdt garam

Proses pembuatannya:

1. Siapkan panci dan panaskan air. Rebus ayam dengan kayu manis dan garam hingga mendidih dan teksturnya empuk.

2. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan menggunakan minyak goreng sampai harum. Kemudian, masukkan ke dalam rebusan ayam. Rebus kembali ayamnya.

3. Angkat ayam dari rebusan, lalu tiriskan sampai dingin. Kemudian, suwir-suwir ayam tersebut.

4. Di dalam mangkuk, susunlah ketupat, soun, perkedel, kentang rebus, telur ayam, dan suwiran ayam. Lalu, siram dengan kuah soto.

5. Pelengkapnya, taburkan bawang goreng, seledri, dan perasan jeruk nipis.

6. Soto Banjar khas Kalimantan Selatan siap dihidangkan untuk keluarga

2. Kue Bingka Kentang

Pinterest

Foto : Pinterest

Apakah kalian mengenal jajan khas Banjar bernama Bingka? Bingka adalah kue andalan Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Rasanya sangat manis, enak, dan lembut. Bingka menjadi salah satu kue yang dipakai dalam tradisi Banjar untuk menyajikan 41 jenis kue pada acara-acara istimewa seperti pernikahan.

Pada umumnya, bingka dipanggang dengan cetakan berbentuk bunga. Bingka memiliki beberapa rasa yang didapat dari bahan tambahannya seperti bingka tapai, bingka kentang, bingka labu, bingka pandan, dan lain sebagainya. Selain itu, ada jenis bingka lain yang menjadi favorit orang Banjar dalam bulan puasa, yakni “bingka barandam.

Bingka yang diberi kuah manis dari gula dan pandan. Membayangkan saja sudah ngiler bukan? Ya, selain menjadi kue khas Suku Banjar, bingka juga terkenal di provinsi-provinsi tetangga seperti Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Resep Kue Bingka Banjar:

1. Ambil 500 g Tepung beras

2. Gunakan 200 g Tepung terigu

3. Gunakan 2 biji telur

4. Siapkan 1 butir Kelapa (ambil santannya)

5. Gunakan 2 biji gula merah (sesuai selera)

6. Sediakan secukupnya Labu kuning (waluh) kukus haluskan

7. Gunakan secukupnya Kurma Untuk toping

8. Siapkan sesuai selera Gula pasir

9. Gunakan Secukupnya Perasa pandan

10. Siapkan secukupnya Garam

11. Gunakan secukupnya Minyak goreng

Proses pembuatannya:

1. Rebus gula merah hingga larut

Baca Juga :   KULINER JOGJA : Kindai Warung Masakan Banjar, Menu Wajib yang Perlu Dicicipi

2. Rebus santan kental perahan pertama sampai mengeluarkan minyak

3. Rebus santan cair bersama gula pasir hingga Mendidih

4. Campurkan tepung,telur,garam dan Air dingin aduk hingga larut lalu tuangkan rebusan air santan mendidih tadi sedikit sedikit

5. Bagi adonan sesuai selera untuk yang original pakai gula merah cair, untuk hijau pandan gunakan pasta pandan,untuk kuning campurkan labu kuning sesuai selera

6. Bakar loyang bingka diatas api lalu oles minyak secukupnya tuangkan adonan secukupnya lalu ketika hampir matang beri areh / tai lala / kurma untuk topingnya.

3. Sop Mutiara

Pinterest

Foto : Pinterest

Sop mutiara termasuk sajian akulturasi bangsa Tionghoa dengan suku Banjar. Sop ini merupakan bola-bola daging ayam dengan kuah kaldu yang dicampur susu. Bahan pelengkapnya biasa berupa kentang, wortel, sosis, makaroni, kacang polong.

Sop ini, biasanya memiliki rasa gurih nikmat enak dan bikin nampol. Untuk kalian yang belum mencobanya jangan khawatir, karena gak usah jauh-jauh terbang ke Banjarmasin kalian bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep andalan ala IntipSeleb ini, untuk itu yuk kita scroll resepnya!

Resep Sop Mutiara

✓200 gram Daging Ayam Giling

✓2000 ml Air Kaldu Ayam

✓1 bungkus Susu Bubuk Full Cream Sachet

✓1 buah Susu Evaporated

✓6 butir Bawang Merah Halus

✓4 butir Bawang Putih Halus

✓1 butir Kuning Telur

✓3 sendok makan Mentega

✓3 sendok makan Gula Pasir

✓3 sendok makan Garam Halus

✓2/5 butir Pala

✓1 buah Kentang

✓4 buah Sosis Ayam

✓2 batang Wortel

✓1 bungkus Kacang Polong

✓100 gram Makaroni (Macaroni)

✓2 batang Daun Bawang

✓2 batang Daun Seledri Kering

Proses pembuatannya:

1. Campurkan daging ayam cincang, mentega 1 sdm, susu bubuk dancow/full cream, kuning telur, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam 1/3 sdt dan gula 1/4 sdt jga kentang yang sudah dihaluskan.

2. Bentuk adonan bulat2 kecil menyerupai mutiara. Tapi ya jangan kecil banget.

3. Masukkan bakso mutiara ke dalam air kaldu ayam yang mendidih. Kalau bakso sudah mengambang, itu berarti bakso sudah matang.

4. Tumis bawang merah, bawang putih dan pala yang sudah dihaluskan. Tambahkan daun bawang, gula 2 sdm dan garam 1,5 sdm. Aduk rata

5. Tambahkan kacang polong. Biarkan mendidih. Tambahkan wortel. Biarkan mendidih. Tambahkan sosis. Biarkan mendidih. Setelah semua bahan matang, tambahkan satu kaleng susu evaporated. Aduk rata.

6. Tambahkan daun selederi cincang. Hidangkan dengan taburan bawang goreng diatasnya.

Artikel ini bersumber dari : www.intipseleb.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *