3 Desa Wisata di Gorontalo dengan Pemandangan Alam yang Unik Halaman all

Diposting pada

KOMPAS.com – Gorontalo memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan panorama alam, termasuk sejumlah desa wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango. 

Baca juga:

Di antara desa wisata tersebut, ada tiga desa yang memiliki bentang alam yang unik berupa sungai, hutan, dan bukit. Simak selengkapnya:

1. Desa Tulabolo

Berlokasi di Kecamatan Suwawa Timur, Desa Tulabolo telah menerapkan konsep ekowisata dan bertempat di kawasan penyangga Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW).

Desa ini menawarkan pemandangan yang unik karena berada di tepi hutan. Ada pula jembatan gantung dengan panorama Sungai Bone.

Baca juga: 5 Obyek Wisata Favorit Turis Asing di Gorontalo, Bisa Lihat Hiu Paus

“Desa ini sudah memiliki sejumlah rumah tinggal dan paket wisata yang dikelola oleh warga setempat,” kata Sekretaris Desa Wisata Nusantara Provinsi Gorontalo Mukmin Badu, dikutip dari Antara, Kamis (29/9/2022).

Jaraknya dari Pusat Kota Gorontalo adalah 29,2 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira satu jam dengan kendaraan roda empat.

2. Desa Ilomata

Suasana pagi di Ilomata River Camp di Desa Ilomata, Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.Antara/Debby Mano Suasana pagi di Ilomata River Camp di Desa Ilomata, Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Bila mendengar nama Ilomata, mungkin yang terlintas di benak wisatawan adalah Ilomata River Camp.

Tempat wisata yang menawarkan pengalaman berkemah di tepi sungai ini berada di Desa Ilomata, Kecamatan Bulango Ulu.

Baca juga: Ilomata River Camp, Tempat Kemah dan Wisata Baru di Gorontalo

Mukmin mengatakan, desa ini menawarkan pemandangan tepi sungai beserta sejumlah aktivitas olahraga air yang menantang. Terdapat juga fasilitas lainnya, antara lain toilet, perahu kano, dan kuliner khas desa.

Baca Juga :   Air Mata Sersan Nainggolan di Hadapan Jenderal Doni Monardo

Desa Ilomata berjarak 29-32 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira 1,5 jam. Wisatawan pun melintasi tiga sungai sebelum tiba di tujuan.

Baca juga: Mohibadaa, Cara Perempuan Gorontalo Jaga Kecantikan Selama Ramadhan

3. Desa Lonuo

Ilustrasi Bukit Arang di Desa Wisata Lonuo, Gorontalo.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Bukit Arang di Desa Wisata Lonuo, Gorontalo.

Desa Lonuo masuk daftar 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Desa ini menawarkan panorama Bukit Arang, serta bisa dijadikan salah satu lokasi berkemah.

Baca juga: Desa Lonuo Gorontalo, Punya Tempat Wisata bak Negeri di Atas Awan

Dari bukit tersebut, wisatawan juga bisa melihat pemandangan Kota Gorontalo, kabut, dan matahari terbenam (sunset) dari ketinggian, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (13/7/2022).

Jarak dari Kota Gorontalo ke Desa Lonuo adalah 14,6 kilometer dengan durasi berkendara mencapai satu jam. 

Baca juga: Wisata Lombongo Gorontalo, Bisa Mandi di Kolam Air Panas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari : travel.kompas.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *