3 Perbedaan Sate Madura dengan Ponorogo

Diposting pada

Surabaya

Kuliner sate sudah jadi favorit banyak orang di Indonesia. Daging yang empuk dipadu dengan bumbu yang gurih membuat yang mencicipinya ketagihan.

Di Indonesia, ada banyak jenis sate yang bisa Anda cicipi. Misalnya di Jawa Timur yang memiliki sate madura dan sate ponorogo.

Meski sama-sama sate ayam, keduanya ternyata memiliki perbedaan. Baik dari segi bentuk, tekstur, proses pembuatan, hingga bumbunya.

Perbedaan ini pun menciptakan cita rasa yang khas dari sate madura dan sate ponorogo. Anda pun bisa memilih sesuai selera.

Namun, apa saja perbedaan sate madura dan sate ponorogo? Simak penjelasan berikut ini.

Beda Sate Madura dan Sate Ponorogo

Daging Ayam

Daging Ayam untuk sate madura merupakan daging ayam mentah yang dipotong kecil-kecil sebelum dibakar. Beda dengan sate ponorogo yang potongan daging ayamnya tidak dibuat persegi, melainkan dengan irisan melintang. Inilah yang membuat sate ponorogo berbentuk pipih.

Satu tusuk sate ponorogo hanya berisi satu daging pipih. Potongan yang pipih akan dihilangkan kulit atau lemaknya sehingga hanya menggunakan dagingnya saja.

Resep Sate Ayam PonorogoSate ayam ponorogo/Foto: iStock

Bumbu Sate

Sate madura dibakar hanya dengan kecap saja. Lantas diberi saus kacang yang disiram di atas sate yang sudah matang. Saus kacang ini dibuat dari kacang tanah yang telah digoreng tanpa minyak (disangrai) dan dicampur dengan gula merah, serta tidak menggunakan kecap.

Sementara, daging ayam sate ponorogo yang telah diiris pipih harus direndam dulu dengan bumbu bacem. Bumbu bacem terdiri dari ketumbar, merica, laos, jintan, kunyit, jahe, kemiri, dan gula jawa. Semua bahan itu dicampur dan direbus.

Baca Juga :   5 Kuliner Khas Wajib Dijajal saat Melancong ke Kepulauan Karimunjawa, Bisa Bikin Ketagihan : Okezone Travel

Penyajian Sate

Khusus untuk sate madura, setelah sate dibakar, sate siap disajikan dengan saus kacang dan sambal. Sebagai pelengkapnya, bisa ditambahkan irisan bawang merah mentah atau goreng, cabai rawit, dan potongan tomat sesuai selera.

Selain itu, saus yang digunakan pada sate madura tidak selalu saus kacang. Terkadang, mereka menggantinya dengan saus kemiri. Lantas disajikan dengan lontong atau nasi.

Sedangkan sate ponorogo, Anda bisa menambahkannya dengan saus kacang. Saus kacang ini terbuat dari kacang tanah goreng dan bawang putih. Tiriskan lalu gerus/tumbuk hingga halus. Lalu tambahkan air tanpa kecap.

Sambalnya terdiri dari irisan bawang merah, cabai, dan sedikit jeruk nipis. Sebagai pelengkapnya, Anda bisa tambahkan lotong atau Nasi.

Nah, itu tadi 3 Perbedaan sate madura dan sate ponorogo. Sudah siap wisata kuliner sate, detikers?

Simak Video “Konser Westlife di Surabaya Obati Rindu Fan
[Gambas:Video 20detik]
(hse/sun)

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *