3 Subsektor Ekraf Dorong Pemulihan Ekonomi Pascapandemi

Diposting pada

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG – Tiga sub-sektor ekonomi kreatif, yaitu craft (kriya), kuliner, dan fesyen menjadi andalan Kota Bandung dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. 

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Disbudpar Kota Bandung Sri Susiagawati di acara siniar Ngariung  dengan tema Bandung Beraksi (Bincang Akselerasi Ekonomi) Kamis (21/7/2022).

Menurut Wati, hal ini dipengaruhi oleh demografi Kota Bandung yang dihuni 68 persen masyarakat usia di bawah 40. Serta faktor sejarah sebagai kota kreatif juga berandil besar. Sehingga banyak produk kriya, kuliner, dan fesyen dari Kota Bandung.

“Ketiga subsektor ini berkontribusi besar terhadap PAD Kota Bandung,” kata Wati.

“Berkaca pada data tersebut, Disbudpar Kota Bandung telah mengeluarkan Surat Edaran yang menunjang publikasi tiga jagoan subsektor ekonomi kreatif di Kota Bandung tersebut,” imbuhnya.

Menurut Wati, selain ketiga sub-sektor jagoan tadi, musik dan film juga masuk dalam sebagai sub-sektor penyangga. 

“Ada surat edaran dari Disbudpar yang isinya bahwa di ruang-ruang umum seperti hotel dan resto, harus ada juga pojok craft, lukisan Kota Bandung, makanan tradisional, musik tradisional,” ujarnya.

Selain itu, optimalisasi pemasaran tiga subsektor jagoan ini juga dilakukan di tiap co-working space di 30 kecamatan yang ada di Kota Bandung.

Wati berpesan kepada seluruh pegiat UMKM di Kota Bandung untuk terus bergerak dan berinovasi. Kegiatan kolektif seperti ini (Pasar Kreatif 2022) dapat menunjang keberhasilan UMKM, yang jadi salah satu pilar kuat ekonomi Kota Bandung.

“Ada banyak faktor mulai dari lingkungan, latihan, mengikuti pelatihan, dan terus bergerak. Jangan patah semangat, semua punya peluang menjadi pengusaha,” pesannya.

Dalam siniar Ngariung yang mengampanyekan akselerasi ekonomi di Kota Bandung kali ini, dihadiri pula oleh dua pelaku UMKM bidang craft , yakni Kain Lokal dan Sofi Handycraft. (prn)

Baca Juga :   Bupati Garut Apresiasi Penunjukan Perupa Asal Garut, Sediakan Cinderamata Acara G20

Artikel ini bersumber dari : jabarprov.go.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *