4 Masjid Megah dan Indah di Kota Bengkulu, Ada yang Dirancang Presiden Soekarno

Diposting pada

Laporan Mahasiswa Tribunbengkulu.com, Ratna Sari

TRIBUNBENGKULU.COM – Kota Bengkulu memiliki beberapa masjid yang indah dan megah. Bahkan beberapa masjid di Kota Bengkulu sangat terkenal karena sarat akan sejarah. Bahkan ada masjid yang dirancang dan dipugar oleh Presiden pertama RI, Ir Soekarno saat dalam pengasingannya di Kota Bengkulu.

Tidak hanya sebagai tempa beribadah umat muslim, berapa masjid di Kota Bengkulu ini juga menjadi destinasi wisata yang kerap dikunjungi warga.

Sebagai daerah dengan mayoritas penduduk beragam Islam. Hal ini berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah penduduk Bengkulu sebanyak 2,03 juta jiwa pada Juni 2021.

Dari jumlah itu, sebanyak 1,99 juta jiwa atau 97,67 persen beragama Islam. Bahkan Kementerian Agama Provinsi Bengkulu mencatat terdapat 4.090 rumah ibadah umat Muslim di daerah ini. Diantaranya terdapat 2.944 masjid dan 1.146 mushalla.

Berikut 4 masjid megah dan indah di Kota Bengkulu versi Tribunbengkulu.com.

1. Masjid Baitul Izzah

Masjid Raya Baitul Izzah
Masjid Raya Baitul Izzah

Mulanya masjid ini bernama Masjid Raya Bengkulu yang dibangun pada tahun 1976, di masa Pemerintahan Gubernur Provinsi Bengkulu Drs. A. Chalik. Dengan luas lahan seluas 1225 m persegi. Pembangunan masjid ini selesai pada tahun 1979 dan diresmikan oleh wakil presiden ke tiga Indonesia, yaitu H. Adam Malik.

Namun, pada tahun 1995 dilakukan pemugaran oleh Gubernur Provinsi Bengkulu Drs. Aziz Ahmad dengan memperluas areal masjid menjadi 1600 m2, sekaligus mengubah nama dari Masjid Raya Bengkulu menjadi Masjid Baitul Izzah.

Masjid Raya Baitul Izzah ini berlokasi di persimpangan jalan Asahan Raya dan Jalan Pembangunan, Kec. Padang Harapan, Kota Bengkulu ini terbilang megah dan indah. 

Baca Juga :   Pameran Produk Lokal, Terdapat Dampak Minat Beli Masyarakat – www.koranpelita.com

 Karena Arsitektur masjid mempunyai tiang bulat dan persegi empat serta pagar setinggi 1 meter dari kaca dengan corak perpaduan timur tengah dan Indonesia.

2. Masjid At-Taqwa

Masjid At-Taqwa Bengkulu
Masjid At-Taqwa Bengkulu

Masjid ini memiliki nama Masjid Raya Akbar At-Taqwa Bengkulu, atau sering disebut masjid At-Taqwa atau masjid Akbar. Berlokasi di Jl. Soekarno Hatta, Anggut Atas, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu.

Nuansa warna putih pada masjid ini sekilas seperti menyerupai istana pada masa kolonial dari pada masjid pada umumnya. 


Artikel ini bersumber dari : bengkulu.tribunnews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *