4 Rekomendasi Buku Resep Makanan Khas Sunda yang Bisa Kamu Coba Di rumah

Indonesia tidak hanya kaya akan keberagaman budaya serta sukunya saja. Tetapi, kuliner dari setiap daerahnya juga sangatlah beragam. Salah satunya kuliner tradisional itu adalah makanan khas Sunda.

Berbicara mengenai makanan khas Sunda, banyak orang yang mengenal bahwa makanan khas Sunda adalah makanan yang didominasi dengan rasa manis dan juga dilengkapi dengan lalapan.

Namun, ternyata makanan khas Sunda ini tidak hanya didominasi oleh rasa manis saja, tetapi juga ada cita rasa asin, asam segar, pedas, serta gurih.

Kebanyakan, makanan khas Sunda terbuat dari bahan dasar sayur, baik yang diolah dalam keadaan mentah maupun yang telah dimasak. Ada pula olahan yang berasal dari bahan dasar daging yang disajikan dengan berbagai bumbu rempah khas yang lengkap.

Jadi, tidak heran kalau makanan khas Sunda banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena, rasanya yang sangat enak serta pembuatannya yang tergolong cukup praktis.

Nah, untuk kamu yang hobi memasak, serta ingin menyajikan menu baru di meja makan kamu, resep makanan Sunda bisa kamu coba. Kamu bisa mempelajari cara membuat makanan khas Sunda serta bahan yang dibutuhkan melalui buku-buku resep makanan Sunda. Berikut ini adalah rekomendasi buku makanan khas Sunda yang bisa kamu jadikan sebagai buku pegangan untuk memasak makanan khas Sunda.

Rekomendasi Buku Resep Makanan Khas Sunda

1. Kuliner Populer Khas Sunda


Indonesia dikenal dengan keragaman budaya serta adat istiadatnya. Termasuk dengan dunia kuliner. Dari Sabang sampai Merauke, beragam makanan khas daerah yang mampu memperkaya kebudayaan Indonesia. Salah satunya adalah makanan khas Sunda ini.

Makanan khas Sunda memang tidak jauh dari beragam sayur, lalapan, serta sambal yang pedas yang mampu membangkitkan selera saat makan. Tetapi, makanan khas Sunda juga memiliki beragam jenis bahan lainnya dengan beragam olahan lezat yang mampu membangkitkan selera seseorang.

Buku Kuliner Populer Khas Sunda berisikan resep makanan khas Sunda rumahan. Makanan khas Sunda di dalam buku resep ini sangatlah beragam cara pengolahannya. Ada resep makanan khas Sunda yang cara membuatnya dengan digoreng, dibakar dibeuleum, dikukus ciseupan, direbus ikulub, serta di pepes/pais. Semua cara pengolahan makanan khas Sunda bisa kamu temukan di dalam buku resep makanan khas Sunda ini.

2. Menu Seminggu Masakan Asli Tatar Sunda


Buku Menu Seminggu Makanan Asli Tatar Sunda ini berisikan beragam makanan khas Sunda rumahan yang cocok untuk kamu sajikan di meja makan rumahmu. Dengan panduan buku resep makanan khas Sunda ini, kamu bisa dengan mudah menyajikan makanan khas Sunda di rumahmu dalam satu minggu, lho. Jadi, kamu tidak perlu lagi bingung ingin memasak apa untuk makanan keluarga. Buku ini bisa sangat membantu kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Kumpulan Resep Masakan Tradisional dari Sabang sampai Merauke


Buku Kumpulan Resep Makanan Tradisional dari Sabang sampai Merauke ini merupakan kumpulan resep makanan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, sesuai dengan judul bukunya.

Tidak hanya menemukan resep makanan khas Sunda Jawa Barat saja, tetapi kamu juga bisa menemukan resep makanan khas daerah lainnya.

Terdapat resep makanan khas Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Jakarta, Banten, Yogyakarta, Jawa, Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, bahkan hingga resep makanan khas Papua dan Irian Jaya bisa kamu temukan di dalam buku ini.

Lengkap bukan? Dijamin, meja makan di rumahmu tidak akan membosankan dengan panduan buku resep makanan ini.

4. Resep Jajanan Tradisional


Makanan khas Sunda tidak hanya makanan berat atau lauk pauk saja, tetapi juga ada makanan khas Sunda yang berupa kue-kue tradisional. Seperti, misro, combro, katimus, dan masih banyak lagi kue lainnya.

Nah, buku resep jajanan tradisional ini tidak hanya memuat makanan khas Sunda saja, tetapi juga memuat 20 resep jajanan tradisional lainnya yang khas dari Indonesia, yang mampu mengobati rasa rindu kamu terhadap hidangan tradisional di masa lalu.

Buku ini juga full colour serta dilengkapi dengan gambar cara membuatnya secara step by step. Resep jajanan yang disajikan antara lain, seperti cenil, misro, bubur biji salak, jenang gempol, nagasari, bubur sum-sum, awug-awug mutiara, lepet jagung, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa rekomendasi buku resep makanan khas Sunda dan jajanan tradisional lainnya yang bisa kamu coba buat di rumah.

Buku-buku di atas bisa segera kamu pesan melalui

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon
promo diskon

Artikel ini bersumber dari : buku.kompas.com.

Tinggalkan komentar