4 Wisata di Kawasan Geopark Maros Pangkep, Geopark Kelas Dunia di Sulawesi Selatan

Diposting pada

Geopark Maros Pangkep merupakan salah satu kawasan strategis pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan, khususnya wisata alam dan petualangan. Jaraknya sekitar 35 menit dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Geopark Maros Pangkep adalah salah satu dari 15 geopark nasional di Indonesia dan satu-satunya geopark berstatus nasional di Pulau Sulawesi. Geopark Maros Pangkep menjadi kawasan karst terbesar ke-2 setelah China Selatan. Memiliki luas 43 ribu hektar, geopark ini digadang-gadang bisa menjadi UNESCO Global Geopark.

Kawasan geopark nasional Maros meliputi dua kabupaten yaitu Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Karst Maros Pangkep termasuk salah satu karst kelas dunia yang menawarkan keindahan, keunikan, dan nilai-nilai sosial budaya yang tinggi.

Karst Maros Pangkep memiliki ratusan gua yang ditinggali oleh manusia prasejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peninggalan lukisan prasejarah yang berusia sekitar 40 ribu tahun.

Gua-gua tersebut juga menjadi tempat hidup jutaan spesies kupu-kupu, hingga tempat ini dijuluki sebagai Kingdom of Butterfly. Ada sekitar 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah dan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999.

Selain geopark, terdapat pula berbagai destinasi wisata berbasis alam nan berkelanjutan yang ada di Maros Pangkep mulai dari geosite, biological site, dan cultural site. Berikut beberapa wisata yang ada di kawasan Geopark Karst Maros yang bisa kamu datangi.

1. Desa Wisata Rammang-Rammang

Pemandangan di Wisata Rammang-Rammang. Sumber foto: www.instagram.com/wisatarammang2/
Pemandangan di Wisata Rammang-Rammang. (Instagram.com/wisatarammang2)

Desa Wisata Rammang-Rammang hadir untuk memperkuat daya wisata kawasan Maros Pangkep. Desa wisata yang satu ini terkenal dengan aksi budayanya seperti tari tradisional Paduppa yang berfungsi untuk menyambut tamu.

Baca Juga :   Lamang Tapai, Olahan Beras Ketan yang Dimasak Pakai Bambu, Kuliner Khas Sumbar

Pada tahun 2019, Desa Wisata Rammang-Rammang mencapai 50 ribu wisatawan. Hal tersebut memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian masyarakat.

Wisatawan dapat menikmati produk ekonomi kreatif seperti suvenir khas berupa kerajinan anyaman dari daun nipah dan kuliner seperti abon telur, ikan bandeng, dan ikan kambu. Fasilitas berupa homestay dan rumah makan juga turut menunjang destinasi yang satu ini.

2. Sungai Pute

Keindahan Sungai Pute. Sumber foto: www.instagram.com/wisatarammang2/
Keindahan Sungai Pute. (Instagram.com/wisatarammang2)

Sungai Pute merupakan sungai tingkat dewasa yang terkenal dengan keindahannya. Sungai Pute memiliki bentuk yang berkelok-kelok. Sungai ini dikelilingi oleh bukit-bukit turmkarst khas Maros dan menjadi batas dari sungai-sungai kecil yang ada di Perbukitan Maros.

Sungai Pute berlokasi di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Harga sewa perahu untuk Sungai Pute tergantung dari jumlah penumpang yakni mulai dari Rp.200.000 hingga Rp350.000.

3. Air Terjun Lacolla

Pemandangan Air Terjun Lacolla. Sumber foto: www.instagram.com/andirahadi/
Pemandangan Air Terjun Lacolla. (Instagram.com/andirahadi)

Air Terjun Lacolla merupakan salah satu air terjun yang indah dan terkenal di Kabupaten Maros. Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Lacolla, kalian harus menuruni 1000 anak tangga dari bukit. Harga tiket masuk dibanderol dengan tarif sebesar Rp10.000 saja.

4. Pulau Kapoposang Pangkep

Bentang alam Pulau Kapoposang. Sumber foto: www.instagram.com/pulaukapoposang/
Bentang alam Pulau Kapoposang. (Instagram.com/pulaukapoposang)

Sebagian besar wilayah Geopark Maros Pangkep adalah lautan dengan gugusan Spermonde yang menawarkan 120 pulau di dalamnya. Salah satu yang paling terkenal yaitu Pulau Kapoposang Pangkep. Pulau ini menawarkan spot diving yang sangat indah.

Pulau Kapoposang Pangkep menawarkan 14 spot diving yang sangat indah. Empat di antaranya yang paling terkenal adalah Januar Point, Aquarium Point, Shark Point, dan Tanjung Point.

Nah, itulah keempat wisata di kawasan Geopark Maros Pangkep. Mana yang paling ingin kamu kunjungi?


Artikel ini bersumber dari : yoursay.suara.com.

Baca Juga :   Tak Seseram Namanya, Intip Panorama Cantik Pantai Gondo Mayit di Kabupaten Blitar
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *