5 Batik Jokowi yang Mencuri Perhatian Publik

Diposting pada

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) identik dengan kemeja putih lengan panjang, celana kain hitam, serta sneaker.

Tetapi, mantan Wali Kota Solo tersebut juga lekat dengan kain tradisional batik yang ia kenakan dalam berbagai kesempatan.

Jokowi biasanya memakai batik ketika kunjungan ke daerah atau menyambut kepala negara/ kepala pemerintahan dari negara sahabat.

Seperti yang ditunjukkan Jokowi ketika menyambut Presiden Filipina yang baru, Ferdinand Romualdez Marcos Jr, di Istana Bogor awal September lalu.

Di samping itu, batik juga dikenakan Jokowi saat lawatan ke luar negeri. Salah satunya ketika menghadiri KTT APEC di Beijing, China pada 2014 silam.

Saat tiba di Negeri Tirai Bambu, Jokowi yang turun dari Pesawat Kepresidenan terlihat mengenakan batik bermotif parang khas Yogyakarta.

Deretan batik Jokowi yang mencuri perhatian

Dua momen yang disebutkan hanyalah segelintir kesempatan yang dimanfaatkan Jokowi untuk memperkenalkan batik ke dunia internasional.

Lebih dari itu, ada berbagai deretan batik yang pernah dipakai Jokowi yang menarik perhatian publik. Berikut daftarnya.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada hari ini, Jumat, 7 Juni 2019 bersilaturahmi ke keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.via Kementerian Sekretariat Negara RI Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada hari ini, Jumat, 7 Juni 2019 bersilaturahmi ke keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

1. Silaturahmi ke Keraton Yogyakarta (2019)

Batik yang dikenakan Jokowi ketika bertamu ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada tahun 2019 lalu mencuri perhatian banyak orang.

Pasalnya, Jokowi memamerkan batik bermotif sawunggaling dengan ciri khas corak burung phoenix yang tergambar di bagian depan.

Artikel ini bersumber dari : lifestyle.kompas.com.

Baca Juga :   10 Makanan Khas Nusantara yang Identik dengan HUT RI 17 Agustus
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *