5 Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia, Wajib Dicoba!

ilustrasi tempat wisata kuliner ( foto: islampos )

TNews, KULINER – Indonesia merupakan negara dengan ragam kuliner yang melimpah. Sudah menjadi rahasia umum jika makanan Indonesia memang terkenal hingga mancanegara karena rempah-rempahnya.

Kuliner menjadi salah satu magnet tersendiri di tiap daerah. Bahkan, beberapa menjadi salah satu ikon wisata yang bisa menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Oleh sebab itu, ragam kuliner Indonesia sudah seharusnya diperkenalkan dan dilestarikan untuk menjaga eksistensinya. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang paling disoroti oleh William Wongso dalam siniar Beginu bertajuk “Wisata Kuliner untuk Meluaskan Budaya Indonesia”.

Menurutnya, sajian kuliner, berupa makanan atau jajanan khas suatu destinasi wisata, sangat dicari oleh wisatawan yang datang berkunjung. Bagi mereka, mencoba kuliner lokal menjadi pengalaman yang terlupakan.

Itu sebabnya, saat berkunjung ke suatu daerah, belum lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi makanan khasnya.

Melansir laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut destinasi wisata kuliner di berbagai kota Indonesia yang wajib dikunjungi

1. Kampung Wijilan, Yogyakarta

Daerah yang identik dengan gudeg ini merupakan kawasan terkenal sekaligus bersejarah yang terletak di Jalan Wijilan. Lebih tepatnya, ia berada di sebelah Selatan Plengkung Tarunasura atau dikenal dengan sebutan Plengkung Wijilan di timur Alun-alun Utara.

Di tempat ini, berjejer tempat makanan yang menyediakan gudeg. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda dan santa dan biasanya dimakan bersama berbagai macam lauk pauk.

Rasanya yang manis dan gurih karena campuran bumbu areh membuat Gudeg menjadi makanan favorit banyak orang.

2. Kya-Kya, Surabaya

Kawasan pecinan yang terletak di Jalan Kembang Jepun, Kecamatan Pabean, Kota Surabaya, Jawa Timur merupakan tempat wisata dengan ornamen khas Tionghoa yang dilengkapi becak untuk pengunjung.

Perpaduan cita rasa Surabaya dengan makanan khas Tionghoa tersaji di kawasan ini. Salah satu panganan unik dari tempat ini adalah pia di Toko Pia Kemenangan.

3. Pasar Lama, Tangerang

Bagi pengguna media sosial, terlebih Instagram dan Tiktok, Pasar Lama Tangerang pasti sudah tak asing di telinga kita. Salah satu kawasan di Kota Tangerang yang ramai dikunjungi muda-mudi ini menyajikan ragam pilihan kuliner yang bisa dicoba.

Saat berkunjung ke Pasar Lama Tangerang, disarankan untuk berjalan kaki agar lebih leluasa membeli berbagai macam kuliner yang ditawarkan.

Salah satu makanan yang bisa dijumpai adalah jajanan masa kecil, seperti telur gulung. Tak hanya itu, ada pula kuliner Nusantara, seperti surabi hijau dengan pilihan rasa durian atau pandan.

4. Suryakencana, Bogor

Terletak di Jalan Suryakencana, tempat ini menyajikan beragam tempat kuliner yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Salah satu yang legendaris ialah lumpia basah yang sudah ada sejak 1972.

Lumpia basah khas Bogor in berbeda dengan lumpia Semarang. Pasalnya, ia memiliki isian cacahan bengkuang, tauge, tahu, ebi giling, dan telur.

5. Pantai Losari, Makassar

Bergeser ke bagian Tengah Indonesia, Pantai Losari di Makassar menawarkan cita rasa lezat lewat beragam makanan khas Makassar yang unik, seperti coto Makassar dan pisang epe.Tak hanya itu, mayoritas makannya pun dijual dengan harga terjangkau.

Pisang epe terbuat dari pisang kepok yang dibakar dan disiram gula merah di atasnya. Sementara itu, coto Makassar memadukan ketupat, jeroan sapi, dan kaldu yang lembut dengan cita rasa otentik.

Sumber: kompas.com

Artikel ini bersumber dari : totabuan.news.

Tinggalkan komentar