5 Jajanan Lengkong Culinary Night di Bawah Rp 15.000

Diposting pada

Bandung

Para wargi sudah pernah menjajal wisata kuliner ke Lengkong Culinary Night? Jika belum, rasanya kamu wajib mencobanya. Terletak di sepanjang jalan Lengkong Kecil, setiap malam di atas pukul 18.00 WIB jalanan ini sudah dipadati pedagang.

Puluhan pedagang makanan dan minuman berjejer di trotoar atau emperan toko. Disini beraneka macam kuliner bisa kamu temui mulai dari makanan western sampai asia, makanan ringan sampai berat, dan dengan harga yang juga bervariasi.

Berikut ini ada lima rekomendasi jajanan di Lengkong Culinary Night di bawah Rp 15.000. Pastinya dengan harga yang murah meriah namun rasa pasti ngeunah pisan!



1. Kaloci

Jajanan Murah Lengkong Culinary NightLembut dan gurihnya jajanan Kaloci. Foto: Rindy Nurjanah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kaloci merupakan penganan yang dibuat dari adonan tepung ketan, gula, dan garam. Jajanan satu ini banyak ditemukan di tanah Pontianak.

Adonan kaloci terbuat dari tepung ketan putih yang dikukus, diberi varian rasa, diuleni, dipotong-potong kemudian dibalurkan kacang sangrai yang telah dihaluskan. Agar menambah cita rasa, kacang sangrai dihaluskan dengan gula.

Bisa dikatakan kaloci punya kemiripan dengan mochi, hanya saja bubuk kacangnya justru ditaburi di luar. Namun, kaloci punya tekstur kenyal yang cenderung lebih lembut dari pada mochi.

Kaloci ini disajikan dengan tiga rasa yakni vanila, strawberry, dan pandan. Rasanya cukup unik, sebab manisnya adonan berpadu dengan gurihnya taburan kacang yang betul-betul sudah halus. Kaloci yang dibungkus di sebuah mika ini dibanderol dengan harga Rp 12.000 saja.

2. Baby Crab

Jajanan Murah Lengkong Culinary NightJajanan murah dan enak, Baby Crab. Foto: Rindy Nurjanah

Jika kita biasa makan kepiting dengan ukuran yang jumbo, di Lengkong disajikan kepiting dengan ukuran yang masih sangat kecil. Baby crab merupakan jajanan kekinian yang sedang digandrungi masyarakat.

Baca Juga :   Fazzio Youth Project promosikan pariwisata Gorontalo

Di beberapa restoran, kita bisa menemukan sajian makanan baby crab dengan bumbu basah atau sudah digoreng berbalut telur. Tapi detikers jangan bayangkan repotnya menguliti cangkang kepiting, ya! Sebab baby crab ini justru bisa dimakan sekaligus dengan cangkangnya.

Ukuran kepiting yang masih mini, membuat cangkang kepiting belum terlalu tebal. Disajikan dengan cara digoreng kemudian diberi bumbu taburan yang bisa kamu pilih. Seperti asin, balado, keju, salted egg, dan masih banyak lagi. Satu bungkus baby crab hanya seharga Rp 12.000.

3. Bola Ubi

Jajanan Murah Lengkong Culinary NightSi cantik dan manis Bola Ubi. Foto: Rindy Nurjanah

Jajanan yang satu ini menjamur di Bandung. Setiap malam di tepi jalan kota Bandung pasti mudah mencari pedagang bola ubi. Dari kejauhan, jajanan ini menarik perhatian dengan tampilan bola ubi yang cantik. Bulat sempurna dan berwarna keemasan.

Dengan membayar Rp 15.000 kamu akan memperoleh satu bungkus isi 10 bola ubi yang masih hangat. Bola ubi dari beragam daerah seperti di Gorontalo umumnya punya tekstur yang padat, namun berbeda dengan bola ubi di Bandung. Setelah di goreng, bola ubi akan mengembang dan menjadi bulat sempurna.

Begitu digigit, luarnya begitu renyah dengan bagian dalam yang kosong tapi kenyal. Hangat di mulut beradu dengan rasa manis dan gurih bola ubi. Saking banyaknya peminat, penjual bola ubi rata-rata sudah bertahun-tahun berdagang bola ubi dengan keuntungan yang menggiurkan, lho!

4. Sempol Ayam

Jajanan Murah Lengkong Culinary NightSempol ayam yang menggugah selera. Foto: Rindy Nurjanah

Dari sekian banyak kuliner di Lengkong, ada satu jajanan yang cukup panjang antriannya. Ialah sempol ayam yang terkenal berawal dari kota Malang, Jawa Timur. Disitat dari penjelasan pada laman Ensiklopedi Kuliner PMB LIPI, jajanan ini memiliki rasa kenyal karena berbahan dasar tepung aci yang dicampur dengan daging ayam, kemudian dibalut telur.

Baca Juga :   Asal Usul Onde-Onde, Berasal dari China

Bentuknya lonjong dan ditusuk dengan tusuk sate. Kini, sempol mudah ditemui dan biasa dijajakan pedagang kaki lima di berbagai kota. Sempol ayam begitu nikmat dan kenyal, disajikan selagi masih panas dan diberi bumbu taburan.

Ada asin, pedas, jagung bakar, balado, dan beragam rasa bumbu tabur lainnya. Pedagang sempol pun biasanya juga menawarkan saus sambal atau kecap. Dibanderol dengan harga Rp 1000, kita bisa menikmati satu tusuk sempol ayam.

5. Jalakotek

Jajanan Murah Lengkong Culinary NightAntrian Jalakotek di Lengkong Culinary Night. Foto: Rindy Nurjanah

Banyak laman kuliner bilang, jalakotek merupakan jajanan dari Majalengka. Mendengar namanya, mungkin kita akan mengira makanan ini mirip dengan makanan khas Makassar yakni jalangkote.

Jalakotek adalah makanan yang dibuat dari tepung tapioka sebagai bahan utamanya. Bentuknya memang mirip seperti jalangkote, yakni setengah lingkaran dan bagian tepiannya diulir. Namun pada jalakotek punya kulit yang lebih garing mirip seperti pangsit.

Di Lengkong, jalakotek disajikan dengan ukuran yang mini dan harga yang sangat terjangkau yakni Rp 2.500 per biji. Pengunjung bisa membeli mulai dari harga Rp 5.000 dan mendapatkan dua jalakotek.

Bagian dalam jalakotek diisi oleh suwiran ayam dengan dua varian rasa yakni rica-rica dan asin. Pada varian asin, jalakotek diberi taburan bumbu gurih yang mengguggah selera. Semakin lezat saat disantap selagi masih panas.

Nah detikers, itulah tadi lima rekomendasi jajanan murah meriah di Lengkong Culinary Night. Kira-kira, adakah jajanan di atas yang juga jadi favoritmu?

Simak Video “Menikmati Menu Andalan di Cafe Unik Gaya Artistik, Bandung
[Gambas:Video 20detik]
(aau/tya)

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *