5 Kota Tertua di Indonesia, Ada di Mana Saja?

KONTAN.CO.ID – Kota tertua di Indonesia adalah Palembang yang terletak di Provinsi Sumatra Selatan. Palembang adalah salah satu Ibu Kota Kerajaan Sriwijaya yang saat ini telah berusia 1340 tahun. 

Selain Palembang, masih ada kota-kota lain di Indonesia yang mendapatkan julukan kota-kota tertua di Indonesia. Usia kota-kota tersebut bahkan melebihi usia Republik Indonesia. 

Beberapa di antaranya sudah berusia ribuan tahun dan menjadi pusat pemerintahan kerajaan-kerajaan di masa lalu. Keberadaan kota-kota tertua di Indonesia tersebut juga dibuktikan oleh prasasti maupun sejumlah peninggal sejarah. 

Lantas, apa saja kota-kota tertua di Indonesia?

Baca Juga: 6 Stadion yang Disiapkan Indonesia Saat Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

5 Kota tertua di Indonesia

Dirangkum dari laman Indonesia Baik dan laman resmi pemerintah daerah masing-masing, lima kota tertua di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Palembang, Sumatra Selatan

Kota tertua di Indonesia adalah Palembang. Palembang adalah ibu kota Sumatra Selatan. Sebagai kota tertua di Indonesia, Palembang telah berusia 1340 tahun dan berdiri sejak Juni 682 Masehi. 

Bukti Palembang sebagai kota tertua di Indonesia terdapat pada prasasti Kedukan Bukit bertanggal 16 Juni 682 Masehi yang ditemukan di Bukit Siguntang.

Baca Juga: Ekspedisi Batanghari Dua Telusuri Jambi Sampai Tanjung Jabung Timur

Selain itu, Palembang juga dianggap sebagai salah satu pusat dari Kerajaan Sriwijaya yang sudah ada sejak abad ke-7. Dalam bahasa Melayu, kata Pa atau Pe artinya sebagai kata tunjuk suatu tempat. 

Sedangkan kata Lembang atau Lembeng artinya genangan air. Hal itu lantaran wilayah Palembang dulu dikelilingi banyak air. 

Saat ini, Palembang terkenal dengan Jembatan Ampera yang indah. Palembang juga dijuluki sebagai kota pempek karena terkenal dengan pempek yang merupakan makanan khas Palembang.

Baca Juga: HUT RI ke-77, Museum Batu Bara Bukit Asam di Tanjung Enim Resmi Dibuka

2. Salatiga, Jawa Tengah

Salatiga, salah satu kota tertua di Indonesia

Salatiga adalah kota tertua kedua di Indonesia. Kota Salatiga berada di kaki Gunung Merbabu, Jawa Tengah. 

Kota Salatiga berdiri sejak 24 Juli 750 Masehi. Sampai saat ini sudah mencapai usia 1.272 tahun. Sejarah Salatiga bersumber dari Prasasti Plumpungan yang berada di Dukuh Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.

Pada zaman penjajahan Belanda telah cukup jelas batas dan status Kota Salatiga, berdasarkan Staatblad 1917 No. 266 mulai 1 Juli 1917 didirikan Stood Gemente Salatiga yang daerahnya terdiri dari 8 desa. 

Pada saat itu, Salatiga dijuluki sebagai kota terindah di Jawa Tengah karena dukungan faktor geografis, udara sejuk dan letaknya sangat strategis.  

Baca Juga: 20 Sekolah Terbaik di Jateng Tahun 2022 Versi LTMPT, SMA Pradita Dirgantara Nomor 1

3. Kediri, Jawa Timur 

Pariwisata Gunung Kelud Kediri

Kota Kediri, Jawa Timur adalah kota tertua ketiga di Indonesia. Kota Kediri berdiri pada 27 Juli 879 Masehi berdasarkan dalam Prasasti Kwak.

Sehingga, jika dihitung saat ini umur Kota Kediri sudah mencapai 1.143 tahun. Selain itu, dari bukti peninggalan sejarah, Kota Kediri merupakan lokasi Kerajaan Kediri zaman dulu. 

Baca Juga: Cerita Inspiratif Menjadi Inovator Muda dari Siswa Peserta Samsung Innovation Campus

4. Magelang, Jawa Tengah

Salah satu kota tertua di Indonesia adalah Magelang

Kota Magelang adalah kota tertua keempat di Indonesia. Kota ini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan terkenal dengan Candi Borobudur yang megah. 

Berdasarkan Prasasti Mantyasih, Kota Magelang berdiri pada 11 April 907 Masehi sehingga saat ini usianya sudah menginjak 1.115 tahun. 

Pada awal berdiri, Kota Magelang merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno. Saat ini, Kota Magelang dikenal sebagai kota sejuta bunga lantaran ada berbagai macam bunga di kota ini. 

Baca Juga: Lagi Liburan di Jogja? Simak Rekomendasi Kuliner Hits di Kota Ini

5. Banda Aceh, Aceh

Salah satu kota tertua di Indonesia adalah Banda Aceh

Banda Aceh adalah kota tertua kelima di Indonesia. Banda Aceh merupakan Ibu Kota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. 

Kota Banda Aceh dibangun oleh Sultan Alaiddin Johan Syah pada 22 April 1205 Masehi atau pada 1 Ramadhan 601 Hijriyah. Sehingga, saat ini usia Kota Banda Aceh adalah 817 tahun. 

Bukti pembangunan Kota Banda Aceh tersebut tercantum dalam naskah pembangunan ibu kota baru oleh sultan. Dulu, Kota Banda Aceh merupakan pusat Kerajaan Aceh. 

Demikian penjelasan mengenai lima kota tertua di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Artikel ini bersumber dari : regional.kontan.co.id.

Tinggalkan komentar