5 Kuliner Khas Banyuwangi Yang Terkenal: Harga, Lokasi, Daya Tarik

Diposting pada

JawaPos.com – Berlibur ke suatu daerah pastinya tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Mulai dari makanan berkuah pedas, makanan kering dan aneka cemilan yang wajib banget untuk anda coba. Salah satunya di Kawasan Jawa Timur, terdapat berbagai macam kuliner khas Banyuwangi yang kaya akan rempah-rempah dan diolah dengan cara sederhana.

Di setiap sudut wilayah Banyuwangi, terdapat restoran, kedai serta warung makan yang menyajikan berbagai macam kuliner yang bisa untuk anda cicipi. Mulai dari rasanya yang nikmat hingga harganya yang terjangkau. Pastinya kuliner khas Banyuwangi ini akan membuat anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi. Yuk langsung saja simak rekomendasi kuliner khas Banyuwangi yang wajib banget untuk anda coba.

1. Sego Tempong Khas Banyuwangi

Sego Tempong Khas Banyuwangi. (Instagram kenesandari)

Bagi anda yang ingin mencicipi kuliner khas Banyuwangi dengan porsi banyak dengan harga yang murah, anda dapat mencoba Sego Tempong khas Banyuwangi. Isiannya terdiri dari nasi putih, tahu dan tempe, lalapan sayur rebus, ikan asin dan juga sambal mentah yang super pedas.

Kuliner khas Banyuwangi ini dapat anda temukan di setiap warung makan di Banyuwangi, soal rasa tentunya sangat nikmat dan pastinya bikin anda ketagihan.

Harga seporsi kuliner khas Banyuwangi sego tempong ini mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 32.000. Sangat murah bukan, tentunya dengan porsi banyak anda sudah kenyang menyantap kuliner yang satu ini.

Alamat: Jalan Gembrung Nomor 220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan,  Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Baca Juga :   Kisah Keluarga Asal Waropen Papua Temui Ganjar Pranowo untuk Ucapkan Terima Kasih

Jam Buka:

Hari Jam
Senin – Minggu 08.00 WIB – 21.00 WIB

 

2. Ayam Kesrut Khas Banyuwangi

Ayam Kesrut Khas Banyuwangi. (Instagram jessy.recipes)

 Kuliner khas Banyuwangi berikutnya merupakan kuliner yang berkuah pedas dan nyegerin, yaitu Ayam Kesrut khas Banyuwangi. Kuliner satu ini merupakan olahan ayam berkuah pedas ditambah kecombrang dan juga belimbing wuluh. Membuat para penikmat kuliner satu ini terasa segar dan melek setelah merasakan pedas, asam dan nikmatnya makanan yang satu ini.

Harga menu seporsi ayam kesrut hanya Rp 25.000 sudah termasuk dengan es teh atau teh hangat serta lalapan dan sambal. Kuliner khas Banyuwangi ini juga menyediakan menu hemat untuk perpaket dua sampai tiga orang, tentunya dengan harga yang bervariasi.

Alamat: Karang Sari, Segobang, Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam Buka:

Hari Jam
Senin – Minggu 08.00 WIB – 17.30 WIB

 

3. Ayam Pedas Khas Banyuwangi

Ayam Pedas – (Instagram ayampedasmbayu)

Kuliner khas Banyuwangi ini sekilas mirip dengan Ayam Kesrut. Yang menjadi pembeda dengan ayam pedas ini merupakan olahan ayam kampung, kuah yang pedas dengan campuran cabe rawit serta tambahan santan yang gurih.

Harga menu kuliner khas Banyuwangi ayam pedas ini hanya Rp 15.000 per porsi. Menikmati seporsi ayam pedas ditambah nasi hangat serta ditaburi bawang goreng, pastinya membuat anda ketagihan dan ingin nambah lagi.

Alamat: Dusun Krajan, Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam Buka:

Hari Jam
Senin – Minggu 12.00 WIB – 24.00 WIB

 

4. Pecel Rawon Khas Banyuwangi

Pecel Rawon Khas Banyuwangi. (Instagram tourbanyuwangi)

Kuliner khas Banyuwangi berikutnya Pecel Rawon. Mungkin sebagian dari anda tidak asing mendengar makanan khas Banyuwangi ini. Kuliner yang satu ini merupakan hidangan pecel rawon yang terdiri dari sayur-sayuran rebus, rawon serta bumbu dari kuah kluwek yang menambahkan cita rasa gurih, pedas dan manis.

Baca Juga :   Karnaval Budaya, Mobil dan Becak Hias Hibur Warga Jember

Biasanya makan pecel rawon tidak lengkap rasanya bila tidak ditambahkan kerupuk peyek. Harga menu kuliner khas Banyuwangi pecel rawon ini sekitar Rp 25.000 per porsinya.

Alamat: Jalan Adi Sucipto Nomor 76, Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam Buka:

Hari Jam
Senin – Minggu 06.30 WIB – 21.30 WIB

 

5. Rujak Soto

Rujak Soto. (Instagram eddy.g)

 Kuliner khas Banyuwangi berikutnya merupakan kuliner yang cukup unik perpaduan dua makanan menjadi satu yaitu Rujak Soto. Rujak yang dimaksud, hanyalah bumbu kacang dari rujaknya saja, selebihnya terdapat sayuran, potongan daging dan jeroan sapi ditambah campuran kuah kaldu yang nikmat. Biasanya terdapat tambahan menu seperti ceker ayam.

Harga untuk seporsi rujak soto ini mulai dari Rp 12.000 sampai Rp 15.000. Anda sudah bisa mencicipi kuliner khas Banyuwangi yang nikmat dengan harga yang sangat terjangkau.

Alamat: Jalan Basuki Rahmat Nomor 113, Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam Buka:

Hari Jam
Senin – Minggu 09.00 WIB – 21.00 WIB

 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : Isna Febby Sakinah


Artikel ini bersumber dari : www.jawapos.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *