5 Kuliner Khas Wajib Dijajal saat Melancong ke Kepulauan Karimunjawa, Bisa Bikin Ketagihan : Okezone Travel

Diposting pada

TERDAPAT 5 kuliner khas wajib dijajal saat melancong ke Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Akan sangat mengasyikkan menyantap kuliner ini sambil menikmati keindahan pulau yang ada di Laut Jawa tersebut.

Kepulauan Karimunjawa terkenal dengan wisata bahari dan taman laut yang memesona. Tak sedikit orang yang sengaja berlibur ke Karimunjawa untuk melepaskan penat dan bersantai menikmati saat liburan.

 BACA JUGA:5 Rekomendasi Kuliner Khas Jepara, Lezat Banget Nih Wajib Nyobain

Rasanya tidak lengkap ketika berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa tapi tidak menjajal makanan khasnya. Berikut ini Okezone membagikan 5 kuliner khas wajib dijajal saat melancong ke Kepulauan Karimunjawa.

5 Kuliner Khas Wajib Dijajal Saat Melancong ke Kepulauan Karimunjawa

1. Lontong Krubyuk

Krubyuk artinya adalah berjalan melewati genangan air. Lontong Krubyuk diberi nama demikian sebab dalam penyajiannya lontong diberi banyak sekali kuah bakso. Lontong Krubyuk disajikan dengan irisan ayam suwir, tauge, seledri dan masih banyak lagi.

 

2. Pindang Serani

Wisata bahari tentu saja identik dengan kuliner seafood yang menggugah selera. Saat berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa cobalah untuk mencicipi pindang serani kuah kuning yang membuat ketagihan. Wangi rempah-rempah serta rasa asam manisnya buat lidah bergoyang.

 BACA JUGA:6 Wisata di Jepara Wajib Anda Sambangi, Pantai Eksotis hingga Air Terjun

3. Bakso Ikan Ekor Kuning

Masih setia dengan olahan laut, rasanya sayang sekali jika tidak mencoba bakso ikan kuning khas Karimunjawa. Pasalnya bakso ikan kuning sulit ditemukan di luar Karimunjawa.

Dari cara penyajian, sebenarnya bakso ikan kuning sama saja seperti bakso kebanyakan. Yang membedakan dari bakso kebanyakan adalah cita rasanya.

Baca Juga: 17 Awak Kapal Ikan Vietnam Non Justisia Dipulangkan

Baca Juga :   Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan Cocok untuk Hari Libur

4. Tongseng Cumi Kuah Kari

Selain olahan yang terbuat dari ikan, kuliner khas Karimunjawa selanjutnya tongseng cumi kuah kari. Hidangan ini menjadi kuliner wajib wisatawan saat datang ke Karimunjawa. Anda akan ketagihan dengan rasa perpaduan gurih dan manisnya.

 Ilustrasi

5. Ikan Asin

Ikan Asin khas Karimunjawa bisa menjadi oleh-oleh setelah berkunjung dari Kepulauan Karimunjawa. Banyak warga asli Karimunjawa membuat ikan asin dengan aroma yang khas.

Ada banyak ikan asin yang tersedia mulai dari ikan asin ukuran kecil sampai ikan asin berukuran besar. Cara pengolahan ikan asin khas Karimunjawa juga terbilang masih sangat tradisional. Hingga cita ranya tetap terjaga.

Itulah tadi rekomendasi 5 kuliner khas wajib dijajal saat melancong ke Kepulauan Karimunjawa.

Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *