5 Kuliner Khas Wajib Dijajal Saat Melancong ke Kepulauan Karimunjawa

Diposting pada

TEMPO.CO, JeparaKarimunjawa merupakan kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini kaya destinasi wisata alam yang sudah dikenal dalam kancah lokal dan mancanegara.

Memiliki luas daratan kurang lebih 1.500 hektare dan luas perairan kurang lebih 110.000 hektare, Kepulauan Karimunjawa tidak hanya kaya akan wisata alam, melainkan juga kulinernya.

5 Kuliner Karimunjawa, Mayoritas Hasil Laut

Saat bertandang ke Karimunjawa, jangan lupa mencicipi beberapa kuliner khas berikut ini. Yang pasti menggugah selera. 

1. Pindang Serani

Pindang Serani merupakan masakan khas Karimunjawa dan Jepara yang berbahan dasar ikan pindang. Kuliner ini bercita rasa segar dan sedikit asam karena dimasak menggunakan bumbu-bumbu khas dan tomat.

2. Lontong Krobyok

Lontong Krobyok merupakan salah makanan khas Karimunjawa yang cukup terkenal. Nama krobyok diketahui berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti melintasi genangan air. 

Berbeda dari sajian lontong pada umumnya, Lonyong Krobyok disajikan menggunakan kuah bakso yang segar dan khas rempah-rempah. Penyajian juga ditambahkan dengan suwiran ayam, tauge, daun seledri, dan tentunya irisan lontong.

3. Bakso Ikan Ekor Kuning

Seperti namanya, kudapan ini berbahan dasar utama ikan ekor kuning yang banyak ditemui di perairan Karimunjawa. Penyajian bakso ikan ekor kuning sama dengan bakso pada umumnya, yakni menggunakan kuah berpenyedap, irisan sawi, dan berbagai tambahan lain. Tetapi, karena rasanya yang khas, bakso ikan ekor kuning cukup sulit ditemui di luar wilayah Karimunjawa, Jawa Tengah.

Wisatawan menikmati suasana senja di Pantai Laendra, Desa Kemujan, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, 22 Juli 2018. Kawasan wisata Karimun Jawa memiliki 27 pulau dengan luas daratan kurang lebih 1.500 hektare dan perairan seluas 110.000 hektare. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Baca Juga :   Cafe di Bandar Lampung Yang Instagramable: Harga, Alamat, Daya Tarik

4. Tongseng Cumi

Kuliner khas Karimunjawa ini menjadi unik karena menyajikan tongseng dengan cumi-cumi, bukan daging sapi atau kambing. Sensasi rasa dari tongseng cumi cukup unik, di mana rasa gurih, manis, dan pedas menjadi satu.

5. Ikan Srepeh

Ikan Bakar Srepeh menjadi salah satu kuliner seafood asal Karimunjawa yang bercita rasa pedas-manis. Bumbu bakar ikan ini digadang-gadang sangat khas ala Karimunjawa.

DELFI ANA HARAHAP
Baca juga : 4 Keunikan Kepulauan Karimunjawa nan Eksotis

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik untuk bergabung.


Artikel ini bersumber dari : travel.tempo.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *