5 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!

Diposting pada

Balikpapan, IDN Times – Selain menjadi kota terbesar kedua di Kalimantan Timur (Kaltim), Balikpapan juga menyimpan sejuta pesona wisata yang terus dikembangkan. Tak heran jika kota ini juga banyak dikunjungi pendatang, baik mereka yang bekerja maupun yang sekadar traveling

Selain sektor industri dan perdagangan yang terus melaju, Kota Balikpapan pun menawarkan kuliner tradisional yang layak dijadikan oleh-oleh. Bagi kalian, ada lima oleh-oleh jajanan khas Balikpapan yang wajib untuk dibawa pulang. 

Yuk intip apa saja!

1. Kue mantau

5 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!daerahkita, Mantau, Oleh-Oleh Khas Bontang

Umumnya kue memiliki cita rasa yang cenderung manis, namun berbeda dengan kue mantau yang memiliki cita rasa sedikit asin. Kue mantau hampir mirip dengan burger namun tidak ada varian isinya. 

Hidangan kue ini sangat populer dijadikan oleh-oleh khas Balikpapan. Proses pembuatannya dengan cara digoreng sehingga tekstur kue ini renyah di luar namun tetap lembut di bagian dalamnya.

Baca Juga: Surga Kuliner, 12 Tempat Makan di Balikpapan Hidangan Khas Nusantara

2. Kue bingka

5 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!Kue bingka (instagram.com/theresia.aline)

Kue bingka ini hampir mirip dengan kue lumpur yang memiliki tekstur lembut ketika dikunyah. Berbahan dasar kentang, susu, keju, dan susu membuat cita rasa kue ini manis dan sangat legit.

Selain original, kue ini juga memiliki varian rasa seperti cokelat, keju dan gula merah. Kue bingka juga menjadi salah satu kue oleh-oleh khas Balikpapan yang tak tahan lama.

Sehingga disarankan untuk membawanya tak terlalu lama. 

4. Olahan salak

5 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!Potret Olahan Salak (instagram.com/cakesalak)

Buah salak umumnya dijadikan sebagai asinan maupun manisan yang menggiurkan. Namun berbeda halnya di Kota Balikpapan, buah salak disulap menjadi aneka olahan unik dengan cita rasa yang lezat.

Beragam olahan buah salak yang dimanfaatkan warga Balikpapan untuk dijadikan oleh-oleh seperti brownis, cake, pia, dodol, hingga sambal salak.

5. Amplang

5 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!instagram.com/amplangkabila

Camilan yang satu ini memang tidak hanya menjadi camilan khas Balikpapan saja, namun di seluruh kota/kabupaten di Kaltim. Camilan kerupuk berbahan dasar ikan tenggiri ini paling banyak diburu wisatawan karena rasanya yang sangat gurih.

Meskipun ada banyak ragam kerupuk ikan yang tersebar, amplang memiliki cita rasa yang berbeda dan wajib di bawa pulang ketika berada di Kota Balikpapan.

Wah, ragam oleh-oleh khas Balikpapan di atas sangat menggiurkan bukan? Aneka olahan yang unik bikin penasaran untuk mencobanya nih!

Baca Juga: Aquaboom BSB Wisata Air Idola Warga Balikpapan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


Artikel ini bersumber dari : kaltim.idntimes.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *