5 Pakaian Adat Bali Untuk Pria dan Wanita Beserta Makna Dibaliknya!

Diposting pada

Bali, bukan hanya dikenal dengan pesona alamnya saja yang indah. Akan tetapi, Bali juga mempunyai pakaian adat yang banyak menarik perhatian para turis mancanegara. Pakaian adat Bali menampilkan beraneka ragam warna-warnanya yang sangat khas.

Nama pakaian adat Bali juga mempunyai beragam jenis sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Pakaian adat Bali tidak hanya menarik untuk dipandang mata, tetapi juga mempunyai nilai estetika yang sangat tinggi. Pakaian adat Bali juga mengandung beragam filosofi yang sesuai dengan adat istiadat masyarakat Hindu Bali.

Orang Bali mengenakan pakaian adat Bali ini untuk kegiatan tertentu saja, seperti upacara keagamaan, acara-acara penting, maupun untuk aktivitas sehari-hari.

Pakaian adat Bali disebut juga dengan pakaian tradisional khas provinsi Bali yang merupakan salah satu pakaian adat yang ada di Indonesia.

Penasaran apa saja sih nama pakaian adat Bali yang sering dipakai oleh pria dan wanita? Berikut deretan pakaian adat Bali yang digunakan oleh pria maupun wanita yang digunakan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Pakaian Adat Bali dan Maknanya

nama pakaian adat bali untuk pria dan wanita
nama pakaian adat bali untuk pria dan wanita

1. Baju Safari

Baju safari adalah baju adat Bali yang digunakan oleh pria. Baju ini mempunyai bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kemeja pada umumnya. Bedanya, baju safari mempunyai kerah serta dua saku pada bagian kiri serta kanan bawah.

Selain itu. Terdapat juga saku pada bagian dada kiri. Baju safari kebanyakan berwarna putih karena melambangkan kebersihan.

2. Udeng

Untuk penutup kepala, pakaian adat Bali pria biasanya dilengkapi dengan udeng. Udeng ini terbuat dari kain yang dijahit sampai membentuk sebuah simpul di bagian tengah.

Baca Juga :   Viral Nasi Goreng Harga Rp1 Ribu, Porsinya Banyak Rasa Istimewa

Terdapat dua macam udeng, ada udeng polos dan juga berwarna. Biasanya, udeng polos digunakan Ketika mengikuti kegiatan upacara keagamaan. Sedangkan udeng berwarna digunakan pada saat kita melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Kamen

Kamen adalah sebuah kain tradisional Bali yang mempunyai bentuk yang serupa dengan sarung. Kamen biasanya digunakan oleh pria maupun wanita, tetapi dengan penggunaan yang berbeda. Pada pria, pemakaian kamen diikat secara melingkar pada bagian pinggang dari kiri ke kanan. Kemudian, dibentuk sebuah lipatan pada bagian dengan adanya simpul tertentu.

Sedangkan pemakaian kamen pada wanita, lebih sederhana tanpa adanya sebuah simpul pada bagian depan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Simpul pada pemakaian kamen adalah sebuah lambang pengabdian atau dhama. Jarak kamen dengan telapak kaki juga telah ditentukan, yaitu sekitar satu jengkal. Simpulnya juga dibuat lancip serta ada bagian yang harus menjulur ke tanah. Hal ini adalah sebuah simbol penghormatan kepada tanah leluhur.

4. Kebaya Bali

Jika dilihat, pakaian adat Bali kebaya ini memang terlihat seperti kebaya pada umumnya saja. Biasanya, kebaya Bali ini mempunyai warna yang cerah dengan motif yang sangat sederhana.

Selain itu, penggunaan pada kebaya ini selalu dipasangkan dengan sebuah selendang yang diikatkan seperti sabuk di bagian pinggang. Dengan begitu, sisi anggun pada wanita saat mengenakan pakaian adat Bali lebih terpancar.

5. Sabuk Prada

Selain adanya sabuk prada dari selendang, ada juga sabuk prada. Sabuk prada ini biasanya digunakan para wanita untuk menahan kamen. Sabuk prada mempunyai warna yang sangat mencolok dan terdapat motif khas Bali.

Seperti halnya pakaian adat Bali lainnya, sabuk prada ini juga mempunyai makna khusus. Sabuk prada adalah sebuah gambaran untuk melindungi tubuh para wanita, terutama untuk rahimnya yang merupakan sebuah anugerah dari Tuhan. Oleh sebab itu pemakaian sabuk prada ini diletakkan pada bagian perut.

Baca Juga :   Djie Tjap, Juaranya Mie Yamin dan Bubur Pitan Ramah Muslim di Bali, No Pork No Lard!

Pakaian adat pada setiap daerah memang memiliki ciri khasnya masing-masing, maka tak heran kalau pakaian adat Bali memiliki ciri khas yang mencolok. Hal itu untuk membedakan antara pakaian adat Bali dengan pakaian adat lainnya.

Indonesia memang dikenal kaya akan warisan budayanya, tak terkecuali pakaian adatnya. Buku Ensiklopedia Negeriku: Pakaian Adat akan membantu kamu untuk mengenal beragam pakaian adat lainnya yang ada di Indonesia sejak zaman dahulu.

Semua tanda tanya yang ada dikepala kamu mengenai pakaian adat di Indonesia akan terjawab pada buku ini. Buku ini juga disertai dengan gambar yang pastinya akan membuat kamu lebih mudah dalam membayangkan bentuk pakaian. Buku ini juga dilengkapi dengan penjelasan sejarah serta fungsi pakaian. Serta terdapat peta tempat pakaian adat ini berasal.

Yuk, kenali keberagaman budaya Nusantara melalui pakaian adat dari berbagai daerah.

Segera miliki buku ini dengan memesan melalui

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon
promo diskon

Artikel ini bersumber dari : buku.kompas.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *