5 Pesona Pantai Wediombo, Cocok Untuk Surfing Hingga Camping

Diposting pada

IntipSeleb Gaya Hidup – Pantai Wediombo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang dimiliki oleh Yogyakarta selain Pantai Parangtritis. Pantai yang satu ini wajib dikunjungi jika Anda berwisata ke wilayah Gunungkidul, Yogyakarta.

Karena menjadi salah satu objek wisata unggulan di kota Yogyakarta, pantai ini pun hampir selalu dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah yang berbondong-bondong berburu eksotisnya pemandangan pantai.

Layaknya berbagai pantai yang terdapat di daerah Gunungkidul dan sekitarnya, pantai ini juga menawarkan keindahan yang mempesona. Contohnya seperti deretan tebing tinggi yang dihiasi pasir berwarna putih.

Penasaran dengan sensasi dan keseruan apa saja yang bisa ditemukan di Pantai Wediombo? Yuk, simak pembahasan berikut ini sampai habis!

Sekilas Tentang Pantai Wediombo

1. Kenalan dengan Pantai Wediombo

pantainesia.id

Foto : pantainesia.id

Pantai Wediombo adalah sebuah kenampakan alam yang terletak di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta. Nama pantai ini diambil dari Bahasa Jawa, yakni kata ‘wedi’ yang berarti pasir dan ‘ombo’ yang artinya adalah luas. Sehingga nama Pantai Wediombo dapat diartikan sebagai hamparan pasir yang luas.

Meski begitu, pantai ini sebenarnya lebih banyak didominasi oleh batu karang dibandingkan dengan hamparan pasir. Anda dapat menemukan batu karang mulai dari yang berukuran besar hingga kecil di kawasan ini.

Hamparan batu karang tersebut menciptakan pemandangan yang tidak hanya indah, namun juga eksotis. Deretan batu karang tersebut bahkan seolah membentuk laguna atau kolam renang alami yang berada di pinggir pantai. Sehingga membuatnya jadi sangat menarik.

Meski lebih banyak dipenuhi dengan batuan karang, namun tidak membatasi aktivitas seru yang bisa dinikmati di kawasan ini. Ada banyak aktivitas beragam yang bisa dilakukan di pantai yang indah ini.

2. Lokasi Pantai Wediombo

visitingjogja.jogjaprov.go.id

Foto : visitingjogja.jogjaprov.go.id

Letak persis dari pantai ini adalah di kawasan Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Dibandingkan dengan pantai lainnya, pantai ini merupakan yang letaknya berada di paling ujung. Jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta, maka Anda harus menempuh perjalanan hingga sekitar 2,5 jam lamanya jika menggunakan jalur darat.

Baca Juga :   Ikuti Serunya Ajang Pemilihan Putra-Putri Sriwijaya 2022

Pantai yang satu ini letaknya diketahui berdekatan dengan Pantai Siung yang letaknya ada di sebelah Timur. Sementara Pantai Wdiombo letaknya berada di sebelah Pantai Siung, yakni di sebelah Barat.

Jarak antara kedua pantai tersebut pun tidak terlalu jauh, yakni sekitar 4 km saja. Namun baik Pantai Siung dan Pantai Wediombo berlokasi lumayan jauh dari pusat kota Yogyakarta, yakni bisa mencapai 80 km.

3. Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Pantai yang menyuguhkan pemandangan eksotis ini rupanya memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Biayanya adalah Rp5.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir akan dikenakan tarif yang berbeda lagi, yaitu Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Namun perlu diingat bahwa semua tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas Wisata di Pantai Wediombo

1. Menikmati Panorama Pantai

datawisata.com

Foto : datawisata.com

Ini tentu menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat berwisata ke kawasan pantai. Apalagi Pantai Wediombo menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata.

Area ini cocok untuk Anda yang mencari suasana tenang dengan menikmati pemandangan khas pantai, sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan deburan ombak yang akan membuat betah berlama-lama.

Selain bersantai di pinggir pantai, Anda juga bisa berjalan-jalan menikmati lembutnya pasir putih tanpa menggunakan alas kaki.

Salah satu pemandangan yang tak boleh dilewatkan adalah momen ketika matahari terbit dan terbenam yang pasti tak terlupakan. Momen tersebut juga membuat pantai ini menjadi spot foto yang estetik karena ditambah dengan banyaknya batu karang.

Namun, Anda yang ingin berfoto di sekitar batu karang patut berhati-hati. Pasalnya, ombak yang menghantam batuan karang tersebut membuat deburannya terasa lebih kencang.

2. Berenang Menikmati Kesegaran Pantai

njogja.co.id

Foto : njogja.co.id

Aktivitas selanjutnya yaitu menikmati jernih dan segarnya air di Pantai Wediombo dengan berenang atau mandi dengan menggunakan air kolam alami langsung dari pantai.

Apalagi, di pantai ini terdapat satu area yang terlihat seperti sebuah kolam yang memiliki air begitu jernih dengan dikelilingi oleh deretan batu karang.

Area tersebut menjadi salah satu spot favorit para wisatawan. Mereka biasanya mencoba berenang di titik tersebut, atau hanya sekedar mengambil foto-foto untuk mengabadikan keindahannya.

3. Cocok Sebagai Tempat Berselancar

phinemo.com

Foto : phinemo.com

Selain berenang, pantai ini juga merupakan tempat yang cocok untuk wisatawan yang senang berselancar. Hal itu dikarenakan pantai yang satu ini termasuk memiliki ombak yang tinggi dan stabil, sehingga pas untuk aktivitas selancar.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kuliner Khas Solo, Kamu Wajib Coba!

Di kawasan ini pun Anda tidak perlu khawatir jika lupa membawa alat selancar sendiri, karena terdapat tempat untuk pengunjung menyewa peralatan selancar. Untuk harganya berada di kisaran Rp100.000.

4. Tempat Mencoba Snorkeling

pariwisatasumut.net

Foto : pariwisatasumut.net

Tak hanya berenang dan selancar, aktivitas snorkeling pun bisa dicoba di tempat yang satu ini. Hal itu dikarenakan Pantai Wediombo merupakan bagian dari tempat konservasi perairan.

Karena itulah gugusan terumbu karang yang ada di kawasan ini terjaga dengan baik. Selain itu ada banyak jenis ikan dan biota laut lainnya yang bisa ditemukan di perairannya yang jernih. Hal itulah yang menjadikannya tempat yang bagus untuk snorkeling.

Lantas, bagaimana jika ingin snorkeling namun tidak memiliki peralatan sendiri? Jangan khawatir, karena Pantai Wediombo menyediakan tempat penyewaan alat snorkeling yang harganya bervariasi mulai dari kisaran Rp30.000 sampai Rp80.000.

5. Spot Camping yang Mengasyikkan

Pantai Wediombo juga bisa menjadi spot untuk melakukan aktivitas camping. Hal itu lantaran pantai ini memiliki suasana dan pemandangan yang membuat para pengunjungnya betah untuk berlama-lama.

Sehingga pantai ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan untuk mendirikan tenda-tenda dan melakukan camping hingga mengadakan acara api unggun dengan teman atau keluarga.

Fasilitas Pantai Wediombo

Ada banyak fasilitas pendukung yang tersedia lengkap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan selama menikmati liburan di Pantai Wediombo. Sebut saja seperti toilet dan kamar mandi, area parkir luas yang bisa menampung banyak kendaraan, hingga tempat ibadah seperti mushola.

Kemudian untuk pengunjung yang merasa lapar dan butuh mengisi perut atau hanya sekedar mencicipi kuliner yang ada di kawasan pantai ini, tersedia juga berbagai tempat makan yang menyajikan berbagai macam menu lezat dan menggugah selera. Harganya pun bervariasi, sehingga bisa disesuaikan dengan budget.

Contohnya seperti angkringan yang menyediakan nasi kucing dan santapan khas Jawa Tengah lainnya. Ada juga beberapa warung makan yang menyediakan menu dengan bahan dasar seafood.

Seafood yang tersedia tersebut pun terkenal dengan kesegarannya karena bahan dasarnya diambil langsung dari area laut yang berada di dekat Pantai Wediombo. Oleh karena itu, tempat ini juga bisa menjadi surga untuk Anda yang merupakan pecinta makanan laut.

Ada pula toko souvenir untuk Anda yang ingin berbelanja berbagai macam oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah puas seharian menikmati liburan di pantai ini. (bbi)

Artikel ini bersumber dari : www.intipseleb.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *