5 Rekomendasi Wisata di Magelang yang Instagramable, Cocok untuk Liburan – Solopos.com

Diposting pada

SOLOPOS.COM – Pemandangan Air Terjun dan Gunung Merapi Dari Gardu Pandang Kedung Kayang di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Istimewa/bob.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, MAGELANG — Magelang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang banyak memiliki destinasi wisata alam. Tempat wisata yang Instagramable dan bisa Anda kunjungi saat liburan atau akhir pekan.

Kabupaten Magelang tak hanya terkenal karena wisata sejarah, yaitu Candi Borobudur. Magelang juga menyimpan banyak wisata alam dengan keunikan masing-masing. Ada yang masih alami, ada juga yang mengusung konsep kekinian atau biasa disebut tempat hits dengan spot-spot berfoto Instagrammable.

PromosiDukung UMKM Binaan BUMN Go Online, Tokopedia Daftarkan 2.000 NIB

Berikut ini Solopos.com rekomendasikan destinasi wisata di Magelang yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Omah Kembang Merbabu

wisata di magelang
Bangunan ala Eropa di Vila Omah Kembang Merbabu di Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. (Istimewa/Instagram @wisatasemarang)

Omah Kembang Merbabu merupakan salah satu wisata di Magelang yang mengusung konsep resort, vila, dan restoran dalam satu kawasan. Wisata di Magelang yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk melepas penat atau menghabiskan waktu liburan bersama teman, sahabat, saudara, kerabat, maupun keluarga.

Baca Juga : Borobudur Night Carnival Segera Berlangsung, Cek Jadwalnya!

Wisata Omah Kembang Merbabu berlokasi di Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Uniknya, bangunan vila di Omah Kembang Merbabu menyuguhkan nuansa seperti di Eropa.

Bangunan beratap miring dan tinggi serta memiliki jendela besar. Meskipun bangunan vila ala-ala Eropa, tetapi pengelola wisata tidak meninggalkan kesan tradisional Indonesia yang dapat dilihat dari sajian makanan di restoran.

Dikutip Solopos.com dari YouTube atasnamajoe, Sabtu (10/9/2022), harga sewa vila di Omah Kembang Merbabu Rp1,8 juta. Setiap vila dapat dihuni enam orang. Dengan harga tersebut Anda bisa mendapatkan fasilitas sarapan, air panas, dapur beserta peralatan, televisi, dispenser, dan free wifi.

Akses menuju villa Omah Kembang Merbabu cukup mudah. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, membutuhkan waktu 43 menit atau menempuh perjalanan kurang lebih 27 km dari pusat Kabupaten Magelang.

2. Air Terjun Kedung Kayang

wisata di magelang
Pemandangan Air Terjun dan Gunung Merapi Dari Gardu Pandang Kedung Kayang di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Istimewa/bob.kemenparekraf.go.id)

Baca Juga : Wisata Baru Metro Sport Garden Magelang, View Ciamiks & Gratis Lur

Rekomendasi wisata di Magelang yang berikutnya menawarkan keindahan alam berupa curug. Air Terjun Kedung Kayang menyuguhkan pesona air terjun setinggi 40 meter. Air terjun ini diapit Gunung Merapi dan Merbabu.

Baca Juga :   Sate Kerbau Kudus Jadi Kudapan Lezat di Finish Sukun Tour de Muria

Lokasi air terjun Kedung Kayang berada di tengah hutan, tetapi tenang destinasi wisata ini mudah diakses menggunakan kendaraan. Lokasinya cukup strategis di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jaraknya dari pusat Kabupaten Magelang kurang lebih sekitar 30 km.

Pihak pengelola menyediakan tempat parkir di dekat lokasi wisata di Magelang ini. Tiket masuk wisata Rp4.000 per orang. Anda akan menemukan gardu pandang yang menyuguhkan spot view langsung menghadap Gunung Merapi dan air terjun. Anda bisa mengabadikan momen indah saat berada di lokasi itu, tetapi harus mengeluarkan biaya Rp5.000 tiap spot foto.

Nah, kalau Anda ingin mendekat hingga ke bawah air terjun di Magelang ini membutuhkan usaha. Anda harus menuruni anak tangga. Tenang, anak tangga sudah tertata dengan baik. Selain menuruni anak tangga, Anda juga harus menyusuri aliran sungai dangkal menuju air terjun.

3. Silancur Highland

wisata di magelang
Tenda-tenda berdiri di tengah Taman Bunga Silancur Highland di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Istimewa/Instagram @silancurhighland)

Baca Juga : Bukit Dagi, Surga di Balik Megahnya Candi Borobudur

Rekomendasi wisata di Magelang berikutnya Silancur Highland. Wisata alam yang satu ini berada di lereng tenggara Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah.

Tempat ini menawarkan panorama alam yang sangat indah. Dikutip dari laman bob.kemenparekraf.go.id, Sabtu (10/9/2022), Silancur Highland berada di bukit. Objek wisata ini dilengkapi berbagai atraksi wisata menarik.

Ada juga taman bunga yang dilengkapi spot foto Instagramable berlatar belakang pengunungan. Bagi Anda yang ingin berlama-lama menikmati keindahan Silancur Highland, dapat memanfaatkan area camping ground untuk berkemah.

Gemerlap lampu saat malam di Kabupaten Magelang dan cahaya matahari terbit menjadi suguhan saat camping. Anda cukup membayar Rp10.000 saat berkunjung ke wisata ini. Namun, ada biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk pengunjung yang ingin bermalam.

Jika Anda tertarik mengunjungi tempat wisata ini dapat memulai perjalanan dari Alun-alun Magelang. Kemudian mengambil arah ke barat menuju Pasar Bandongan. Dari Pasar Bandongan dilanjutkan ke Desa Mangli. Setelah itu lurus mengikuti jalan hingga sampai ke Dusun Dadapan.

Baca Juga :   Profil Kota Salatiga, Dikenal Kota Dingin, Kota Pendidikan dan Transit Pariwisata

Baca Juga : Ini 5 Tempat Wisata di Sekitar Candi Borobudur, Ada Lokasi Syuting AADC

4. Nepal Van Java

wisata di magelang
Warna-warni rumah warga di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terlihat seperti tertumpuk. (Istimewa/Instagram @nepal_van_java)

Rekomendasi wisata di Magelang selanjutnya Nepal Van Java. Perlu Anda ketahui bahwa Nepal Van Java merupakan julukan bagi destinasi wisata unik di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Julukan tersebut diberikan karena daerah itu berada di pegunungan. Rumah-rumah penduduknya terlihat bertumpuk layaknya perumahan di Nepal. Hal unik dari tempat wisata di Magelang ini setiap rumah penduduk di perbukitan diberi cat warna-warni sehingga terlihat cantik.

Suguhan pemandangan indah yang asri dengan udara bersih nan sejuk menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke pedesaan ini. Akses jalan menuju Nepal Van Java ini cukup terjal sehingga perlu hati-hati selama berkendara.

Tiket masuk pengunjung ke Nepal Van Java terjangkau. Setiap orang cukup membayar Rp10.000. Biaya parkir motor dan mobil Rp3.000 dan Rp10.000 per kendaraan.

Baca Juga : Selain Borobudur, Ini Tempat Wisata di Magelang yang Direkomendasikan

5. Wahana Ziplane Telomoyo

wisata di magelang
Wahana uji adrenalin di Ziplane Telomoyo di kawasan Telomoyo Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Istimewa/@jelajahboyolali_)

Terakhir, rekomendasi wisata di Magelang adalah Ziplane Telomoyo. Jika Anda senang dengan wahana menantang, Ziplane Telomoyo wajib dicoba.

Wahana wisata ini berada di kawasan Telomoyo Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Ziplane merupakan wahana wisata yang mengusung konsep perpaduan dari gantole dengan flying fox.

Wisatawan akan diajak meluncur dari ketinggian sambil memandang keindahan alam di bawah dengan ziplane. Wisatawan akan meluncur dengan sayap mirip gantole sejauh 100 meter pada ketinggian 125 meter.

Ketika berkunjung ke tempat wisata di Magelang yang satu ini saat cuaca cerah maka Anda bisa menikmati pemandangan alam seperti Rawa Pening di Ambarawa. Saat cuaca berkabut, Anda akan merasakan sensasi menembus kabut di ketinggian.

Baca Juga : Bukit Menoreh, Sensasi Negeri di Atas Awan

Anda cukup merogoh Rp25.000 per orang untuk menikmati wahana ini. Untuk bisa sampai puncak Gunung Telomoyo, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa Jeep.

Nah, itu tadi 5 rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Magelang.

Artikel ini bersumber dari : www.solopos.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *