5 Spot Belanja Kerajinan Tangan Murah Meriah di DIY dan Jawa Tengah – The Phrase

Diposting pada

ThePhrase.id – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  dan Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah tujuan wisata yang memiliki beragam spot belanja kerajinan tangan. Karya masyarakat lokal banyak bernilai tinggi hingga dikenal oleh dunia.

DIY dan Jawa Tengah juga menjadi surganya oleh-oleh kerajinan tangan yang murah meriah. Berikut 5  spot belanja yang menjual berbagai macam kerajinan tangan.

1. Pasar Triwindu, Solo

Pasar Triwindu. (Foto: Indonesia Travel)

Pasar Triwindu menjadi destinasi pecinta barang-barang antik. Terletak di Jl. Gatot Subroto,, Kota Surakarta tepat di sisi selatan kompleks Keraton Mangkunegaran.

Di setiap sudut pasarnya dihiasi oleh barang antik mulai dari lampu antik, lampu teplok, topeng, hingga piring kaca yang menghiasi dinding. Koleksi lain juga dapat ditemukan di Pasar Triwindu seperti wayang, keris kuno, patung, koin kuno, perkakas rumah tangga, hingga kain batik.

Meskipun menjual barang antik, untuk harga tidak perlu khawatir karena barang-barang di sini dapat dibeli dengan harga yang relatif murah. Selain barang-barangnya yang antik, pasar ini juga memiliki gaya kuno karena sudah berdiri sejak tahun 1934.

2. Pasar Klewer, Solo

Destinasi selanjutnya merupakan pasar yang populer untuk mencari kerajinan tangan tekstil. Pasar Klewer terletak di Jl DR. Radjiman No.5A, Kota Surakarta. Lokasinya tepat di sebelah Keraton Surakarta Hadiningrat dan merupakan pasar tekstil terbesar di Solo.

Selain kain yang bewarna-warni, pengunjung bisa menemukan kerajinan tangan seperti ragam aksesoris, hingga berbagai perlengkapan rumah tangga. Uniknya lagi barang-barang ini sudah dieskpor ke berbagai negara. Meskipun harganya relatif murah untuk kualitas sudah tidak diragukan lagi.

3. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Pasar Beringharjo. (Foto: Indonesia Travel)

Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar tertua di Yogyakarta. Pasar ini sudah berdiri sejak tahun 1758. Terletak di jantung kota Yogyakarta, pasar ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Nama pasar tersebut memiliki maknanya sendiri. Beringharjo diambil dari kata “beringin” (Pohon Beringin) yang memiliki lambang tempat berteduh dan “harjo” yang memiliki makna kesejahteraan.

Baca Juga :   Rizki Apriwijaya Berharap Ketua Lingkungan Proaktif

Wisatawan dapat menemukan berbagai barang unik di pasar ini mulai dari kain batik, pakaian, aksesori, barang antik, hingga souvenir pernikahan. Untuk yang ingin berkunjung pasar ini berada di Jl. Margo Mulyo No.16 Yogyakarta.

4. Desa Wisata Kasongan, Yogyakarta

Selain pasar yang bersejarah ada juga desa wisata yang dapat dikunjungi untuk membeli kerajinan tangan yang unik. Desa Wisata Kasongan yang terletak di Jl. Kasongan No.3, Bantul, DIY merupakan desa wisata yang warganya merupakan pengrajin gerabah. Sepanjang desa ini, wisatawan akan disuguhi galeri-galeri yang menjual berbagai macam kerajinan gerabah seperti kendi, kuali, tembikar, guci, dan pot bunga.

Selain kerajinan dari tanah liat, desa ini juga menawarkan kerajinan lain seperti lampu hias, miniatur transportasi (becak, sepeda, mobil), aneka tas, patung, souvenir untuk pengantin, serta rumah yang unik dan cantik.

5. Pasar Johar, Semarang

Kerajinan di Pasar Johar (Foto: Indonesia Travel)

Selain di Solo dan Yogyakarta, Semarang juga memiliki destinasi oleh-oleh kerajinan tangan yang tak hanya unik tetapi juga murah. Destinasi kerajinan tangan yang satu ini adalah Pasar Johar yang berlokasi di Jl. K.H. Agus Salim, Kota Semarang. Pasar bersejarah ini sudah berdiri sejak tahun 1930-an yang menjadi pusat perdagangan Kota Semarang, kemudian di tahun 1980-an merupakan pasar terbesar dan termegah di Asia Tenggara.

Di sini pengunjung dapat menemukan berbagai kerajinan tangan yang dapat dibeli untuk oleh-oleh seperti kain batik, pakaian, sepatu, cinderamata, dan aksesori lainnya.

5 destinasi wisata belanja tersebut wajib dikunjungi jika berkunjung ke DIY dan Jawa Tengah. Wisata ini cocok bagi pecinta kerajinan tangan yang dapat membawa pulang barang unik dengan ciri khas lokalnya. [Syifaa]

Artikel ini bersumber dari : thephrase.id.

Baca Juga :   Nikmati Gurih Manis Nasi Grombyang Khas Pemalang dengan Kuah Hitam Melimpah yang Ada di Depok
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *