5 Wahana Ayunan Gantung di jogja

Tempat wisata di Yogyakarta memang super lengkap! Tak hanya pantai atau wisata kuliner, penikmat tantangan pasti akan menikmati piknik di Yogyakarta. Salah satunya adalah wahana ayunan gantung yang dijamin bikin berdebar sekaligus seru dengan sensasinya.

Wahana ayunan gantung tentu gak disarankan buat kamu yang takut dengan ketinggian, karena kamu akan dibawa ‘terbang’, melihat pemandangan dari atas. Penasaran kan ada di mana saja tempat seru tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

1. Ayunan Langit Watu Jaran

instagram.com/ayunanlangit

Ayunan Langit Watu Jaran berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, Bukan sembarang ayunan, melainkan ayunan yang dihubungkan dengan tiang dengan panjang 10 meter yang berada di pinggir tebing setinggi 800 meter.

Menikmati Ayunan Langit Watu Jaran, kamu bisa menyaksikan keindahan Perbukitan Menoreh yang masih hijau. Naik ayunan ini, kamu gak perlu merogoh kantong terlalu dalam karena tiketnya hanya dibanderol dengan harga Rp20 ribu.

Alamat: Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Teras Kaca Pantai Nguluran

5 Wahana Ayunan Gantung di Jogja, Cocok Buat Penikmat TantanganTeras Kaca, Gunungkidul (instagram.com/githa.r.p)

Teras Kaca Pantai Nguluran sudah terkenal sebagai tempat berfoto yang estetik di Gunungkidul. Ada berbagai spot foto kece yang dapat dijadikan latar belakang prewedding atau sekadar foto bareng keluarga atau sahabat. Sebut saja seperti yang berbentuk perahu, teras kaca, termasuk ayunan gantung.  Meski cukup tinggi justru menjadi kesukaan banyak pengunjung.

Disebut Jogja Swing, ayunan ekstrem tersebut menawarkan pemandangan laut yang jarang ditemukan di pantai lain. Letaknya yang berada di pinggir jurang pantai, sepertinya wahana yang satu ini hanya cocok buat si mental baja.

Alamat: Bolang, Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: Hidden Gem Kedai Pempek Cik Ana Bernuansa Jadul di Kulon Progo 

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Memukau

3. Wisata Alam Kalibiru

5 Wahana Ayunan Gantung di Jogja, Cocok Buat Penikmat Tantanganinstagram.com/wisatakalibiru

Pengin melihat waduk dengan ayunan, kamu bisa langsung ke Kulon Progo. Wisata Alam Kalibiru menyuguhkan wahana ayunan yang pemandangannya menghadap waduk Sermo. Nah pemandangan dari atas, kamu akan disuguhkan birunya Waduk Sermo, perbukitan lengkap dengan rumah warga yang tampak mungil dari atas. Soal keamanan, kamu gak perlu khawatir tentunya akan didampingi oleh orang yang profesional dan terpercaya,.

Alamat: Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Pule Payung

5 Wahana Ayunan Gantung di Jogja, Cocok Buat Penikmat TantanganPule Payung (instagram.com/ulfahfebriii_)

Gak jauh dari Wisata Alam Kalibiru, ada juga wisata Pule Payung yang menawarkan kegiatan ekstrem tapi menyenangkan. Terutama buat yang suka berfoto, ayunan gantungnya dibuat makin eye catching dengan kursi anyaman bambu yang tentunya dibuat aman untuk berfoto. Di tempat ini selain ayunan, ada juga wahana sepeda langit yang gak kalah memacu adrenalin.

Jika kamu pengin lebih bersantai, ada Kafe Angkasa yang menjual beragam makanan dan minuman enak. Saat kerabat atau teman asyik berfoto di berbagai wahana, kamu tetap bisa menikmati udara sejuk di Pule Payung sambil menyesap kopi dan makan geblek. Nikmat!

Alamat: Soropati RT.007/RW.003, Clapar 2, Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Gondola Pantai Timang

5 Wahana Ayunan Gantung di Jogja, Cocok Buat Penikmat TantanganPantai Timang (unsplash.com/@lcw1725)

Satu lagi tempat wisata di Yogyakarta yang mendebarkan. Kali ini jangan bayangkan wahana yang satu ini seperti ayunan kebanyakan. Di Pantai Timang,  kamu gak akan mendapati ayunan biasa, melainkan sebuah gondola tradisional dari kayu yang akan mengantar kamu melewati deburan ombak besar dari Panti Timang menuju Pulau Panjang. Karena anginnya yang besar, kamu tentu akan serasa naik ayunan, tapi dengan versi yang lebih menantang.

Gondola di sini memiliki ketinggian antara 9-11 meter dan panjangnya sekitar 100 meter. Selain itu, gondola di Pantai Timang hanya bisa dinaiki oleh satu orang saja di setiap keberangkatannya. Untuk bisa menikmati keseruannya, siapkan bujet Rp150 ribu untuk naik gondola dan Rp5 ribu untuk tiket masuk ke Pantai Timang.

Alamat: Pantai, Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Bagaimana sudah mulai berdebar membayangkan naik di salah satu ayunan gantung di di atas? Semua menawarkan ketinggian dan pengalaman yang berbeda-beda. Yuk, lekas ajak temanmu yang sesama penikmat wisata ekstrem buat main bareng, biar makin seru!

Baca Juga: Pantai Timang Gunungkidul : Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips


Artikel ini bersumber dari : jogja.idntimes.com.

Tinggalkan komentar