6 Kuliner Lombok Legendaris yang Wajib Dicoba, Menggugah Selera

Diposting pada

Merdeka.com – Selain terkenal dengan wisata alamnya yang menghibur mata dan jiwa, Lombok juga terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera.

Sayang sekali jika kamu ke sana dan tak mampir ke beberapa tempat kuliner Lombok legendaris. Kuliner Lombok tak lepas dari seni dapur Bali, yaitu dari penggunaan cabainya. Hal ini disebabkan karena Pulau Lombok pernah menjadi bagian dari daerah jajahan Kerajaan Karangasem Bali.

Selain itu, kuliner Lombok tak melulu berbahan dasar ikan, banyak di antaranya yang menggunakan iga sapi, ayam, dan lainnya.

Berikut merdeka.com rangkum dari berbagai sumber keragaman kuliner Lombok legendaris yang wajib dicoba dan menggugah selera:

2 dari 3 halaman

Warung Rembiga Utama

strategi berlayar sate rembiga cap ombak besar di gelombang pandemi

©2021 Merdeka.com

Kuliner Lombok legendaris yang pertama adalah Warung Rembiga Utama. Warung Rembiga Utama berdiri selama 30 tahunan dan masih ramai dikunjungi hingga kini. Warung Rembiga Utama menyajikan sate sapi yang empuk dan berbumbu manis pedas ala masakan suku Sasak.

Sate rembiga ini memang menjadi ikon kuliner Lombok dan banyak dijual di kedai rembiga lainnya. Jika kamu ingin berkunjung ke sana, Warung Rembiga Utama berlokasi di Jalan Dakota No.99X, Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram.

Warung tersebut buka mulai pukul 8.00 WITA hingga 22.00 WITA. Jangan khawatir, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp20.000 untuk bisa menikmati sajian sate legendaris tersebut.

Sate Bulayak Suranadi

ilustrasi sate bulayak

©Instagram/awasgendut

Kuliner Lombok legendaris berikutnya masih seputar sate, yaitu Sate Bulayak Suranadi. Sate Bulayak Suranadi sudah berdiri sejak tahun 1990, yang berlokasi di Suranadi, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Sate bulayak adalah sate yang terbuat dari daging sapi, daging ayam, dan jeroan sapi. Bumbu sate bulayak ini terdiri dari campuran cabai, kemiri, bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, jintan, santan kelapa dan tambahan jeruk agar membuat sate menjadi lebih enak.

Baca Juga :   Hidayatullah NTB Gelar Pelatihan Dai dan Guru Ngaji

Kamu bisa berkunjung ke Sate Bulayak Suranadi dari pukul 8.00 WITA hingga 18.00 WITA, dengan menyiapkan uang sekitar Rp20.000-an untuk menikmati sajian sate lezat ini.

3 dari 3 halaman

Ayam Taliwang Irama

ayam taliwang

©2020 Merdeka.com/ instagram zila_a_m

Kuliner Lombok legendaris selanjutnya, yaitu Ayam Taliwang Irama. Ayam Taliwang Irama ini telah berdiri sejak tahun 1973 yang hingga kini berlokasi di Jalan Ade Irma Suryani 10 Cakranegara, Lombok.

Ayam Taliwang adalah makanan Lombok yang banyak digemari dan terkenal hingga di pulau Jawa. Ayam taliwang kuliner Lombok umumnya dihidangkan dengan pelecing.

Pelecing terbuat dari kangkung dengan sambal beberok yang merupakan sambal mentah yang terbuat dari terasi, garam, tomat dan cabe dan ditambahkan kacang goreng atau kacang hijau dan kelapa parut muda yang sudah dibumbui dengan cabe merah dan bawang putih.

Untuk menikmati satu porsi ayam taliwang di Ayam Taliwang Irama, kamu cukup menyiapkan uang sekitar Rp50.000. Tempat makan tersebut buka mulai pukul 8.00 WITA hingga 23.00 WITA.

Rumah Makan Masteng

Kuliner Lombok yang tak kalah lezat, yaitu di Rumah Makan Masteng. Rumah Makan Masteng menyajikan olahan daging sapi dan olahan daging kuda. Rumah makan ini sudah berdiri sejak 1980-an dan berlokasi di jalan TGH Faesal no. 102, Turida, Kota Mataram.

Bebalungan sapi dan kuda di Rumah Makan Masteng disajikan dengan kuah gurih dan bumbu rempah yang menggugah selera.

Warung makan tersebut buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WITA dan bisa dinikmati dengan merogoh kantong sekitar Rp20.000 hingga Rp25.000-an.

Rumah Makan Dua Em Bersaudara

Kuliner Lombok yang sayang dilewatkan, yaitu Rumah Makan Dua Em Bersaudara. Rumah makan ini menjadi tujuan yang tepat jika rombongan wisatamu ingin mencicipi aneka kuliner Lombok yang beragam.

Baca Juga :   Pantai Lancing Gelar Lomba Paralayang, Magnet Wisata Menarik di Lombok Tengah : Okezone Travel

Sebab rumah makan ini menyediakan ayam bakar taliwang, ayam julad (ekstra pedas), sate sum-sum, kangkung plecing, pecel, sop kikil, gurame goreng, nila bakar, ikan bakar madu, dan masih banyak lainnya.

Rumah Makan Dua Em Bersaudara berlokasi di Jalan Transmigrasi no. 99, Karang Taliwang, Kota Mataram. Kamu bisa mengunjunginya mulai pukul 10.00 – 22.00 WITA dan penting diketahui rumah makan tersebut tutup di hari Rabu.

Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Kuliner Lombok legendaris berikutnya, yaitu Nasi Balap Puyung Inaq Esun. Nama puyung merujuk pada daerah kuliner ini berasal, yakni Kampung Puyung di Dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah, NTB. Sebagian orang menyebut kuliner ini nasi balap.

Hidangan nasi balap puyung sederhana. Biasanya nasi putih, ayam goreng, suwiran abon pedas, sambal, kacang kedelai goreng, kelapa parut, dan tumis sayur berupa kacang panjang. Nasi puyung biasa disantap saat waktu sarapan.

Nasi Balap Puyung Inaq Esun ini sudah berdiri sejak 1970-an dan kini berlokasi di Jalan Raya Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kamu bisa mengunjunginya dari pukul 08.00-22.00 WITA. [amd]

Baca juga:
Kuliner Dekat Stasiun Bandung yang Enak, Jangan Sampai Terlewat


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *