6 Pantai Pasir Pink di Indonesia, Destinasi Wisata Bahari yang Memesona

Diposting pada

6 Pantai Pasir Pink di Indonesia, Destinasi Wisata Bahari yang Memesona
Pesona Pantai Lambu, Nusa Tenggara Barat | Foto: kataomed.com

Pantai dengan hamparan pasir berwarna pink tidak hanya ditemukan di luar negeri, lo, GoodMates. Indonesia juga memiliki sejumlah pantai pasir pink yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata. Pantai pasir pink tersebut tersebar di beberapa daerah dan memiliki pesonanya tersendiri.

Pantai berpasir merah muda menjanjikan keindahan alam yang luar biasa. Warna pasir yang unik tersebut berasal dari organisme bernama Foraminifera. Makhluk hidup mikroskopis itu menghasilkan pigmen merah di terumbu karang dan bercampur dengan putihnya pasir, sehingga terciptalah warna merah muda atau pink di sepanjang bibir pantai.

Selain warna pasirnya yang unik, kualitas lautnya pun juga memesona. Tidak heran, pantai pasir pink begitu digandrungi oleh wisatawan dan fotografer. Pantai pasir pink menambah daftar pilihan destinasi wisata bahari, baik di dalam maupun luar negeri.

Jika ingin merasakan langsung ketakjuban dari pesona pantai pasir pink, GoodMates tidak perlu melipir ke luar negeri. Pasalnya, di dalam negeri pun ada sejumlah pantai berpasir merah muda yang tidak kalah elok. Berikut ini beberapa destinasi wisata pantai pasir pink di Indonesia.

Baca Juga: Intip Fakta Unik Nasi Kapau, Berbeda dengan Nasi Padang

1. Pantai Lambu – Bima, Nusa Tenggara Barat

Pantai Lambu berlokasi di Desa Lambu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, NTB. Untuk sampai ke pantai ini, pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 60 km dari Kota Bima. Kendati cukup jauh dari pusat kota, perjalanan menuju Pantai Lambu tidak akan membosankan karena pemandangan alam yang terhampar menuju pantai ini begitu indah.

Jauhnya perjalanan juga akan terbayar oleh keindahan yang disuguhkan Pantai Lambu. Warna pasir yang masih terjaga dan kejernihan air lautnya siap menyambut para wisatawan. Tidak hanya itu, ombak di Pantai Lambu juga terbilang kecil, sehingga aman untuk berenang atau sekadar bermain air.

Baca Juga :   Binjai Tuan Rumah Pertama Biestro Dressage Competition

2. Pantai Pasir Pink – Kaimana, Papua

Terletak di Selat Idris Aiduma, Distrik Kaimana membuat Pantai Pasir Pink Kaimana tidak terlalu sulit untuk diakses. Jika ingin menginjakkan kaki di pantai ini, pengunjung hanya perlu berlayar dari Kota Kaimana selama kurang lebih dua jam. Lokasinya pun sejalur dengan beberapa destinasi wisata andalan Papua lainnya, seperti Hiu Paus Erana, Lukisan Batu, dan Teluk Triton.

Warna pink pada pasir di pantai ini akan semakin terlihat terang selepas musim angin timur. Hal itu karena tumpukan pasir merah muda terbawa arus pasang, kemudian terhempas ke bibir pantai dalam jumlah yang banyak. Di siang hari, Pantai Pasir Pink Kaimana akan memancarkan warna merah muda yang semakin jelas dan eksotis karena terkena bias matahari.

3. Pantai Tangsi – Lombok, Nusa Tenggara Barat

Dapat dikatakan, Pantai Tangsi merupakan pantai berpasir pink yang terkenal di Indonesia. Nama pantai ini sudah akrab di kalangan wisatawan, bahkan termasuk destinasi utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Pantai yang lebih dikenal dengan nama Pink Beach Lombok ini berlokasi di Desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur, NTB.

Selain warna merah muda pada pasirnya, Pantai Tangsi juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Di sebelah kiri pantai, terdapat bukit dengan padang rumput yang luas, sedangkan di sebelah kanannya terhampar tanjung dengan gazebo untuk bersantai. Lengkap sudah keindahan pantai pasir pink yang satu ini.

Baca Juga: Daftar Makanan Asli Indonesia yang Mendunia

4. Pantai Pink Pulau Komodo – Nusa Tenggara Timur 

Pantai Pink merupakan salah satu pantai berpasir merah muda di NTT. Pantai yang bernama lain Pantai Merah ini berlokasi di sisi timur Pulau Komodo, Kawasan Taman Wisata Nasional Komodo. Perjalanan menuju Pantai Pink memerlukan waktu kurang lebih 3,5 jam dari Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Baca Juga :   Turis Asing Jelajahi Jalur Trans-Flores Bagian Utara Naik Sepeda

Pemandangan yang eksotis dan ciamik langsung menyambut kedatangan wisatawan. Daya tarik Pantai Pink tidak hanya terletak pada keindahan pasir, tetapi juga surga bawah lautnya. Wisatawan bisa snorkeling atau menyelam untuk melihat beragam jenis ikan, batu karang, dan biota laut lainnya.

5. Pantai Namong – Nusa Tenggara Timur

Selain Pantai Pink, Pulau Komodo masih menyimpan destinasi wisata pantai dengan pasir merah muda lainnya yang bernama Pantai Namong. Berbeda dengan Pantai Pink, Pantai Namong ini berlokasi di sisi selatan Pulau Komodo yang berada dalam Kawasan Taman Wisata Nasional Komodo.

Pantai Namong terbilang masih alami. Itu dapat dilihat dari pasir merah mudanya yang terlihat pekat dan terasa lembut begitu disentuh. Pantainya berkontur landai, air lautnya jernih, dan pemandangan perbukitan gersang penuh savana di belakangnya turut menambah keindahan dari Pantai Namong.

6. Pantai Serai – Nusa Tenggara Timur

Tidak tanggung-tanggung, NTT menjadi rumah dari tiga pantai pink sekaligus. Setelah Pantai Pink dan Namong, ada Pantai Serai yang berlokasi di Pulau Rinca dan masih masuk dalam Kawasan Taman Wisata Nasional Komodo. Pantai Serai dapat diakses menggunakan perahu, tetapi perahu tidak berhenti tepat di pantai ini guna menjaga keasrian warna pink pada pasirnya.

Pengunjung perlu berjalan kaki dari pemberhentian perahu agar bisa sampai ke Pantai Serai. Begitu sampai, pengunjung akan dibuat terheran-heran akan warna pasirnya yang menakjubkan. Pantai Serai masih belum banyak dijamah wisatawan, sehingga banyak keindahan alam yang menunggu untuk dijelajahi.

Baca Juga: 10 Istana Kerajaan yang Masih Berdiri Kokoh di Indonesia

Deretan destinasi pantai pasir pink di Indonesia tersebut nyaris seluruhnya masih asri. Karena itu, GoodMates perlu menjaga kelestarian lingkungan dan berwisata secara bijak apabila berkunjung ke salah satu pantai berpasir merah muda di atas.

Referensi: Kompas.com | kataomed.com | kaimananews.com | tribunnewswiki.com | indonesia.travel | detik.com | GNFI

Artikel ini bersumber dari : goodside.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *