7 Aktivitas Seru di Kotagede, Makan Kipo sampai Foto-foto

Diposting pada

Kawasan Kotagede adalah gambaran Kerajaan Mataram Islam sewaktu belum terpecah menjadi dua antara Keraton Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Pasalnya, di sana juga lah terdapat Keraton Mataram dan pusatnya kehidupan masyarakatnya. 

Kini, Kotagede menjadi bagian dari tempat wisata populer di Jogja yang menawarkan beragam kegiatan untuk dijajal. Sebut saja seperti kulineran, belajar sejarah, dan sederet aktivitas seru di Kotagede berikut sayang banget untuk dilewatkan!

1. Kulineran di Pasar Legi Kotagede

7 Aktivitas Seru di Kotagede, Makan Kipo sampai Foto-fotopasar kotagede (instagram.com/timothydaely)

Jika ingin menjelajahi Kotagede, paling tepat dimulai dengan kulineran di Pasar Legi Kotagede atau Sarlegi, nih. Pasalnya, di luar maupun di dalam pasar ada banyak penjual jajan enak mulai dari camilan sampai makanan berat bisa ditemukan. 

Misalnya saja seperti aneka jajan pasar yang banyak dijual di area teras pasar. Mulai dari harga Rp1.000, kamu sudah bisa makan aneka gorengan, kue basah, atau jus buah. Ada juga serabi kocor dan serabi solo yang enaknya dinikmati hangat. 

Saat malam tiba, pilihan menu makanan juga kian beragam. Ada sate sapi sampai nasi ramesan Bu Tinah yang murah meriah!

2. Menjajal kipo dan kue kembang waru khas Kotagede

7 Aktivitas Seru di Kotagede, Makan Kipo sampai Foto-fotokipo kotagede (instagram.com/rofiqsilver)

Gak lengkap kalau ke Kotagede tanpa mampir beli jajanan khasnya, kipo dan kue kembang waru. Kipo yaitu sejenis kue basah yang bentuknya mungil, terbuat dari tepung ketan dengan isian unti kelapa, dan warnanya hijau segar. Sayangnya, kipo kurang cocok dijadikan oleh-oleh untuk perjalanan jarak jauh karena mudah basi. 

Berbeda dengan kue kembang waru yang secara tekstur mirip bolu dan rasanya manis. Makanan kesukaan Raja Mataram ini terbilang aman buat dijadikan buah tangan orang tersayang, lalu dinikmati bersama secangkir teh panas. 

Baca Juga :   Ini Daftar Wisata Baru di Karanganyar, Bisa Jadi Rujukan untuk Akhir Pekan - Solopos.com

Baca Juga: Ayo Piknik, 5 Kampung Wisata Ini Ada di Sekitar Kotagede 

3. Mengintip proses pembuatan cenderamata perak

7 Aktivitas Seru di Kotagede, Makan Kipo sampai Foto-fotoperak kotagede (commons.wikimedia.org/User:Irfantraveller)

Oleh-oleh khas Kotagede gak harus makanan, kok. Ada juga kriya dari perak yang merupakan asli Kotagede dan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Gak sulit kok buat menemukan perajin perak karena letaknya yang berjajar-jajar dan tak jauh dari Pasar Legi Kotagede. 

Mulai dari perhiasan seperti cincin, bros, dan gelang, sampai yang cukup tinggi harganya yaitu miniatur becak dan andong, bisa kamu beli dengan kisaran harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Dan kalau beruntung, kamu juga bisa mengintip langsung proses pembuatan kriya perak di salah satu tokonya. 

4. Masuk ke Rumah Pocong Sumi buat si pemberani

7 Aktivitas Seru di Kotagede, Makan Kipo sampai Foto-fotorumah pocong sumi (instagram.com/jogja.titiknol)

Aktivitas seru di Kotagede yang dijamin disukai si pemberani adalah main ke Rumah Pocong Sumi! Buat yang belum tahu, di sekitar kawasan wisata Kotagede ada sebuah rumah yang terkenal berhantu dan disebutlah sebagai Rumah Pocong Sumi karena kerapnya muncul penampakan hantu jenis pocong. 

Menurut cerita yang berkembang, Rumah Pocong Sumi dulunya ditempati oleh juragan batik. Nahas, rumah tersebut dirampok sampai menewaskan sang istri yang bernama Sumini. Dari situlah kemudian dipercaya bahwa hantu yang kerap muncul di pelataran rumah tersebut adalah Sumini. 

Baca Juga: Rumah Pocong Sumi, Bangunan Horor di Kotagede Yogyakarta

5. Belanja oleh-oleh di Cokelat Monggo

7 Aktivitas Seru di Kotagede, Makan Kipo sampai Foto-fotocokelat monggo kotagede (instagram.com/hi.octav)

Siapa suka cokelat? Wah, pas banget nih buat berkunjung juga ke toko Cokelat Monggo cabang Kotagede karena selain sekadar beli cokelat, kamu juga bisa melihat proses pembuatan cokelatnya langsung melalui kaca-kaca besar di dalamnya. 

Gak cuma itu, toko Cokelat Monggo cabang Kotagede juga terbilang instagenic dengan desain Jawa yang begitu kental. Kamu yang belum pernah melihat langsung pohon cokelat, di sini tumbuh subur dan kalau datang di waktu yang tepat kamu bisa melihat buahnya sekaligus.

Baca Juga :   Remaja yang Hanyut di Wisata Sungai Kosiok Kampar Ditemukan Tewas

6. Belajar sejarah di kawasan Makam-makam Raja Kotagede

7 Aktivitas Seru di Kotagede, Makan Kipo sampai Foto-fotomakam raja-raja mataram (instagram.com/yessyyoanne)

Kotagede dulunya adalah ibukota dari Kerajaan Mataram Islam. Salah satu bukti peninggalannya adalah adanya makam Raja-raja Mataram dan Masjid Agung Kotagede. Tempat ini pun diurus dan dijaga oleh abdi dalem Keraton Yogyakarta sehingga saat mengunjungi kamu harus tahu sopan santun. 

Karena bangunannya yang unik dan khas, sekitar Masjid Agung Kotagede dan lingkungan Makam Raja-raja Mataran sering dijadikan lokasi foto pre-wedding dengan tema klasik tradisional. Biasanya, pasangan akan mengenakan pakaian adat tradisional seperti kebaya untuk perempuan dan beskap untuk laki-laki sehingga menambah kesan hidup di jaman dulu. 

7. Berfoto di spot-spot instagenic di sekitar Kotagede

7 Aktivitas Seru di Kotagede, Makan Kipo sampai Foto-fototembok ijo di Kotagede (instagram.com/maensamabowo)

Kotagede terdiri dari gang-gang sempi, tapi justru sangat unik karena bangunan-bangunan tua yang masih banyak dipertahankan. Misalnya seperti langgar dhuwur, rumah persik yang serba hijau, atau yang gak kalah hits adalah tembok ijo yang selalu jadi tempat pemberhentian buat foto-foto. 

Rumah-rumah bergaya indische sampai Jawa yang kental di lorong-lorong gang Kotagede membuat kesan vintage yang kental. Saking ramainya, terutama saat weekend di pagi hari, orang yang ingin berfoto di tembok-tembok rumah jadul tersebut sampai harus sabar antre! 

Super lengkap ‘kan aktivitas seru di Kotagede yang bisa dilakukan? Berfoto sampai kulineran, kamu akan dijamin betah berlama-lama berada di kawasan wisata ini. Apalagi jika dilakukan dengan orang tersayang, bikin pengalaman tak terlupakan dengan cara sederhana. Selamat main!

Baca Juga: Jelajah Makam Raja di Kotagede, Berdiri Kokoh hingga Kini  

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


Artikel ini bersumber dari : jogja.idntimes.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *