7 Kuliner Khas Aceh, Makanan Enak dan Lezat yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung Ke Aceh

Diposting pada

TRIBUN-MEDAN.COM – Aceh dikenal dengan kulinernya yang kaya akan rempah-rempah. Maka tak heran, makanan asal Aceh ini memiliki cita rasa khas dan autentik

Selain tampilannya yang menggugah selera, makanan khas aceh memiliki rasa lezat yang dapat memanjakan lidah.

Jika anda berniat berkunjung ke Aceh dan bingung makanan apa yang harus anda coba, jangan khawatir. Berikut rekomendasi kuliner khas aceh yang wajib anda coba Ketika berkunjung ke Aceh.

1. Sie Reuboh

Sie Reuboh
Sie Reuboh

Sie reuboh adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari daging sapi dan lemak. Sepintas, masakan ini menyerupai rendang basah.

Sie Reuboh dibuat dengan bumbu yang terdiri dari cuka aren, bawang putih, garam, kunyit, cabai merah, cabai bubuk, dan lengkuas.

Kombinasi rempah-rempah ini menciptakan rasa pedas yang hangat dengan sedikit rasa asam. Sie Reuboh biasanya dimakan dengan sayuran bening dan kerupuk. Hidangan ini sering disajikan saat bulan Ramadhan dan hari raya.

2. Sate Matang

Sate Matang
Sate Matang (TRIBUN MEDAN/FREDY)

Awalnya disebut sate matang karena diperkenalkan di kota Matang Glumpang Dua di Bireun. Kini sate matang bisa ditemukan di beberapa kota besar Aceh dan Medan. Bahan utama dalam sate ini adalah daging kambing. Namun, karena harga daging kambing mahal, jadi sate ini dibuat dengan daging sapi.

Proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya yaitu daging sapi dipotong-potong, ditusuk dengan tusuk sate, dan direndam dalam campuran bumbu agar meresap. Sate kemudian bisa dipanggang sampai masak lalu disajikan.

Jika sate jawa menggunakan bumbu kacang yang manis dan gurih, sedangkan sate matang dimasak menggunakan bumbu yang lebih kuat seperti kapulaga, bunga lawang, cengkeh, kayu manis dan merica.

3. Masak Mirah

Masak Mirah
Masak Mirah

Masak Mirah merupakan masakan khas Aceh yang sering terlihat pada acara pernikahan dan perayaan lainnya saat bulan puasa bahkan hari-hari penyambutan menjelang Ramadhan.

Baca Juga :   Mengenal Leong, Kuliner Khas Mamasa yang Kaya Rempah Halaman all

Pada hari ini masyarakat Aceh pasti akan membeli daging sapi atau kerbau sebagai tanda untuk memulai puasa.


Artikel ini bersumber dari : medan.tribunnews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *