7 Kuliner Khas Cirebon, Ada yang Melegenda Sejak Zaman Wali Songo

Diposting pada

Cirebon

Cirebon merupakan salah daerah di Jawa Barat yang dikenal memiliki beragam sajian kuliner khas. Bagi yang sedang berkunjung ke Cirebon, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi nikmatnya sajian kuliner khas daerah berjuluk Kota Udang ini.

Kuliner khas Cirebon yang memiliki cita rasa yang nikmat di antaranya adalah Empal Gentong, Tahu Gejrot dan lain-lain. Bahkan ada juga kuliner khas Cirebon yang konon katanya sudah eksis sejak era Wali Songo, yaitu Docang.

Berikut adalah 7 sajian kuliner khas Cirebon yang dirangkum detikJabar:



1. Empal Gentong

Empal Gentong Paling Terkenal Nikmat di CirebonEmpal Gentong Paling Terkenal Nikmat di Cirebon Foto: Instagram

Empal gentong merupakan salah satu sajian kuliner khas Cirebon. Makanan ini terbuat dari irisan daging dan jeroan sapi yang berpadu dengan kuah santan berwarna kuning.

Yang menjadi ciri khas dari kuliner ini adalah cara pembuatannya yang masih menggunakan gentong tanah dan kayu bakar. Memasak dengan cara inilah yang membuat Empal Gentong khas Cirebon memiliki cita rasa yang nikmat.

Di Kabupaten Cirebon, penjual empal gentong bisa kita jumpai di sepanjang jalan di Kecamatan Tengahtani. Selain itu, penjual Empal Gentong juga bisa ditemui di beberapa daerah lainnya di Cirebon.

Untuk satu porsi Empal Gentong khas Cirebon dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Yakni sekitar Rp 15 ribu – Rp 25 ribu per porsinya.

2. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang PelabuhanNasi Jamblang Pelabuhan Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Selain Empal Gentong, yang menjadi kuliner khas Cirebon adalah Nasi Jamblang. Nama Jamblang sendiri merupakan salah satu daerah yang ada di Kabupaten Cirebon, tempat penjual makanan ini berasal.

Yang menjadi ciri khas dari makanan ini adalah penggunaan daun jati yang dimanfaatkan sebagai bungkus nasi. Sementara untuk menu lauknya disajikan dengan cara prasmanan.

Beberapa menu lauk yang biasa tersedia pada Nasi Jamblang ini antara lain mulai dari semur tahu, tempe, tahu, sambal goreng, ikan, paru-paru, daging dan hati sapi.

Selain itu, menu lauk lain yang biasa tersaji dalam kuliner Nasi Jamblang ini adalah sambal goreng, telur dadar, sate kentang dan beberapa menu lauk lainnya.

Cukup dengan uang Rp 15.000, anda sudah bisa menikmati satu porsi Nasi Jamblang dengan beberapa macam pilihan menu lauk yang disediakan.

Baca Juga :   KKN di Desa 137, Nikmati Hidangan All You Can Eat di Grand Kangen Hotel Yogyakarta

3. Docang

Docang khas CirebonDocang khas Cirebon Foto: Ony Syahroni/detikJabar

Selanjutnya, yang juga menjadi makanan khas dari Cirebon adalah Docang. Konon katanya, Docang adalah makanan legendaris yang sudah ada sejak era Wali Songo.

Docang di Cirebon merupakan makanan yang terbuat dari potongan lontong, tauge, irisan daun singkong, daun ubi, dan parutan kelapa. Semua sayuran yang terdapat pada Docang dicampur dalam keadaan sudah direbus.

Setelah semua bahan tadi tercampur, kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran oncom. Tidak ketinggalan, dalam penyajiannya docang juga selalu dihidangkan dengan remasan kerupuk putih.

Di Cirebon sendiri, docang umumnya dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Namun demikian, tidak jarang juga dapat ditemukan para penjual docang yang biasa berdagang di siang hingga malam hari.

Untuk satu porsi Docang khas Cirebon dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Yakni sekitar Rp 10.000 – Rp 12.000.

4. Nasi Lengko

nasi lengko buat sarapannasi lengko buat sarapan Foto: Instagram

Nasi Lengko adalah sajian kuliner khas Cirebon yang terdiri dari nasi putih dan dicampur dengan potong tempe dan tahu goreng serta tauge. Setelah semua bahan itu tercampur, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang bercitarasa manis dan gurih.

Tidak ketinggalan, sebagai pelengkap, Nasi Lengko yang sudah disiram dengan bumbu kacang tadi juga akan ditaburi dengan kerupuk.

Nasi Lengko sendiri sebenarnya tidak hanya dapat ditemui di wilayah Cirebon saja. Sajian kuliner yang satu ini juga bisa kita temui di wilayah Indramayu bahkan hingga Tegal, Jawa Tengah.

Di Cirebon sendiri, satu porsi Nasi Lengko biasa dijual dengan harga yang cukup murah. Yaitu sekitar Rp 7.000 hingga Rp 10.000 per porsinya.

5. Mie Koclok

Mi Koclok Panjunan, kuliner khas Cirebon.Mi Koclok Panjunan, kuliner khas Cirebon. Foto: Ony Syahroni

Selanjutnya, sajian kuliner khas Cirebon yang juga wajib dicoba adalah Mie Koclok. Mie Koclok khas Cirebon merupakan sajian kuliner yang terdiri dari mie kuning yang ditambah dengan beberapa sayuran. Mulai dari tauge, kol dan juga daun bawang, sebelum kemudian disiram dengan kuahnya yang kental.

Setelah disiram dengan kuah, kemudian pada bagian atasnya juga akan ditambah dengan potongan telur, ayam suwir dan taburan bawang goreng yang membuat rasa mi menjadi semakin sedap.

Baca Juga :   Resep Colenak Berbagai Bahan, Jajanan Khas Sunda Manis dan Lezat

Khusus untuk kuah pada Mie Koclok khas Cirebon ini terbuat dari campuran kaldu ayam, santan dan juga tepung maizena yang membuat teksturnya menjadi kental.

Nah bagi yang penasaran dengan citarasanya, penjual Mie Koclok ini masih mudah dijumpai di daerah Cirebon. Salah satunya Mie Koclok Panjunan di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Di tempat ini, satu porsi Mie Koclok dibanderol dengan harga Rp 20.000.

6. Bubur Sop

bubur sopbubur sop Foto: detikFood

Bubur Sop khas Cirebon hampir mirip dengan bubur ayam. Yang menjadi pembeda adalah dengan adanya tambahan kuah kaldu seperti yang ada pada sayur Sop.

Dalam satu sajian Bubur Sop khas Cirebon juga terdapat suwiran daging ayam, taburan kacang, soun dan berbagai macam sayur-sayuran. Mulai dari kol, daun bawang, dan irisan tomat merah.

Dengan adanya campuran kuah kaldu yang panas, membuat Bubur Sop khas Cirebon ini memiliki cita rasa yang gurih dan juga segar.

Bagi yang penasaran mencicipi sensasi rasa dari Bubur Sop ini, penjualnya masih mudah dijumpai di beberapa daerah di Cirebon, Jawa Barat. Untuk satu porsi Bubur Sop rata-rata dijual dengan harga sekitar kurang lebih Rp 10.000.

7. Tahu Gejrot

Rekomendasi Tahu GejrotRekomendasi Tahu Gejrot Foto: Google Review

Tahun Gejrot adalah kuliner khas Cirebon yang sudah populer di beberapa daerah lainnya. Tahu Gejrot sendiri adalah makanan yang terbuat dari potongan tahu dan dicampur dengan kuah khasnya. Kuah yang terdapat pada Tahu Gejrot sendiri terbuat dari kecap dan gula merah.

Dalam pembuatannya, satu porsi tahu gejrot ini mendapat campuran dari beberapa bumbu. Di antaranya bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Semua bumbu yang ada di dalam tahu gejrot ini dicampur dan digerus dalam keadaan segar alias mentah.

Bumbu dan kuah yang telah dicampur dalam satu sajian, membuat tahu gejrot ini memiliki cita rasa manis, gurih dan juga pedas.

Untuk harganya, satu porsi satu gejrot ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Yakni hanya sekitar Rp 5.000 – Rp 8.000 per porsinya.

(yum/yum)

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *