7 Makanan Khas Banten yang Populer, Wajib Kalian Coba

Diposting pada

7 Makanan Khas Banten yang Populer, Wajib Kalian Coba
Ilustrasi. Pinterest/ Ksmtour.com


Pelitabanten.com – Jika kalian berkunjung ke Banten Jangan hanya ke pantainya saja,  tapi janganm lupa untuk mencicipik aneka makanan khasnya. Rasanya dijamin bikin kamu susah move on dari Banten.

1. Pecak bandeng

Makanan Khas Banten yang Populer, Wajib Kalian Coba
Ilustrasi. Pinterest/ nekatmasak

Bagi kamu yang sudah berkunjung ke Serang tapi belum pernah mencicipi pecak bandeng, itu berarti kamu harus balik lagi ke sana. Pecak bandeng ini merupakan makanan populer dan menjadi ciri khas kota Serang. Seperti namanya, pecak bandeng ini dibuat dari ikan bandeng dengan ditaburi sambal di atasnya. Soal rasa tidak usah diragukan lagi.  Apalagi disuguhkan dengan sepiring nasi, Dijamin bikin merem melek!

2. Opak

Makanan Khas Banten yang Populer, Wajib Kalian Coba
Ilustrasi. Pinterest/ i.pinimg.com

Kalau orang Banten pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Opak merupakan salah satu makanan khas Banten. Ada beraneka ragam jenis opak. Seperti opak dangdeur (singkong), opak genar (opak yang dibuat dari nasi), dan opak ketan (dibuat dari beras ketan). Biasanya opak ini tidak pernah absen di acara-acara hajatan.

3. Kue jojorong

Makanan Khas Banten yang Populer, Wajib Kalian Coba
Ilustrasi. Pinterest/ Ksmtour.com

Kue yang satu ini identik sekali dengan bulan Ramadhan tapi, bukan berarti di hari-hari biasa tidak ada. Biasanya ketika bulan Ramadhan akan banyak sekali orang yang menjual kue jojorong. Kue ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan. Rasanya manis gurih. Cocok banget di santap saat berbuka puasa.

4. Gipang

Makanan Khas Banten yang Populer, Wajib Kalian Coba
Ilustrasi / Cookpad.com

Ini sih kesukaan saya, salah satu kue yang tak pernah absen juga di toples-toples saat perayaan Idul Fitri maupun Idul Adha. Terbuat dari beras ketan yang kemudian dibentuk persegi panjang. Selain beras ketan ada juga gula pasir dan cuka, biasa cuka yang digunakan berasal dari hasil permentasi beras. Makanya jangan kaget ketika kamu mencicipinya ada rasa manis dan asam.

Baca Juga :   Gamelan, Alat Musik Indonesia Yang Mendunia

5. Sate bandeng

Makanan Khas Banten yang Populer, Wajib Kalian Coba
Ilustrasi. Pinterest/ tradisionalIndonesiafood

Kalau yang sebelumnya pecak bandeng yang ini lain lagi. Meski sama-sama terbuat dari ikan bandeng tapi cara pengolahan nya tentu beda. Sate bandeng seperti namanya terbuat dari daging ikan bandeng yang sudah di bersihkan dari duri-duri nya, kemudian dagingnya di tumbuk dicampurkan dengan santan, bumbu rempah-rempah, lalu dimasukkan lagi ke dalam ikan tersebut. Rasanya mantap jiwa!

6. Leumeung


Makanan Khas Banten yang Populer, Wajib Kalian Coba
Ilustrasi/ Travelingyuk.com

Wah di daerah saya Malingping, leumeung sudah tidak asing lagi. Dan sudah menjadi ciri khas. Makanan yang satu ini bisa banget buat sarapan atua teman ngopi. Terbuat dari beras ketan, dicampur santan lalu dimasukan kedalam bambu lalu dibakar. Dimakan panas-panas dengan aroma bambunya yang masih tercium. Saya jamin teman-teman pasti ketagihan.

7. Pasung

Makanan Khas Banten yang Populer, Wajib Kalian Coba
Ilustrasi/ Seneng Piknik

Makanan khas dengan bentuk yang unik. Jangan salah teman-teman mebuat wadah untuk kue pasung, yang terbuat dari daun pisang tidak lah mudah. Perlu keterampilan hehehehe. Makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras dan santan. Lalu dimasukan kedalam cuncung (cetakan kue pasung yang terbuat dari daun pisang) lalu di kukus. Kue pasung ini umumnya ada dua jenis yaitu pasung putih dan merah. Yang merah biasanya ada campuran gula arennya.

Itulah sobat pelita makanan khas Banten yang wajib kalian coba, ketika sedang berkunjung ke Banten. Sampia jumpa.

Artikel ini bersumber dari : www.pelitabanten.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *