7 Pulau Menarik dan Cantik di Papua, Wajib Datang meski Hanya Sekali Seumur Hidup : Okezone Travel

Diposting pada

INDONESIA bagian Timur memang selalu dikenal dengan keindahan alamnya, khususnya Papua. Kawasan tersebut menyimpan banyak surga yang tidak boleh Anda lewatkan.

Papua memiliki banyak lokasi wisata yang menarik dan wajib dikunjungi walau hanya sekali dalam seumur hidup. Berikut Okezone rangkumkan 7 di antaranya:

1. Pulau Mansinam

Mansinam merupakan pulau pariwisata religi bagi umat Kristen Protestan. Pulau yang merupakan bagian dari wilayah Papua Barat ini letaknya sekitar 6 kilometer dari Manokwari.

Salah satu objek wisata yang populer, sekaligus jadi daya tarik di Pulau Mansinam, yakni sebuah monumen Patung Yesus berukuran raksasa, di mana menjadi simbol atau perlambangan sejarah panjang perkembangan peradaban di Papua.

Patung yesus di Pulau Mansinam ini sekilas mirip dengan Patung Kristus Penebus yang ada di Rio de Janeiro, Brazil, namun dalam ukuran yang sedikit lebih kecil. Untuk mencapai pulau ini membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit menggunakan kapal mesin.

2. Pantai Pasir Putih Yen Bebay

Tempat wisata Pantai Pasir Putih Yen Bebay berlokasi sekitar 5 kilometer dari pusat kota. Anda dapat menempuhnya menggunakan kendaraan roda empat, atau roda dua sekitar 15 menit. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih.

Menariknya, pasir di pantai ini bertekstur lembut dan air lautnya yang begitu memanjakan mata, karena berwarna biru jernih kehijauan.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

Selain itu, terdapat juga pulau-pulau yang asri dan memiliki pemandangan yang indah. Suasananya pun sangat tenang, serta masyarakatnya yang ramah dan masih terdapat perkampungan tradisional yang khas.

Anda dapat melakukan aktivitas berenang, atau sekedar bersantai dan berjemur di pinggir pantai dengan tenang dan nyaman. Tak lupa untuk berswafoto, mengabadikan momen indah di tempat ini.

3. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta hektar. Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Baca Juga :   Wisata Papua: Mencicipi Papeda, Kuliner Khas Papua yang Tersohor

Selain itu, menariknya lagi taman ini dijadikan sebagai warisan Dunia oleh UNESCO.

Taman nasional ini memiliki gletser di tengah tropis yang hanya dimiliki oleh tiga wilayah di dunia dan salah satunya adalah taman nasional Lorentz Papua ini. Selain keindahan alam Anda juga akan menikmati keragaman flora dan fauna di taman ini.

Nama Taman Nasional ini diambil dari seorang Penjelajah asal Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz,yang melewati daerah tersebut pada tahun 1909 yang merupakan ekspedisinya yang ke-10 di Taman Nasional ini. Taman Nasional Lorentz berlokasi di Yakapis, Kabupaten Asmat, Papua.

4. Teluk Doreri

Kemudian ada Teluk Doreri yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Terdapat tiga pulau indah yang ada di Teluk Doreri, yaitu Pulau Mansinam, Pulau Raimuti, dan Pulau Lemon. Ketiga pulau tersebut memiliki terumbu karang alami yang sangat indah dan unik.

Hal menarik lainnya, yaitu di pulau-pulau di Teluk Doreri itu diperkirakan memiliki 20 bangkai kapal bekas Perang Dunia II, lho.

Anda dapat melihat dengan jelas sekitar 5 kapal bekas perang, seperti kapal Pasir Putih Wreck (kapal patroli angkatan laut dengan panjang antara 13-22 m), Pillbox Wreck (kapal kargo komersial pembawa amunisi dengan panjang antara 9-16 m), Cross Wreck (kapal patroli), Mupi Wreck, Shinwa Maru (kapal kargo).

Maka dari itu, beberapa bangkai kapal yang karam di dasar laut itu jadi spot tersendiri ketika Anda melakukan snorkeling atau diving.


5. Kali Biru

Kali Biru menjadi salah satu bagian wilayah Raja Ampat. Berlokasi di Kampung Warsambin, Distrik Teluk Mayalibit. Di sini Anda akan melihat pemandangan Papua yang sangat menakjubkan.

Untuk menuju ke Kalibiru, pengunjung bisa memulainya dari Desa Warsambin. Kemudian menyeberangi Teluk Mayalibit dengan perahu sekitar 15 menit. Lalu berjalan kaki menyusuri hulu sungai sekitar 30 menit. Sepanjang jalan bisa menikmati pemandangan alam indah.

Baca Juga :   Wisata Papua: Ini 5 Kuliner Olahan Sagu Khas Papua

Suasana hutan tropis masih asri, serta hulu sumber mata air yang jernih akan membuat suasana menjadi sangat menyenangkan.

6. Danau Rombebai

Danau Rombebai terletak di tepi Sungai Mamberamo atau tepatnya di Kecamatan Mamberamo Hilir, Kabupaten Mamberamo Raya, Provinsi Papua.

Danau ini memiliki luas 13.749 ha, dan menjadi danau terluas dan terbesar kedua setelah Danau Sentani. Rombebai berdekatan dengan aliran Sungai Mamberamo dan berjarak 20 km dari Samudera Pasifik.

Pemandangan di sekitarnya sangat indah. Alamnya masih terjaga, apalagi lebih menarik dikelilingi oleh perbukitan yang diselimuti oleh rerumputan hijau nan segar.

Infografis Destinasi Super Prioritas

Anda bisa mencari spot paling menarik untuk berfoto dengan latar belakang Danau Rombebai, cantik, alami dan memesona.

Selain itu saat senja tiba, Anda bisa melihat pemandangan matahari terbenam (sunset) yang bewarna cantik. Ditambah dengan suasana alam di sekitarnya Danau Rombebai.

7. Pulau Mansuar

Terletak di Provinsi Papua Barat, Pulau Mansuar menjadi salah satu kawasan memesona di Raja Ampat. Hamparan pasirnya putih dan pemandangan alam cantik yang bisa memanjakan mata Anda.

Dikutip dari akun Instagram @pesonaid_travel, tak hanya terkenal dengan pemandangannya yang indah, pulau ini juga menyuguhkan daya tarik yang istimewa, berupa pasir yang timbul di tengah lautan.

Selain itu, Pulau Mansuar juga dikelilingi oleh perairan bergradasi biru yang memukau dan berpadu dengan rona langit kemerahan. Panorama yang disuguhkan di sekitar gumuk pasir ini terlihat persis seperti lukisan.

Pulau Mansuar juga cukup dikenal dengan resort-resort, cocok untuk Anda yang ingin staycation atau menghabiskan liburan di kawasan Raja Ampat ini.


Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *