8 Oleh-oleh Makanan Khas Labuan Bajo yang Populer, Ada Kompiang Halaman all

KOMPAS.com – Mungkin kurang pas rasanya kalau jalan-jalan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), tapi tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman. 

Baca juga: 14 Pantai Indah di NTT, Ada yang Berpasir Putih dan Diapit 2 Gunung

Nah, berikut sejumlah oleh-oleh makanan khas populer di Labuan Bajo yang bisa jadi referensi saat kamu berbelanja di toko oleh-oleh setempat.

Rekomendasi oleh-oleh makanan khas Labuan Bajo

1. Kompiang

Kompiang adalah kudapan yang rasanya gurih dengan tekstur yang lebih padat dibanding roti. Di sisi atasnya ditaburi biji wijen, dan ada lubang di tengahnya yang diisi aneka rasa.

“Ada original, cokelat, keju, ayam, ayam sayur, ayam jamur pedas, tuna, tuna mayo, tuna pedas, sapi jamur, beef ham and cheese, pisang original, pisang keju, pisang cokelat, dan kelor,” kata staf Kompiang Komey, Meity, kepada Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Kain Tenun hingga Kopi Jadi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo

Sejak dulu, sebagian masyarakat NTT sangat menyukai kompiang bahkan sering dijadikan oleh-oleh setiap bepergian ke luar kota.

“Kompiang (rasa original) tidak hanya terkenal di Labuan Bajo, namun juga di seluruh penjuru Manggarai Raya, termasuk Manggarai Timur, Manggarai Tengah, hingga Manggarai Barat,” tuturnya.

Adapun harga untuk satu buah kompiang dibanderol mulai Rp 1.000 sampai dengan Rp 9.000, tergantung varian rasa.

2. Pia Bajo

Instagram/@piarasakuno Pia Bajo

Rasa Pia Bajo mirip perpaduan pia khas Bali dan pia khas Malang. 

“Kita buat di (Labuan) Bajo, dan menyesuakan dengan cita rasa lokal yang disukai. Lapisan luarnya renyah, namun tetap lembut di lapisan dalam,” kata salah satu pegawai Kado Bajo, Irmaniati Ismadi, kepada Kompas.com, Kamis.

Ia menambahkan, ada tiga varian rasa Pia Bajo yang mereka jual, yaitu keju, kacang hijau dan cokelat. Varian paling laris adalah pia cokelat.

Baca juga: 85 Persen Rantai Pasok di Labuan Bajo Ternyata Masih dari Luar Daerah

3. Kopi

ilustrasi kopi hitam. SHUTTERSTOCK/I KKADEK FERRY DWI YANTA ilustrasi kopi hitam.

Wilayah Manggarai terkenal akan biji kopi yang khas. Kamu bisa menemukan banyak sekali toko yang menjual bubuk kopi siap saji, baik varian robusta maupun arabika.

Berbagai UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) menjajakan bubuk kopi terbaiknya. Salah satunya Kopi Tubruk Rempah dari Kopito yang dibanderol mulai dari Rp 15.000.

Kemudian ada pula biji kopi Manggarai asli yang dijual oleh Beta Kopi Bajo seharga Rp 46.000 untuk kemasan 200 gram.

Sementara itu, untuk bubuk kopi Arabika Manggarai dijual seharga mulai Rp 85.000 dan bubuk kopi Robusta Manggarai dijual seharga mulai Rp 60.000 oleh Ponan Coffee.

Baca juga: Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Tampilkan Keunggulan Kopi Colol

4. Olahan ikan

Sambal olahan ikan laut khas Manggaraie-catalog Labuan Bajo Sambal olahan ikan laut khas Manggarai

Sebagai daerah pesisir, Labuan Bajo menawarkan beraneka ragam olahan ikan laut, termasuk dalam bentuk abon, se’i, koya, dan aneka sambal.

Ada sambal ikan asap cakalang dari Koro Dhega yang dibanderol mulai dari Rp 25.000 untuk kemasan 150 gram.

Kemudian ada pula abon ikan dari Indo Latifa yang dijual mulai Rp 30.000, dan sambal ikan asing dari Sambal Kapten yang dibanderol mulai dari Rp 35.000.

Baca juga: Bambu, Sahabat Spesial bagi Masyarakat Ngada di NTT

5. Madu hutan

Sarang lebah hasil tangkapan petani lebah hutan di Flores, NTT.
KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Sarang lebah hasil tangkapan petani lebah hutan di Flores, NTT.

Beberapa UMKM di Labuan Bajo juga menyediakan madu hutan kualitas premium sebagai alternatif oleh-oleh yang bisa dibeli wisatawan.

Seperti dari Mbojo Honey, yang membanderol madu hutan mereka mulai dari Rp 150.000 untuk ukuran 300 mililiter.

Baca juga: Itinerary Sehari di Alor NTT, Melihat Dugong dan Makan di Tepi Pantai

6. Olahan Daun Kelor

Stik daun kelor dari salah satu UMKM di Labuan Bajoe-catalog Labuan Bajo Stik daun kelor dari salah satu UMKM di Labuan Bajo

Daun kelor telah dikenal sejak lama sebagai tumbuhan herbal yang memiliki segudang manfaat. Dilansir dari Kompas.com, Jumat (26/8/2022), salah satu manfaat daun kelor adalah memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Daun kelor kini bisa dinikmati dalam bentuk lain, salah satunya camilan stik dan tepung hasil olahan UMKM dari Labuan Bajo.

Untuk kemasan stik kelor ukuran 150 gram dibanderol seharga mulai Rp 30.000, sedangkan tepung kelor ukuran 120 gram dibanderol mulai dari Rp 20.000.

Baca juga: Mengenal Wogo, Kampung Adat di NTT yang Pernah Dikunjungi Jokowi

7. Gula rebok

Seorang pengrajin masak Gola Kolang sedang menuangkan wae minse di kuali didampingi istrinya di Kampung Tado, Desa Ranggu, Kecamatan Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, Minggu (31/3/2019). Ini destinasi alternatif di luar Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat. KOMPAS.com/MARKUS MAKUR Seorang pengrajin masak Gola Kolang sedang menuangkan wae minse di kuali didampingi istrinya di Kampung Tado, Desa Ranggu, Kecamatan Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, Minggu (31/3/2019). Ini destinasi alternatif di luar Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat.

Gula rebok atau gula semut merupakan gula merah yang terbuat dari air pohon enau. 

Sebungkus gula rebok dijual seharga Rp 50.000, tergantung ukuran.

Jika dulu para perajin membungkus gula dalam bentuk batangan menggunakan daun enau kering, maka sekarang telah ada beragam variasi desain dan kemasan dari produk gola rebok sehingga lebih praktis untuk dijadikan buah tangan.

Baca juga: Mengenal Ritual Pande Sungke untuk Mencegah Gangguan Roh Halus di NTT

8. Jamu dan rempah

Ilustrasi rempah.SHUTTERSTOCK / Milos Batinic Ilustrasi rempah.

Jamu dan rempah juga bisa masuk dalam daftar oleh-oleh untuk keluarga, usai berlibur dari Labuan Bajo.

Ada beragam jenis bubuk rempah dan jamu, di antaranya sari jahe merah yang dibanderol mulai Rp 80.000.

Lalu ada pula sari temulawak yang dibanderol mulai dari Rp 50.000. Ada sari kunyit, sari jahe, dan beragam rempah kemasan lainnya.

Baca juga: 5 Fakta Suku Abui di Alor NTT, Hidup Tanpa Listrik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari : travel.kompas.com.

Tinggalkan komentar