8 Wisata Belitung Timur yang Populer, Wajib Dikunjungi

Diposting pada

8 Wisata Belitung Timur yang Populer, Wajib Dikunjungi
Mahar Laskar pelangi. ©2015 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com – Wisata Belitung Timur merupakan salah satu destinasi yang bisa jadi salah satu tujuan para wisatawan ketika sedang berlibur. Belitung Timur merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bangka Belitung. Belitung Timur memiliki berbagai tempat wisata yang populer dan wajib dikunjungi.

Belitung Timur merupakan tempat kabupaten yang memiliki cerita. Di sana adalah latar tempatnya film Laskar Pelangi. Tempat yang indah di dalam film tersebut tentu berbanding lurus dengan keindahan alam dan wisata yang ada di Belitung Timur.

Maka dari itu, kali ini Merdeka.com merangkum wisata Belitung Timur yang populer yang bisa, dikutip dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Wisata Laskar Pelangi

Tempat wisata Belitung Timur pertama yang paling populer adalah wisata SD Muhammadiyah Gantong yang dipakai syuting film Laskar Pelangi. Bangunan SD ini menarik karena berada di lapangan berpasir putih dan bangunannya terbuat dari kayu.

Anda bisa berkunjung ke tempat ini sembari berfoto dengan berlatar seperti yang ada pada film Laskar Pelangi. Lokasinya berada di Lenggang, kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Nyiur Melambai

Tempat wisata Belitung Timur kedua yang bisa Anda kunjungi adalah pantai Nyiur Melambai. Pantai ini terletak di Kampung Lalang Manggar. Ini merupakan pantai dengan pasir putih yang sangat indah. Anda bisa menikmati deburan ombak dan indahnya pemandangan alam di pantai tersebut dengan akses yang sangat mudah.

Selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga masih dipakai oleh wara untuk mencari ikan. Selain itu, pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti toilet, musala, dan tempat makan. Anda bisa masuk pantai ini gratis.

Baca Juga :   UMKM Kaltara, Kuliner Pengobat Rindu Kampung Halaman, Nasi Jajan Madura Sudah ada di Bulungan Loh

3 dari 4 halaman

Pantai Punai

Selanjutnya adalah Pantai Punai. Pantai ini berlokasi di Tanjung Kelumpang Kecamatan Dendang Kabupaten Belitung Timur Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini berjarak sekitar 86 km dari Bandara Hanandjoeddin. Di sini Anda bisa menikmati pantai yang berpasir putih dengan pemandangan yang indah.

Selain itu, di sepanjang garis pantai Punai juga terdapat pepohonan rindang yang cantik. Hal ini tentu menambah estetika yang bisa Anda jadikan sebagai background foto.

Vihara Dewi Kwan Im

Wisata Belitung Timur yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Vihara Dewi Kwan Im. Tempat wisata ini terletak di Burong Mandi Kecamatan Damar Kabupaten belitung Timur. Di sini Anda bisa mengunjungi vihara yang diyakini didatangkan langsung dari Tiongkok dengan menggunakan kontainer.

Tempat ini sangat indah jika dibuat foto-foto. Vihara ini memiliki cerita yang sangat menarik untuk ditelisik lebih jauh.

Museum Kata Andrea Hirata

Selanjutnya, tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Belitung Timur adalah museum kata Andrea Hirata. Museum ini terletak di Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Banga Belitung.

Di sini Anda akan menemukan foto-foto dari film Laskar Pelangi, beberapa sekuel dari novel karya Andrea Hirata, dan rangkaian beberapa kata indah ciptaan Andrea Hirata. Selain itu, museum ini juga memiliki bangunan yang unik sehingga menarik untuk diabadikan.

4 dari 4 halaman

Warung Kopi Manggar

Selain beberapa tempat wisata yang hanya bisa dipakai untuk berfoto dan rekreasi. Wisata belitung Timur selanjutnya adalah  warung kopi Manggar. Kota Manggar telah diresmikan oleh pemerintah sebagai kota dengan sebutan 1001 warung kopi. Maka dari itu di Manggar terdapat banyak sekali warung kopi yang berjejer.

Baca Juga :   Muhammad Ali Ingin Kembangkan Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat hingga Dikenal di Nusantara

Selain itu, Belitung juga memiliki kopi yang khas untuk dicoba. Kopinya tentu berbeda dengan kopi-kopi pada umumnya. Bahkan di Manggar pernah mendapatkan rekor MURI pada tahun 2009 karena agenda 17.070 orang minum kopi secara bersamaan.

Pulau Buku Limau

Tempat wisata Belitung Timur yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Pulau Buku Limau. Pulau ini merupakan pulau yang ada di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur Kepulauan Bangka Belitung. Pulau Buku Limau terkenal dengan terumbu karang yang masih alami.

Berbagai aktivitas juga bisa dilakukan di sini seperti menyelam dan snorkeling. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kuliner khas Bugis yang sangat legendaris dan nikmat.

Open-Pit Lead Mining

Tempat wisata Belitung Timur yang juga wajib untuk Anda kunjungi adalah Open-Pit Lead Mining. Tempat wisata ini terletak di Kampong Gunong, Senyubuk, Klp Kampit, Kabupaten Belitung Timur, kepulauan Bangka Belitung. Tempat ini merupakan kawasan wisata bekas tambang timah yang berupa lubang besar dan terdapat terowongan bawah tanah.

Di tempat ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang menyenangkan seperti susur goa, rock climbing atau panjat tebing, camping, hingga bermain ATV. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan moment dengan melakukan aktivitas fotografi karena tempat ini memiliki pemandangan yang memukau.

[mff]


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *