9 Makanan Indonesia yang Mendunia, Nomor 5 Kesukaan Barack Obama

Diposting pada

JAKARTA, iNews.id – Makanan Indonesia yang mendunia ini sangat terkenal dengan kelezatannya. Beberapa makanan ini bahkan sudah diakui masyarakat internasional.

Indonesia memiliki banyak makanan tradisional yang tersebar di seluruh dunia. Banyak upaya mengenalkan makanan Indonesia ke dunia, diantaranya melalui festival budaya dan media sosial. Beberapa makanan ini berhasil memukau dunia, bahkan masuk peringkat makanan terenak di dunia.

Daftar Makanan Indonesia yang Mendunia

1. Rendang

 Makanan Indonesia yang Mendunia, Rendang
Makanan Indonesia yang Mendunia, Rendang

Merupakan makanan khas daerah Minangkabau. Rendang merupakan makanan berbahan utama daging yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah. Warnanya coklat kehitaman dari santan dan bumbu yang telah kering. Penyebutan rendang atau randang diambil dari kata marandang, yaitu cara pengolahan lauk yang dimasak sampai kering. 

Rendang pernah dinobatkan sebagai peringkat pertama World’s 50 best foods versi CNN International pada tahun 2011. Rendang juga telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia pada tahun 2017.

2. Rawon

Merupakan makanan khas daerah Jawa Timur. Rawon berbahan dasar utama daging dengan kuah hitam yang berasal buah kluwek. Kluwek sebenarnya beracun saat mentah, sehingga harus difermentasikan sebelum dikonsumsi. Kluwek menghasilkan rasa asam warna hitam yang unik. TasteAtlas, situs kuliner terkenal di dunia, menempatkan Rawon sebagai peringkat delapan sup terenak di dunia dan peringkat keenam sup terenak di Asia.

3. Soto

Makanan Indonesia yang mendunia selanjutnya yakni soto. Makanan ini memiliki varian yang berbeda di setiap daerah. Namun, bahan utama soto merupakan suwiran ayam dengan kuah kuning. Bahan pelengkapnya berupa sayur, bihun dan lain sebagainya. 

Baca Juga :   Dari Cimol hingga Cilor, Ini 5 Resep Kuliner Aci Jajanan Khas Bandung Halaman all

New York Times pernah mengunggah foto soto di akun instagramnya @nytimes  dengan caption menjelaskan makanan tersebut. Hal ini tentu menggembirakan sebab soto bisa lebih dikenal lebih luas oleh masyarakat dunia.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel:


Artikel ini bersumber dari : kalsel.inews.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *