Ada 13 Kuliner Legendaris di Bandung, Wajib Anda Kunjungi!

Diposting pada

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Kota Bandung menjadi salah satu destinasi favorit warga Ibu Kota dan sekitarnya. Bandung yang sering disebut juga Paris van Java ini memang menjadi surga kuliner bagi para foodie.  Tak hanya tempat makan yang instagramable, di Bandung ini juga terdapat beberapa tempat kuliner legendaris.  

Apa saja rekomendasi tempat kuliner yang melegenda di Kota Bandung? Yuk kita simak satu per satu.

1. Braga Permai

Braga Permai merupakan salah satu restoran tertua di Bandung. Resto ini menyajikan kulinerkhas Eropa, Amerika, Cina, bahkan Indonesia. 

Selain itu, Anda juga bisa mencoba mencicipi beragam hidangan lain seperti kue, es krim, dan makanan utamanya dari berbagai negara, seperti steak,  pasta, cap cay dan sebagainya.

Ohya, sebelumnya nama restoran ini adalah Maison Bogarijen. Hingga sekarang ini, Braga Permai selalu ramai dikunjungi, bahkan dari kalangan mineal. 

Alamat: Braga No.58, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

2. BMC (Bandoengsche Melk Centrale)

Bandoengsche Melk Centrale atau BMC adalah pusat kuliner susu segar di Bandung yang sudah beroperasi sejak tahun 1928. 

Bandoengsche-Melk.jpgBandoengsche Melk. (Foto: instagram @bmc1928)

Di BMC ini, Anda bisa mendapatkan berbagai hidangan berbahan dasar susu. Di antaranya, susu segar, yoghurt kocok, es krim, dan lain-lain.

Anda juga bisa memesan menu hidangan ‘berat’ yang tak kalah nikmatnya. Misalnya, nasi pepes, gado-gado, nasi bakar, sop buntut, steak, dan sebagainya. Kudapan lainnya yang bisa dicicipi di sini di antaranya crème brulee, klappertaart, dan aneka pastry.

Alamat: Jl. Aceh 30, Babakan Ciamis, Bandung

3. Lotek Kalipah Apo 42 

Bagi penggemar makanan Sunda, terutama lotek, jangan sampai melewatkan kuliner ini. Lotek Kalipah Apo 42 sudah ada sejak 1953. Anda bisa menikmati kelezatan saus kacang serta menu-menu lainnya seperti lontong dan tempe goreng. Anda pun bisa memilih jenis sayuran yang diinginkan.

Kedai-Lotek-Kalipah-Apo-2.jpgKedai Lotek Kalipah Apo 42. (Foto: instagram @lotekkalipahapo42)

Alamat: Jl. Kalipah Apo 42, Astanaanyar, Bandung

4. Mie Naripan 

Mie Naripan beroperasi sejak tahun 1965. Kedai Mie ini termasuk salah satu terfavorit, baik bagi masyarakat lokal hingga luar kota Bandung. Bagi penggemar mie, tentunya kedai Mie Naripan ini perlu dikunjungi dan rasakan kelezatan hidangannya.

Baca Juga :   DPRK Dorong Pengembangan Hilirisasi Nilam Aceh Besar

Berbagai menu yang bisa dipilih di antaranya yamien, bihun, bubur ayam, nasi goreng, dan bakso kuah. 

5. Roti Bakar Gempol

Roti Bakar Gempol mulai beroperasi sejak 1958. Kedai roti bakar Gempol menyajikan berbagai topping. Di antaranya, topping telur, keju, dan daging. Anda juga bisa memilih roti putih biasa atau roti gandum. Jangan ketinggalan, pesan sambalnya yang khas sebagai pelengkap menu roti bakar nan gurih.

Roti bakar Gempol ini disinyalir menjadi salah satu kedai roti bakar paling lezat di penjuru Kota Bandung.

Alamat: Jl. Gempol Wetan 14, Citarum, Bandung

6. Rasa Bakery & Cafe

Rasa Bakery & Cafe merupakan salah satu resto legendaris yang perlu Anda kunjungi juga. Di sini Anda bisa mendapatkan menu kuliner nusantara dan western.

Salah satu pilihan menu yang wajib dicicipi yaitu es krim legendarisnya. Ada es krim yang terdiri dari tiga rasa yaitu vanila, cokelat dan stroberi dihidangkan di dalam batok kelapa. Air kelapanya disajikan secara terpisah. Selain itu, ditambah juga dengan potongan buah dan kue. 

Alamat: Jl. Tamblong Dalam No.15, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung

7. Rumah Makan Linggarjati

Rumah Makan Linggarjati mulai beroperasi pada tahun 1950. Anda bisa mencicipi hidangan yamien dan es alpukat yang menjadi menu legendaris di tempat ini. Ada yamien asin dan manis yang bisa Anda pilih. Selain itu, ada beberapa menu pelengkap lain, di antaranya babat, daging ayam, bakso, kikil dan sebagainya.

Alamat: Jl. Balonggede No.1, Bandung

8. Sumber Hidangan

Sumber Hidangan beroperasi sejak 1929. Di sini, beberapa kudapan yang disajikan masih menggunakan bahasa Belanda, misalnya Moorkoppen, Tomoesjes, Hagelslag, dan lainnya. Di Kedai, Anda bisa memilih beragam kuliner roti dan es krim yang enak.

Alamat: Jl. Braga 20-22, Sumur Bandung, Bandung

9. Tizi Cake Shop & Restaurant

Tizi Cake Shop & Restaurant merupakan tempat kuliner yang sudah beroperasi sejak tahun 70-an. Anda bisa mendapatkan hidangan beragam kue dan makanan ala Eropa.  Di antaranya, chicken dan beef schaschilk, barbeque sausage, aneka steak, wiener schnitzel. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa mencicipi beragam menu dessert seperti pancake, poffertjes dan apple crumble.Tempat kuliner yang satu ini memiliki area yang luas dengan dominasi interior dan furniture kayu sehingga menambah suasana zaman dulu.  

Baca Juga :   Resep Sambal Colo-colo yang Mantap dan Pedas, Wajib Dicoba

Alamat: Jl. Kidang Pananjung No.3, Dago, Kecamatan Coblong, Bandung

10. Toko Roti Sidodadi

Toko Roti Sidodadi sudah beroperasi sejak 1954. Di kedai ini, Anda bisa menemukan berbagai roti-roti yang lembut dan lezat dengan bermacam isian yang bisa dipilih. Di antaranya, roti isi selai srikaya, keju, kornet, stroberi, dan lainnya.

Toko Roti Sidodadi ini juga menyajikan hidangan kuliner kue basah tradisional dengan harga yang relatif terjangkau. 

Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata 255, Astanaanyar, Bandung

11. Toko You

Konon, Toko You mulai beroperasi pada tahun 1947. Pengunjung dapat menikmati kelezatan kuliner tempo dulu. Di sini, Anda bisa menemukan hidangan khas Tionghoa dan menu-menu nusantara. Salah satu menu favorit di Toko You adalah yamien yang disajidkan dengan pangsit, siomay, dan bakso. 

Alamat: Jl. Hasanudin 12, Lebakgede, Coblong, Bandung

12. Warung Nasi Bu Eha

Tempat kuliner legendaris lainnya yang bisa Anda pilih adalah Warung Nasi Bu Eha. Warung ini beroperasi sejak 1947. Kabarnya,  Warung nasi Bu Eha sempat dikunjungi presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Anda bisa memilih dan menikmati menu hidangan khas rumahan. Di antaranya, urap, pepes ikan, gepuk daging, dan sebagainya. 

Alamat: Pasar Cihapit, Bandung Wetan, Bandung

13. Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Purnama berdiri sejak 1930. Mulanya, warung Kopi Purnama dikenal dengan sebutan “Chang Chong Se” yang artinya “selamat mencoba”.

Menu favorit dan andalan di kedai ini di antaranya kopi hitam dan roti dengan selai srikaya yang khas. Kopitiam ini bisa menjadi pilihan Anda saat mencari sarapan atau sekadar ingin camilan yang dapat dinikmati bersama, teman, sejawat atau keluarga. 

Alamat: Jl. Alkateri 22, Braga, Bandung

Nah, tertarik untuk mengunjungi dan mencicipi kuliner legendaris di Bandung? Yuk, dijadwalkan kulineran di Kota Bandung sambil bernostalgia!

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Artikel ini bersumber dari : www.timesindonesia.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *