Anggota Dewan Kalsel optimistis festival budaya tradisi penarik wisata

Diposting pada

Banjarmasin (ANTARA) – Sekretaris Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Firman Yusi optimistis festival budaya tradisi di provinsinya bisa menjadi salah satu penarik wisata.

Optimistis itu saat menghadiri pembukaan Festival Budaya Dayak Deah di Kabupaten Tabalong, Kalsel, ujar Humas Sekretariat DPRD (Setwan) provinsi setempat melalui WA-nya, Senin (12/9/22).

Festival itu sendiri merupakan pengembangan dari kegiatan Gelar Budaya Dayak Deah Kampung Sepuluh yang pelaksanaannya rutin di Kecamatan Upau, lanjut Firman yang juga Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Begitu pula dengan Ibu Kota Nusantara IKN) di provinsi tetangga juga akan menjadi peluang bagi berkembangnya festival budaya di daerah sekitarnya,” lanjutnya.

Menurut mantan anggota DPRD Tabalong tersebut, kalau masyarakat adat,  terutama dari kalangan muda, terus berinovasi mengemas festival budaya tradisi, maka festival itu akan terus berkembang dan menjadi salah satu penarik wisata.

Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Firman Yusi saat menghadir Festival Budaya Tradisi Dayak Deah Kabupaten Tabalong, provinsi setempat, 10 September 2022. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)




Membuka festival yang berlangsung selama dua hari (10 – 11 September 2022) tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Tabalong mewakili Bupati setempat H Anang Syakhfiani.

Festival tersebut menyajikan berbagai pertunjukan seni khas Dayak Deah. Untuk memeriahkannya, secara khusus tahun 2022 menghadirkan pertunjukan tamu khusus dari Suku Mandar, Sulawesi Barat dan bintang tamu spesial musisi alat musik khas Dayak Kenyah, Sampe.


Artikel ini bersumber dari : kalsel.antaranews.com.

Baca Juga :   10 Kue Khas Banjar yang Sering Diburu Wisatawan, Cocok Buat Oleh-Oleh : Okezone Travel
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *