Balungan Dinosaurus, Kuliner Unik hanya Ada di Sidoarjo

Diposting pada

Bisnis kuliner semakin berkembang pasca pandemi COVID-19. Banyak menu baru bermunculan, semakin menambah variasi para pecinta kuliner. Bukan hanya tentang rasa makanan yang nikmat, nama menu pun juga menentukan rasa penasaran bagi para pengunjung.

Seperti kedai Balungan Dinosaurus. Spontan, banyak pengunjung yang penasaran ketika membaca tulisan di kedai yang beralamat di Jalan Kombes Pol. M. Duryat, Sidoarjo ini. Pasti membayangkan kuliner dengan tulang berukuran jumbo, bukan?

Balungan dinosaurus sebenarnya adalah iga sapi impor yang dibakar. Sebelum dibakar, iga berukuran jumbo tersebut terlebih dahulu dimasak dengan bumbu rahasia hingga setengah matang lalu dibakar sambil diolesi bumbu rempah khas Kedai Balungan Dinosaurus.

“Karena kita menggunakan iga sapi berukuran jumbo jadi seakan-akan terlihat seperti makan balungan dinosaurus, ukurannya besar sekali,” ucap Muhammad Riyadudin, Head Kitchen Kedai Balungan Dinosaurus Sidoarjo, Senin, 10 Oktober 2022.

Riyad saat membakar menu iga bakar dinosaurus. (Foto: Aini Arifin/Ngopibareng.id)
Riyad saat membakar menu iga bakar dinosaurus. (Foto: Aini Arifin/Ngopibareng.id)

Riyad mengatakan, kuliner tersebut hanya satu-satunya di Sidoarjo, bahkan di Jawa Timur. Maka tak heran jika setiap hari banyak pengunjung dari luar kota sengaja berkunjung untuk menjawab rasa penasaran mereka, seperti dari Probolinggo dan Lamongan.

“Dulu itu juga ada di Malang namun sekarang sudah tutup permanen. Jadi kuliner balungan dinosaurus hanya ada di Sidoarjo untuk sementara,” ujarnya, saat ditemui di kedai.

Sapi yang digunakan adalah sapi impor asal Australia, menurutnya, sapi impor mempunyai ukuran lebih besar dibanding sapi lokal, serta harganya dinilai lebih murah. Dalam sehari, kedai tersebut bisa menghabiskan 30 sampai 40 porsi.

“Dalam sehari kita bisa habiskan 60 kg sampai 100 kg jika weekend. Satu porsi iga dino jumbo bisa dimakan untuk tiga sampai empat orang. Ini menu terlaris kita, iga bakar dino jumbo,” imbuhnya.

Baca Juga :   27 Rekomendasi Wisata Pantai di Pangandaran, Beserta Lokasi dan Tiket Masuk
Sapi yang digunakan adalah sapi impor asal Australia. (Foto: Aini Arifin/Ngopibareng.id)
Sapi yang digunakan adalah sapi impor asal Australia. (Foto: Aini Arifin/Ngopibareng.id)

Iga bakar dino jumbo mempunyai dua varian ukuran, yakni jumbo dan regular. Varian jumbo memiliki berat 1,3 sampai 2 kilogram, harganya Rp 130.000, belum termasuk pajak. Sedangkan kalau ukuran regular bobotnya di bawah 1,2 harganya Rp 115.000.

“Memang sengaja kita batasi pembeliannya karena stok terbatas, kecuali jika weekend stoknya kita tambah. Sering pengunjung dari luar kota yang kehabisan tapi kita sarankan agar kembali lagi esok hari lebih awal, dan mereka pasti kembali,” kata Riyad.

Selain menu iga dino bakar jumbo, kedai yang buka dua bulan lalu itu juga ada menu lainya seperti sop iga, tongseng sapi, sate buntel, dan sate sultan. “Rencana kita juga mau buka cabang lagi di Surabaya, tapi belum kita tentukan waktunya,” tutup Riyad.

Erna, salah satu pengunjung dari Pasuruan mengatakan, baru pertama kali dirinya mencoba kuliner balungan dinosaurus. Ia sengaja berkunjung ke Sidoarjo hanya untuk mencicipi kuliner unik tersebut.

“Baru pertama kali kesini, beda dengan iga bakar pada umumnya, terutama ukuran dan bumbunya. Kita tahunya dari medsos, karena penasaran langsung aja ke sini,” ujar Erna.

Pengunjung sedang menikmati iga bakar dino jumbo. (Foto: Aini Arifin/Ngopibareng.id)
Pengunjung sedang menikmati iga bakar dino jumbo. (Foto: Aini Arifin/Ngopibareng.id)

Hal serupa juga dikatakan Unggul. Pria asal Mojokerto yang begitu penasaran dengan kuliner balungan dinosaurus. Sebelumnya, ia sempat berkunjung sendiri tapi pada waktu itu sudah kehabisan.

“Minggu lalu saya mampir kesini nyobain, karena penasaran saya mbak, tapi ternyata belum beruntung sudah habis. Nah, hari ini saya datang lagi lebih awal bersama istri dan Alhamdulillah keturutan (kesampaian),” tandasnya.


Artikel ini bersumber dari : www.ngopibareng.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *